Apa Itu Akun Profesional Instagram? Cara Mengubahnya dari Akun Personal

Berbisnis dengan Instagram

Sumber gambar: Freepik

Dengan tingkat popularitas dan pertumbuhan jumlah user Instagram yang terus meningkat setiap tahunnya, tidak heran banyak pebisnis yang menyasar platform ini untuk memasarkan brand dan produk mereka. Platform ini pun gratis dan mudah dimengerti untuk pengguna baru. Dan juga banyak orang sudah familiar dengan platform ini meskipun belum pernah menggunakannya untuk kebutuhan bisnis.

Sayangnya, banyak pebisnis yang belum dapat memanfaatkan platform ini dengan optimal.

Akun perusahaan atau akun bisnis di Instagram makin meningkat, namun ada beberapa dari mereka yang belum mengubah akun tersebut menjadi akun profesional, dan ini sangat disayangkan.

Akun profesional Instagram memiliki banyak fungsi dalam marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan jenis - jenis akun profesional Instagram, kelebihan dari akun profesional Instagram, dan bagaimana cara mengubah akun Instagram mu menjadi akun profesional.

BACA JUGA: Apa itu Influencer? Penjelasan dan Cara Menjadi Influencer Instagram



Apa itu Akun Profesional Instagram?

Akun profesional Instagram (sebelumnya: Akun bisnis) adalah fitur tidak berbayar dari Instagram yang diluncurkan pada tahun 2019, dan diperuntukkan pengguna Instagram yang menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis atau menjadi influencer.

Dengan beralih ke akun profesional Instagram, kamu bisa menambahkan tombol kontak di profil kamu dan mendapatkan lebih banyak fitur, seperti Instagram Insight (fitur analitik), yang tidak bisa kamu dapatkan di akun personal. Itulah mengapa account upgrade ini sangat disukai oleh banyak perusahaan maupun influencer.

Jenis Akun Profesional Instagram

Akun Profesional dibagi menjadi 2 jenis, yaitu akun kreator, dan akun bisnis.

  • Akun kreator: Diperuntukkan selebriti, seniman, dan influencer ataupun selebgram

  • Akun bisnis: Diperuntukkan toko ritel, brands, dan organisasi

Perbedaan Akun Kreator dan Akun Bisnis

Perlu kamu kalau fitur dan jenis tampilan yang dapat digunakan pada akun kreator dan akun bisnis berbeda. 

Pemilihan akun ini bukanlah hal yang rumit. Misalnya kamu ingin mempromosikan jasa arsitek untuk desain rumah, kamu bisa memilih “akun bisnis” jika jasanya dikelola oleh perusahaan. Sedangkan untuk jasa arsitek perorangan, kamu bisa memilih “akun kreator”. Jadi pemilihannya didasarkan atas “apakah bisnis tersebut dijalankan oleh perusahaan/organisasi atau seorang individu?”

Selain itu, pemilihan akun ini juga tergantung dari kebutuhan bisnis kamu. Lebih jelasnya, kami akan menjelaskan perbedaan fitur dan jenis tampilan dari kedua akun tersebut.

  1. Tampilan Tombol dan Kategori

Ketika mengubah akun personal Instagram ke akun profesional, kamu akan diberikan beberapa fitur pada profil kamu, seperti:

  • Tombol tambahan untuk telepon, email, alamat, dan reservasi tempat duduk

  • Menampilkan kategori akun, seperti “consulting agency” di bio

Namun untuk kreator, kamu hanya diberikan tombol untuk “telepon” dan “email” saja. Jadi, kalau kamu ingin menarik customer ke toko kamu, kami menyarankan untuk memilih akun bisnis yang memberikan fitur “reservasi tempat duduk”, dan juga “informasi alamat”.

Selain itu, menampilkan kategori akun pada profil adalah hal yang tidak bisa diubah untuk akun bisnis. Sedangkan pada akun kreator, kamu bisa menyembunyikan kategori ini dari profil kamu. Namun dengan menyembunyikan kategori ini, kamu akan membuat pengguna lain kesulitan membedakan apakah kamu seorang “kreator” atau pengguna biasa pada kunjungan pertamanya. 

Jika kamu tidak ingin tampak terlalu mempromosikan diri, atau kamu tidak ingin user lain sadar kalau akun kamu digunakan untuk keperluan bisnis, lebih baik memilih akun kreator.

2. Kategori

Akun kreator dan bisnis memiliki opsi kategori yang berbeda.

