[EDISI 2023] Statistik Pengguna Media Sosial Indonesia Terbaru

Sumber gambar: Freepik

Sejak pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai aktivitas online ketimbang offline. Contohnya saja perilaku berbelanja, berdasarkan riset We Are Social di tahun 2022, Indonesia termasuk di dalam 5 negara dengan jumlah online grocery purchases tertinggi di dunia.

Tidak cuman dari online shopping, secara menyeluruh, aktivitas digital masyarakat Indonesia di dunia maya pun semakin ramai, yang pastinya juga dalam hal penggunaan media sosial. 

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perkembangan aktivitas media sosial masyarakat Indonesia di berbagai platform, serta trend yang akan hadir di tahun 2023.

Data pada artikel ini didapatkan dari berbagai laporan instansi pengamat serta pelaku dunia digital di seluruh dunia, yang diantaranya adalah DataReportal, Affable, Display Purposes, serta SocialInsider. 

Kami harap data - data berikut dapat membantu perkembangan social media marketing di Indonesia, dan memberikan insight kepada brand untuk membuat strategi marketing yang lebih matang.



Statistik Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia 2023

Sosio-Demografi di Indonesia

Seperti yang sudah kita tahu, dengan 276 juta jiwa, Indonesia menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke 4 di dunia. Dalam penggunaan internet, masyarakat Indonesia termasuk aktif terutama dalam hal online shopping, dan penggunaan media sosial. 

Pada statistik diatas, didapatkan bahwa 213 juta penduduk Indonesia sudah memiliki akses internet, setiap orang setidaknya memiliki 1 perangkat seluler, dan indonesia memiliki persentase pengguna media sosial yang cukup tinggi, yakni 60% dari jumlah populasi, dimana ini berarti terdapat 3 pengguna media sosial di setiap 5 penduduk.

Itu makanya kalian wajib untuk memasarkan produk / brand kalian di media sosial ketika membangun bisnis.

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2023

Data media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia 2023

Youtube, dan Facebook masih menjadi media sosial terpopuler di Indonesia. TikTok, di urutan ketiga, telah berhasil mengalahkan popularitas Instagram. Kemudian ada Facebook Messenger, Twitter, LinkedIn, dan Snapchat yang tidak sepopuler 4 platform lainnya.

Bagaimana penggunaan media sosial berubah di tahun 2023, dan bagaimana trend serta perilaku pengguna di masing - masing platform? Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan social media marketing di berbagai platform di Indonesia.

Data Pengguna Youtube di indonesia 2023

data pengguna Youtube Indonesia 2023

YouTube bukan sekedar platform untuk membuat dan menonton video, tapi juga untuk membentuk komunitas baru, berinteraksi di kolom komentar, hingga meramaikan sebuah live streaming. Pada infografis di atas, didapatkan bahwa YouTube memiliki hingga 139 juta pengguna aktif di Indonesia pada tahun 2023, dimana angka tersebut melebihi setengah dari populasi Indonesia sendiri.

Tren Youtube di Indonesia

tren youtube indonesia 2023

Seiring meningkatnya penggunaan perangkat seluler di Indonesia, masyarakat juga lebih sering menggunakan handphone untuk membuka Youtube. Hingga 95% masyarakat Indonesia menonton Youtube melalui handphone, dan setengah mereka menonton Youtube pada kualitas HD (1080p). Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan pasar handphone di Indonesia, dimana kita sekarang kita berada di peringkat ke 2 dalam pasar handphone terbesar se Asia Pasifik.

Yang Harus Diperhatikan di Tahun 2023

Tentunya perkembangan teknologi di era ini membuat penggunaan smartphone juga makin meningkat, salah satunya dalam hal menonton Youtube. Ini bisa menjadi referensi, tidak hanya untuk pembuatan konten, tetapi juga untuk strategi marketing. (buat konten dengan kualitas dan format yang mobile-friendly, seperti konten Youtube Short dengan transisi yang cepat).

Di tahun 2023, kami yakin akan ada lebih banyak channel YouTube yang lebih digemari dibandingkan dengan acara TV indonesia (sudah terjadi selama beberapa saat, namun kemungkinan di tahun ini perkembangannya akan lebih pesat). 

Melihat semakin meningkatnya popularitas e-commerce, online shop, video review, dan video unboxing kemungkinan pengguna yang mencari video seputar testimonial produk juga akan meningkat. 

YouTube adalah website terpopuler ke 2 di Indonesia, dan brand akan semakin mengandalkannya untuk meningkatkan brand awareness ataupun penjualan produk.

