Jam FYP Terbaik untuk Upload Video di Tiktok Terbaru 2023

User TikTok

Sumber gambar: Freepik

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “jam FYP”, yang merupakan salah satu elemen penting untuk mendapatkan viewers yang banyak di TikTok.

Dengan memperhatikan jam FYP TikTok, kamu dapat memperoleh lebih banyak viewers pada videomu, dan followers pun akan meningkat.

Lalu, kapan jam FYP untuk upload video TikTok?

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang jam FYP terbaik untuk kamu yang sudah berada di platform ini, namun belum mengenal strategi jam terbaik upload TikTok yang satu ini.

Ini adalah bacaan wajib bagi kamu yang ingin mempopulerkan kontenmu di platform media sosial dengan tingkat pertumbuhan tercepat ini!

BACA JUGA: The Rise of the Creator Economy - What’s its Future?



Jam FYP untuk Upload Video TikTok

Jam posting adalah salah satu kunci untuk tampil di FYP.

Memposting konten di saat banyak user yang aktif adalah faktor penting untuk tampil di FYP. Ketika kontenmu tampil di FYP, maka videomu akan menjangkau lebih banyak user di TikTok, sehingga jumlah viewers akan bertambah, dan jumlah penayangan pun meningkat. 

1. 6 PM Jam Pulang Kerja

Jam 6 sore adalah jam FYP yang paling ideal, karena ini adalah jam pulang kerja, dimana orang-orang mulai mencari hiburan di media sosial untuk melepas penat usai kerja. TikTok adalah salah satu media sosial yang paling sering dituju untuk mencari hiburan.

Waktu ini juga dikenal sebagai “golden hour”. Banyak influencer TikTok yang memposting kontennya pada jam ini. Memposting pada jam ini juga akan memberikanmu lebih banyak engagement pada videomu.

Adapula video yang viral pada jam ini biasanya adalah video-video tarian (joget).

2. 11 - 12 PM Jam Makan Siang

Pada awalnya kami tidak mengira bahwa akan ada banyak user yang aktif di TikTok pada jam 11 - 12 siang. Hal ini dikarenakan pada jam ini orang - orang sedang dikelilingi oleh teman sekolah ataupun rekan kerja untuk makan siang bersama.

Namun, fakta berkata lain. Nyatanya pada jam ini pengguna TikTok justru ramai. Banyak orang yang menonton TikTok sembari istirahat makan siang. 

Selain itu, baik seorang pelajar maupun pekerja, sebagian besar pasti membuka handphone di jam ini. Jadi kemungkinan besar videomu akan menjadi viral jika memposting pada jam ini.

3. 8 - 9 PM Jam Sebelum Tidur

Dan yang terakhir adalah waktu sebelum tidur. User TikTok juga aktif di jam 8 - 9 PM

Ada pula dari statistik diatas, dapat dilihat jika user yang aktif pada jam ini lebih banyak di hari Senin. Oleh karena itu, kami juga menyarankan kalian untuk membidik jam sebelum tidur ini juga untuk memposting, terutama di hari Senin.

Kalender Jam FYP TikTok Berdasarkan Hari

Influencer Marketing Hub, sebuah platform influencer marketing, juga pernah melakukan riset terkait jam - jam FYP untuk upload video TikTok. Pada riset tersebut, Influencer Marketing Hub merangkum jam-jam terbaik untuk posting di setiap harinya. Berikut ini adalah hasil riset jam - jam terbaik upload TikTok versi Influencer Marketing Hub.

  • Jam terbaik untuk posting di hari Senin adalah: 6 AM, 10 AM, dan 10 PM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Selasa adalah: 2 AM, 4 AM, dan 9 AM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Rabu adalah: 7 AM, 8 AM, dan 11 PM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Kamis adalah: 9 AM, 12 AM, dan 7 PM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Jumat adalah: 5 AM, 1 PM, dan 3 PM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Sabtu adalah: 11 AM, 7 PM, dan 8 PM

  • Jam terbaik untuk posting di hari Minggu adalah: 7 AM, 8 AM, dan 4 PM

Hasil riset ini sangatlah detail, karena tidak hanya menganalisa berdasarkan jam - jam yang ramai, namun juga hari - harinya. Kamu bisa menggunakan hasil riset ini sebagai panduan jam upload kamu jika masih belum yakin tentang jam FYP yang ideal untuk audiens kamu. Kamu bisa bebas memilih, antara memposting pada hari kerja, atau pun weekend.

jadwal jam fyp tiktok 2023

Kesimpulan

Meski ada berbagai faktor, seperti membuat konten berkualitas untuk memancing engagement rate TikTok yang bagus (link to “TikTok campaign” post), yang mempengaruhi FYP, namun waktu upload adalah salah satu elemen terpenting dalam hal ini.

Menemukan jam FYP terbaik di TikTok bukanlah suatu hal yang bisa kamu jadikan blueprint selamanya. Ketika akun kamu berkembang, audiens pun makin bertambah, dan behavior mereka pun makin beragam. Jadi kamu harus terus menganalisa jam upload terbaik TIkTok ini secara berkala agar terus mendapatkan mendapatkan waktu yang tepat untuk memperoleh viewers sebanyak mungkin.

Ada pula dari kedua data yang di dapat (insight TikTok Slice dan riset Influencer Marketing Hub), dapat disimpulkan bahwa:

  • Jam makan siang 11 AM - 1 PM di hari Kamis dan Jumat adalah jam terbaik upload video Tiktok

  • Untuk tampil di FYP, kamu harus menyesuaikan jam upload TikTok dengan aktivitas audiens kamu.

Dengan insight ini, carilah jam terbaikmu untuk memposting video TikTok-mu.

Previous
Previous

Cara Endorse Selebgram Beserta Contoh Kalimat yang Bisa Kamu Pakai

Next
Next

TikTok Marketing: 5 Fakta untuk Membuat Campaign yang Sukses