Penjelasan Lengkap Algoritma Instagram Terbaru 2024

algoritma instagram 2023

Sumber gambar: Freepik

Hayo siapa nih di antara kalian yang sering dan aktif menggunakan Instagram? Tahukah kamu bahwa Instagram menjadi media sosial keempat yang memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia? Bahkan diketahui juga bahwa Indonesia menjadi negara keempat dengan pengguna Instagram terbanyak.

Bedasarkan situs KataData, jumlah pengguna aktif dari Instagram di seluruh dunia pada Oktober 2022, mencapai 1,38 miliar pengguna. Jumlah ini bahkan lebih besar dibandingkan pengguna TikTok yang memiliki 1 miliar pengguna aktif pada Oktober 2022 tersebut. Selain itu, Data Indonesia menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara keempat dengan pengguna Instagram terbanyak setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil dengan jumlah penggunanya, yaitu 99,9 juta.

Dengan adanya data-data tersebut, maka tak heran bahwa Instagram menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai media marketing campaign sebuah brand untuk meningkatkan brand awareness dan personal brandingnya.

Sebenarnya saat ini sudah banyak brand yang memanfaatkan Instagram sebagai media marketing campaign mereka. Namun, masih banyak brand yang belum memahami bagaimana cara kerja Instagram dalam mempromosikan produk-produk agar audiens yang tepat melihat konten dan kemudian tertarik untuk membeli produk yang kamu promosikan.

Dalam hal tersebut, penting untuk diketahui bahwa Instagram memiliki algoritma yang terus diperbarui setiap saat. Terlebih lagi saat ini, Instagram telah memiliki berbagai fitur terbaru, seperti story, live, reels, IGTV dan sebagainya. Nah, setiap fitur Instagram tersebut tentunya memiliki algoritmanya masing-masing dalam mempromosikan kontenmu ke pengguna lainnya.

Nah, jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai media marketing campaign untuk brand kamu, maka kamu harus memahami betul algoritma Instagram terbaru 2023 ini. Berikut penjelasan lengkap algoritma Instagram terbaru 2023 yang perlu kamu ketahui!



Apa itu Algoritma Instagram?

akun instagram

Sumber gambar: Pixabay

Situs Accurate menjelaskan bahwa algoritma Instagram adalah rumus yang digunakan oleh Instagram untuk menentukan postingan mana yang hendak ditampilkan pada halaman feed pengguna Instagram ketika mereka membuka beranda. Sama halnya dengan Accurate, situs Redcomm juga menjelaskan mengenai algoritma Instagram adalah sebuah teknologi atau parameter yang bisa menentukan konten mana yang banyak dilihat orang setiap kali pengguna membuka feed mereka.

Baca Juga: Istilah Instagram yang Harus Kamu Tahu Agar Followers Meningkat

Singkatnya, dengan menggunakan algoritma Instagram, kamu dapat mengatur konten yang kamu buat agar dapat muncul di halaman feed pengguna lainnya walaupun kamu tidak memfollow pengguna tersebut. Hebat bukan?

Algoritma Instagram ini sendiri pun diperkenalkan oleh Instagram sendiri pada tahun 2016. Walaupun pada awalnya banyak pengguna yang merasa tidak senang dengan kehadiran algoritma ini, namun nyatanya saat ini banyak pengguna yang tertarik untuk mempelajari algoritma Instagram agar dapat digunakan sebagai strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness dan personal branding dari suatu brand.

Nantinya algoritma Instagram ini dapat menentukan semua konten yang akan muncul di feed, tab explore, story, live, reels, dan IGTV para pengguna. Dengan cara kerja algoritma Instagram yang seperti ini, maka kamu dapat menjangkau pengguna Instagram lebih luas dan banyak lagi dengan memunculkan konten di berbagai fitur Instagram mereka.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023

memahami algoritma instagram

Sumber gambar: Freepik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap fitur Instagram, seperti story, reels, feed, dan lain sebagainya, memiliki algoritma yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan pengguna Instagram memiliki pencarian yang berbeda-beda di setiap fiturnya, seperti pencarian di reels akan berbeda dengan pencarian di explore.