Kreator dikategorikan berdasarkan profesi seseorang, sedangkan brand dikategorikan berdasarkan bidang operasional perusahaan / brand / organisasi. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kreator dapat memilih antara ingin menampilkan kategori itu pada profilnya atau tidak.

Kategori akun bisnis (7 jenis):

Personal Blogs, Products/Services, Arts/Technology, Musicians/Bands, Shopping/Retail, Health/Beauty, Grocery Stores

Kategori akun kreator (41 jenis):

DJ, fitness trainer, artist, interior design studio, web designer, graphic designer, gamer, game video creator, comedian, concert tourer, chef, journalist, athlete, dancer, designer, digital creator, news host, fashion designer, fashion Model, fitness model, blogger, producer, musician/band, motivational speaker, writer, film character, film director, musician/musician, scientist, director/coach, entrepreneur, architectural designer, public figure/celebrity, Photographer/Photographer, Politician, Political Official, Video Creator, Actor, Editor, Candidate.

3. Penggunaan Fitur Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping diluncurkan pada Juni 2019.

Dengan Instagram shopping kamu bisa menambahkan CTA (view shop) pada postingan dan menghubungkannya ke situs e-commerce kamu. Hal ini akan mempersingkat customer journey hingga ke penjualan, sehingga kemungkinan penjualan meningkat pun lebih tinggi.

Fitur Instagram Shop, hingga saat ini baru dapat digunakan dengan akun bisnis. Jadi jika kamu berniat untuk menjual produk di Instagram, akan lebih baik jika kamu memilih akun bisnis.

4. Pengaturan Direct Message (DM)

Perbedaan utama antara akun bisnis dan akun kreator adalah pengaturan DM (Direct Message).

Pada akun bisnis, kamu hanya akan mendapatkan satu jenis DM, namun pada akun kreator, kamu akan mendapatkan 2 jenis DM yang berbeda: “Primary” dan “general”

Kalau kamu memilih menggunakan akun kreator, kamu bisa menggunakan DM “primary” untuk kepentingan bisnis / pekerjaan, dan “general” untuk kepentingan pribadi.

Kalau kamu kerap mendapatkan banyak DM dari followersmu, kamu lebih baik menggunakan akun kreator. Dengan begitu kamu bisa memonitor DM dari brands, dan tidak tertimpa dengan DM dari penggemarmu.

Setelah memahami keempat perbedaan di atas, kamu bisa menentukan apakah kamu lebih membutuhkan “akun bisns” atau “akun kreator”.

fitur DM Instagram profesional

Keunggulan Akun Profesional Instagram

Selain itu, sebagian besar perusahaan terkenal telah menggunakan akun profesional. Hal ini dikarenakan ada banyaknya fungsi akun profesional Instagram, yang membuatnya lebih unggul dibandingkan akun personal.

<< Keuntungan Akun Profesional Instagram >>

  1. Bisa menambahkan “tombol kontak” untuk telepon dan email pada profil.

  2. Mendapatkan analytic tool: Instagram Insight

  3. Lebih mudah untuk memposting ads

  4. Dapat menjadwalkan postingan menggunakan Creator Studio for Instagram

  5. Fitur DM

Bisa Menambahkan Tombol Kontak untuk Telepon dan Email pada Profil

Dengan adanya tombol kontak pada profil, pengguna lain dengan keperluan bisnis akan lebih mudah untuk menghubungimu.

Untuk akun bisnis toko, menyertakan alamat pada tombol kontak di profil akan memberikan keuntungan besar dalam mendatangkan kustomer ke toko kamu.

Mendapatkan Analytic Tool: Instagram Insight

Dengan menggunakan Instagram Insight, kamu bisa menganalisa “postingan mana yang mendapatkan banyak engagement”, dan “apakah postinganmu mencapai targetmu”.

Selain itu, dengan menggunakan insight, kamu bisa menganalisa followers kamu secara menyeluruh lebih cepat dibandingkan menganalisanya satu demi satu secara manual. Dengan begitu kamu bisa mendistribusikan jam kerja kamu dengan lebih efisien.

Lebih Mudah untuk Memposting Ads

Kalau kamu beralih ke akun profesional, memposting ads di Instagram dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kamu bisa mengiklankan postingan yang sudah ada di profil kamu, jadi tidak perlu membuat konten ads baru.

Selain itu, kamu juga bisa menargetkan ads kamu berdasarkan demografi audiens yang ingin kamu tuju, seperti tempat tinggal, usia, dan jenis kelamin mereka. Dengan begitu, ads kamu dapat berjalan lebih efektif, dan jumlah Cost per Engagement pun bisa di minimalisir. Berkesperimenlah untuk mendapatkan target audiens yang tepat untuk produk dan jasamu. 