Data Pengguna Instagram di Indonesia 2023

data pengguna instagram Indonesia 2023

Pengguna aktif Instagram di Indonesia merupakan yang terbanyak ke 4 di seluruh dunia. Ini membuat Instagram menjadi salah satu social network dengan tingkat pertumbuhan tercepat di negara ini. Adapula fitur pencarian hashtag yang semakin populer, membuat Instagram semakin digemari oleh masyarakat untuk mencari hal - hal atau referensi baru yang sesuai dengan minat mereka.

Tren Instagram di Indonesia

kategori akun instagram terpopuler di indonesia

Akun instagram terpopuler di Indonesia adalah akun - akun selebriti, yang terdiri dari pembawa acara TV, penyanyi, dan aktor/aktris, serta influencer, yang diantaranya adalah Youtuber. Karena Instagram adalah platform yang digunakan untuk memperlihatkan konten / keindahan visual, tidak heran jika akun - akun selebriti ini mendapat begitu banyak followers dari penggemar - penggemarnya yang ingin mengetahui lebih dalam tentang keseharian mereka.

Ada pula jenis konten dari para selebriti ini bervariasi, namun mayoritas seputar rekomendasi makanan, kedai kopi, konten keluarga, dan hewan peliharaan. Maka dari itu brand yang menawarkan produk F&B, perkopian, peralatan rumah tangga, mainan anak, atau pet supplies akan sangat diuntungkan dalam influencer marketing di platform yang satu ini.

hashtag instagram terpopuler indonesia

Sesuai dengan hobi masyarakat Indonesia, yaitu jalan - jalan, tidak heran jika postingan dengan hashtag yang berbau destinasi liburan menjadi postingan yang paling sering diunggah. Ditambah lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang telah usai, membuat tren perjalanan domestik ataupun internasional semakin meningkat.

Yang Harus Diperhatikan di Tahun 2023

Walaupun TikTok sudah lebih unggul dalam konten yang berbentuk video pendek, namun fitur reelmasih menjadi sumber traffic terbesar di Instagram. Selain itu ada juga Youtube Shorts yang sudah mulai populer. Persaingan video pendek semakin sengit diantara ketiga platform ini. 

Prediksi kami, pengguna aktif Instagram di tahun ini akan menurun karena pengguna sudah mulai bosan (seperti halnya Facebook), reach organik yang rendah, dan komersial di platform ini semakin menjadi.

Namun kami masih yakin, untuk meningkatkan brand awareness, platform ini masih sangat efektif. Hal ini bisa dilihat dari popularitas konten - konten live streaming, instagram shopping, product tag, dan konten lain yang bersifat engaging lebih populer dibandingkan konten - konten biasa.

Tips Social Media Marketing yang Efektif di Instagram Tahun 2023

Banyak orang beranggapan jika Instagram kurang efektif dalam hal mendatangkan organic traffic, membosankan, dan organic reach nya terlalu rendah. Hal itu memang wajar, karena Instagram sendiri membuat kebijakan yang membatasi “growth-hacking”, dimana organic traffic tidak bisa didapatkan dengan instan, terutama untuk akun - akun baru.

Tidak hanya itu, Instagram juga terus mengembangkan algoritma dan mengubah kebijakan - kebijakan platformnya untuk menghindari hal tersebut. Dengan begitu pengguna Instagram sudah tidak bisa lagi menggunakan cara praktis (seperti beli followers, meggunakan bot, dsb) untuk berjaya di platform ini. Satu - satu nya cara untuk memenangi platform ini hanya dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, reel adalah tipe konten yang paling disukai oleh pengguna Instagram sekarang ini. Karena itu, kalian harus mulai fokus untuk membuat konten reel dibandingkan jenis konten lainnya, dan juga memanfaatkan fitur instagram shopping. Saat ini banyak pengguna yang sering mengharapkan barang yang mereka sukai di suatu postingan memiliki tag instagram shop agar tahu cara mendapatkannya.

Adapula cara efektif lain yang bisa kalian lakukan di platform ini, yaitu dengan meminta bantuan influencer untuk mempromosikan produk kalian di antara ribuan - jutaan followersnya. Kegiatan ini disebut juga dengan influencer marketing. Tentunya hal ini akan sangat membantu bisnis kalian untuk mendapatkan lebih banyak exposure ataupun penjualan. 

Memilih influencer pun bukanlah hal yang sepele, karena masing - masing influencer memiliki efektivitas pada goal yang berbeda - beda. Adapula kamu harus menyesuaikan niche bisnis kamu dengan konten influencer tersebut. 

Bergabunglah bersama Slice, untuk menemukan influencer yang paling tepat untuk bisnis dan tujuan kalian untuk mendapatkan hasil influencer marketing yang terbaik.