Jika setiap pencarian yang muncul di fitur Instagram masing-masing pengguna berbeda-beda, maka bagaimana cara kita menerapkan algoritma Instagram tersebut ya? Nah, sebenarnya terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi kerja algoritma Instagram, yaitu relationship, interest, dan timeliness. Berdasarkan situs Sirclo Store dan Glints, telah kami rangkum penjelasan dari ketiga faktor tersebut, antara lain:

1. Relationship

Faktor pertama yang memengaruhi cara kerja algoritma Instagram 2023, yaitu relationship. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, relationship memiliki arti, yaitu hubungan. Berkaitan dengan pengertiannya tersebut, maka dapat diketahui bahwa setiap konten yang muncul di feed, explore, reels, dan IGTV kamu itu berasal dari aktivitas yang kamu lakukan yang melibatkan interaksi dengan akun Instagram yang sering atau pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Algoritma Instagram ini akan berusaha mempelajari interaksi yang pernah kamu lakukan sebelumnya dengan akun Instagram pengguna lainnya dan Instagram akan menganggap bahwa kamu memiliki hubungan dengan akun Instagram tersebut.

Maka dari itu, apabila kamu sering mengunjungi akun Instagram seseorang, maka algoritma Instagram akan beranggapan bahwa kamu sering berinteraksi dengan akun tersebut sehingga postingan dari akun tersebut pun akan sering muncul di feed, reels, dan IGTV kamu.

2. Interest

Interest atau ketertarikan menjadi faktor kedua yang memengaruhi cara kerja algoritma Instagram 2023 ini. Sama halnya dengan relationship, faktor interest ini berhubungan dengan aktivitas kamu dalam menjelajahi akun Instagram orang lain yang kamu sukai sehingga mengunjungi akun orang tersebut menjadi rutinitas kamu setiap kali membuka Instagram.

Dengan menunjukkan interest atau ketertarikan kamu terhadap akun Instagram orang lain tersebut, maka postingan dari akun Instagram orang tersebut pun akan sering muncul di feed atau explore kamu.

3. Timeliness

Selain relationship dan interest, waktu atau timeliness juga menjadi faktor yang mempengaruhi cara kerja algoritma Instagram 2023 tersebut. Pada faktor ini, penting bagi kamu yang ingin mengunggah konten-konten untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten tersebut. Mengapa harus begitu?

Dilansir situs Sirclo Store dan Glints, algoritma Instagram ini menganggap bahwa konten yang baru diunggah oleh akun pengguna Instagram bersifat penting bagi setiap orang sehingga konten tersebut harus diketahui oleh setiap orang. Berdasarkan hal ini, maka setiap adanya unggahan baru oleh pengguna lain, Instagram akan meletakkan unggahan tersebut diurutan paling atas dari feed pengguna lainnya sehingga orang-orang dapat melihat konten tersebut dengan segera.

Dengan begitu, penting untuk kamu mengetahui kira-kira kapan Jam terbaik posting konten baru di Instagram agar kamu dapat menjangkau banyak pengguna Instagram. 

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 Untuk Postingan Feed

algoritma postingan feed

Sumber gambar: Unsplash

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai tiga faktor utama dari algoritma Instagram 2023, yaitu relationship, interest, dan timeliness, kamu dapat mengaplikasikan ketiga faktor tersebut untuk postingan feed kamu.

Secara garis besar, Instagram sendiri telah merangkum beberapa hal yang perlu kamu perhatikan apabila ingin memunculkan konten yang kamu unggah di feed pengguna lainnya sehingga nantinya dapat kamu gunakan sebagai strategi marketing campaign yang dapat meningkatkan brand awareness dari brand yang kamu miliki. Dikutip dari Wave Video, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan algoritma Instagram untuk postingan feed, antara lain:

1. Informasi tentang postingan

Sebagai pebisnis, penting untuk mengunggah postingan yang menarik dan informatif. Dikarenakan hal ini nantinya akan berhubungan dengan seberapa banyak yang melihat dan menyukai postingan tersebut.

Selain membuat postingan yang menarik dan informatif, tentunya kamu juga harus menentukan apakah konten yang dibuat terdiri dari foto atau video saja atau digabung antara foto dan video dalam beberapa slide.

Jika postingan yang diunggah terdiri dari sebuah video, maka kamu juga harus memperhatikan seberapa lama durasi video tersebut, jangan sampai video yang kamu unggah memiliki durasi yang lama sehingga penontonnya menjadi bosan atau malah terlalu sebentar sehingga informasi di dalam video tersebut tidak tersampaikan secara benar ke penonton.