Dapat Menjadwalkan Postingan Menggunakan Creator Studio for Instagram

Kalau kamu menggunakan Creator Studio (diakses dengan PC), kamu dapat menjadwalkan konten kamu untuk dipublikasikan pada jam terbaik posting Instagram, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

tampilan creator studio

Sumber gambar: Creator Studio for Instagram

Fitur DM

Keuntungan lain dari akun profesional adalah kamu bisa menggunakan fitur automated responses dan 2 folder DM, yang tidak kamu dapatkan di akun personal.

Fitur automated responses bisa kamu gunakan dengan mengatur kata - kata yang ingin kamu pakai untuk menyapa user, menyampaikan away message, atau memberi opsi pertanyaan maupun pernyataan secara instan. Dengan automated responses, kamu tidak perlu repot - repot lagi untuk mengetik dalam menanggapi DM yang masuk. Selain itu dengan fitur automated responses, kamu akan memberikan respon yang sama pada semua pengguna di DM kamu, dengan begitu kamu tidak perlu mengkhawatirkan performa respon yang menurun.

Selain itu, pada akun profesional kamu, DM yang masuk bisa kamu bagi menjadi dua folder, yaitu “main” dan “general”. Misalnya pada awalnya kamu bisa mengatur semua DM untuk masuk ke folder “primary”, lalu memilah pesan pribadi untuk dimasukkan ke folder “general” dan yang menjurus ke arah pekerjaan / bisnis tetap di folder “primary”.

Dengan keuntungan - keuntungan tersebut, manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan beralih ke akun profesional sangatlah banyak.

Cara Beralih ke Akun Profesional

Terakhir, kami akan menunjukkan cara beralih dari akun pribadi ke profesional. Ini sangatlah mudah dilakukan.

Pertama, ① Ketuk "tombol Menu" / icon tiga garis di kanan atas profil.

step 1 menambahkan highlights instagram dari snapgram

② Pilih “Settings and privacy”

step 2: beralih ke akun instagram profesional

③ Ketuk “Account type and tools”

step 3: beralih ke akun instagram profesional

④ Pilih “switch to professional account”

step 4: beralih ke akun instagram profesional

⑤ Pilih kategori akun profesional yang kamu inginkan

step 5: beralih ke akun instagram profesional


⑥ Pilih kategori “business” atau “creator”

step 6: beralih ke akun instagram profesional

⑦ Atur profil akun profesional kamu

step 7 menambahkan highlights isntagram via instagram

Cara kembali Beralih ke Akun Personal

Ketika kalian telah beralih ke akun profesional, mungkin ada saat di mana kalian ingin memprivasikan akun kalian. Kalian bisa melakukannya dengan mengubah kembali akun profesional kalian ke akun personal. Namun ketika kalian melakukan ini, data insight pada akun profesional yang sudah ada juga akan terhapus.

Berikut adalah langkah-langkah untuk beralih kembali ke "Akun personal".

  • Ketuk tombol menu (tiga titik) di kanan atas layar profil.

  • Ketuk [Settings and privacy], lalu ketuk [Creator tools and controls].

  • Ketuk [Switch account type].

  • Ketuk [Switch to personal account].

Kesimpulan

  1. Akun profesional Instagram adalah jenis akun Instagram yang digunakan untuk kepentingan bisnis ataupun pekerjaan.

  2. Dengan menggunakan akun profesional, banyak keuntungan yang bisa kamu dapat. Mulai dari kemampuan meningkatkan jumlah leads yang masuk, menganalisa followers menggunakan Insight, hingga menjadwalkan postingan.

  3. Terdapat 2 jenis akun profesional Instagram, yakni akun “kreator” dan “bisnis”. Keduanya pun memiliki fitur dan tampilan yang berbeda.

  4. Beralih ke akun profesional sangatlah mudah dilakukan


Dengan begitu, jika kamu dapat memanfaatkan akun profesional Instagram dengan baik, kamu dapat menarik lebih banyak customer ataupun penggemar ke akun kamu. Kalau kamu adalah seorang kreator ataupun pebisnis namun belum pernah beralih ke akun profesional Instagram, maka kamu wajib untuk mencobanya.

Selain itu, dengan beralih ke akun profesional Instagram, kreator jadi bisa register pada influencer marketing platform Slice, dan mendapatkan banyak brand deals disana. Good luck!

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

What are the Differences Between Each Influencer Tier?

Next
Next

Why Parasocial Relationships Are Important to Creators