BACA JUGA : [Edisi 2024] Tren Pengguna Media sosial dan Digital Marketing Indonesia

Data Pengguna TikTok di Indonesia 2023

data pengguna tiktok 2023 [infografik]

Untuk urusan mendatangkan organic traffic, TikTok adalah yang terbaik di bidangnya. Hal tersebut disebabkan karena engagement rate dan growth rate di antara penggunanya sangat tinggi dibandingkan media sosial lainnya. 

Meski dikenal dengan platform nya gen Z, tapi faktanya di Indonesia, secara total, platform ini lebih banyak digunakan oleh orang dewasa di atas 25 tahun (25 - 55+), Meski begitu secara keloompok umur, orang remaja akhir / dewasa muda di usia 18 - 24 tahun, masih menjadi pengguna terbanyak di platform ini. Adapula dari sisi gender, wanita lebih aktif di platform ini dibandingkan pria.

Yang Harus Diperhatikan di Tahun 2023

Kami yakin TikTok akan semakin berkembang di Indonesia, dan melihat orang dewasa sudah mulai mendominasi platform ini, akan membuat TikTok menjadi platform yang menjangkau semua kalangan (tidak hanya gen Z). Tentunya fakta ini akan berpengaruh dalam hal “komersialisasi”, karena akan semakin banyak brand yang berpromosi, memasang iklan berbayar, dan meningkatkan brand awareness mereka di platform ini. 

Kunci dari memenangkan TikTok marketing di Indonesia adalah terus membuat konten yang tidak mengganggu pengguna lain, dan selalu menghibur, sembari memperkenalkan bisnis kita.

Tips Social Media Marketing yang Efektif di TikTok Tahun 2023

Untuk memenangi algoritma TikTok, kalian harus memperhatikan tren. TikTok adalah platform yang penuh dengan konten hiburan yang ringan. Jadisebisa mungkin, jangan buat konten yang terlalu bersifat komersial. 

Perlu kalian tahu, TikTok adalah platform yang dibangun di atas komunitas. Maka dari itu, aspek “kenikmatan bersama” bagi para penggunannya selalu diutamakan oleh TikTok untuk membangun platformnya sendiri.

Yang Harus Kalian Perhatikan Pada Social Media Marketing 2023

Berdasarkan barometer Edelman Trust Index, Indonesia berada di peringkat kedua tertinggi di dunia dalam hal tingkat kepercayaan kepada sebuah organisasi, bisnis, pemerintah, maupun media. Apa yang bisa diambil oleh brand dari insight ini? Insight ini menandakan jika media sosial bisa berperan besar dalam menentukan gaya hidup masyarakat Indonesia karena di media sosial hal - hal seputar ulasan produk, rekomendasi, ataupun berita mengenai suatu hal dapat tersebar dengan cepat. Meski begitu, media sosial juga berpotensi menjadi penghalang terbesar kalian. 

Masyarakat Indonesia cenderung suka mencari ulasan dan social proof dari suatu brand terlebih dahulu sebelum membeli produk. Dengan memiliki reputasi yang bagus di seluruh platform, kamu dapat membangun kepercayaan dengan lebih mudah dan meningkatkan konversi secara signifikan. 

Tentunya ulasan yang dimaksud disini adalah user generated content (UGC), bukan ulasan yang berada di website kalian atau di platform yang dimana brand memiliki hak untuk memilih ulasan yang baik saja. 

Kita sangat merekomendasikan untuk membangun strategi marketing dari konten - konten UGC yang berada di berbagai platform. Salah satu caranya adalah dengan memberikan insetif kepada pengguna (seperti kupon belanja, dsb) untuk tidak hanya membeli produk namun juga memberikan ulasan di media sosial.

Ada pula kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai barang yang sedang diskon. Kalian tidak boleh ketinggalan juga dengan strategi diskon yang dilakukan oleh kompetitor, terutama di suatu musim atau event yang spesial. Contoh saja ibu - ibu yang sedang tertarik untuk membeli tas kulit baru. Mereka pasti akan membandingkan dulu harga produk kalian dengan kompetitor. Begitu pula dengan ulasannya, sebelum membelinya. 

Strategi marketing kalian akan dipatahkan dengan kompetitor kalian jika salah satu dari mereka memiliki ulasan yang baik dan harga yang lebih bersahabat. Inilah mengapa membangun social proof dan strategi potongan harga omnichannel sangat penting untuk brand yang menyasar masyarakat Indonesia.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

How to Be a Creator if You’re Camera Shy

Next
Next

Tips Analisis Kompetitor di Media Sosial Terbaik