Selain itu, penting juga untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk memposting konten tersebut di feed kamu. Harus selalu diingat bahwa agar dapat meningkatkan engagement kamu harus memiliki waktu yang dimana banyak pengguna sedang aktif di Instagram.

2. Informasi Tentang Akun yang Memposting

Algoritma Instagram untuk postingan feed yang kedua, yaitu mengetahui informasi tentang akun yang memposting. Untuk meningkatkan engagement terhadap akun Instagram sebuah brand, sebelumnya kamu harus sudah punya pengalaman dalam berinteraksi dengan akun tersebut.

Hal tersebut berhubungan dengan relationship dan interest dari para pengguna Instagram. Untuk menciptakan sebuah hubungan dan ketertarikan pengguna lain terhadap akun Instagram kamu, maka dari itu pengguna tersebut harus setidaknya sudah pernah mengunjungi akun Instagram kamu. Semakin sering seseorang mengunjungi akun Instagram tersebut, maka semakin tinggi peluang munculnya postingan akun Instagram tersebut untuk muncul di feed orang tersebut.   

3. Aktivitas Pengguna

Aktivitas pengguna juga dapat memengaruhi algoritma Instagram untuk postingan feed loh! Aktivitas pengguna yang dimaksud dalam hal ini, yaitu berkaitan dengan apa saja postingan yang sudah kamu sukai, yang sering kamu lihat atau tonton, dan tipe postingan seperti apa yang biasa kamu lihat atau tonton.

4. Riwayat Interaksi

Algoritma Instagram untuk postingan feed yang tidak kalah pentingnya, yaitu riwayat interaksi. Riwayat interaksi ini tidak hanya berhubungan dengan aktivitas kamu dalam mengunjungi akun Instagram pengguna lainnya, tetapi juga berhubungan dengan aktivitas kamu dalam menyukai atau meninggalkan komentar di setiap postingan pengguna lainnya.

Hal ini tentunya dapat membantu Instagram dalam mempelajari hal-hal apa saja yang kamu sukai agar nantinya Instagram akan menentukan postingan apa saja yang cocok muncul di feed kamu.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 Untuk Reels

memahami algoritma instagram reels

Sumber gambar: Unsplash

Secara garis besar, terdapat beberapa perbedaan antara algoritma Instagram untuk postingan feed dan reels. Dimana untuk reels, terdapat algoritma Instagram yang berfokus pada video yang di unggah, seperti kualitas, masalah teknis, dan waktu penayangan video. Walaupun begitu, terdapat point algoritma Instagram yang sama antara postingan feed dan reels, yaitu interaksi pengguna.

Berikut di bawah ini penjelasan lengkap mengenai cara kerja algoritma Instagram 2023 untuk reels, yaitu:

1. Kualitas Video Reels

Reels menjadi salah satu fitur baru yang dimiliki Instagram yang memuat video-video pendek. Banyak pengguna Instagram justru yang saat ini lebih menyukai melihat reels ketimbang feed. Dengan adanya fenomena ini, pastinya kamu dapat memanfaatkan reels dalam membuat konten-konten dari akun brand kamu nih.

Dalam membuat konten reels yang penting harus kamu perhatikan, yaitu membuat konten video yang menarik untuk ditonton dan memiliki kualitas yang tinggi. Dilansir dari situs Creativism, semakin baik kualitas video reels yang kamu hasilkan, maka akan semakin besar pula engagement yang kamu dapatkan dari video tersebut.

2. Masalah Teknis Video 

Algoritma Instagram untuk reels yang tak kalah penting selain kualitas videonya, yaitu masalah teknis video. Masalah teknis ini meliputi efek yang kamu pilih untuk menambah kehidupan dari video tersebut, menambahkan audio atau backsound yang sesuai dengan konten reels kamu, serta pemilihan piksel pada video tersebut agar nantinya video yang diunggah tidak blur atau pecah.

3. Waktu Penayangan Video

Waktu penayangan video ini tentunya berhubungan dengan jumlah viewers yang melihat video tersebut, apakah banyak atau tidak. Sama halnya dengan postingan feed, dalam mengunggah video reels kamu juga harus memperhatikan waktu yang pas untuk mengunggah video reels tersebut yang sekiranya sedang banyak pengguna yang aktif di Instagram pada saat itu.

Semakin banyak viewers dari video reels tersebut, maka semakin tinggi pula engagement yang akan didapatkan sehingga semakin besar juga jangkauan video tersebut ke pengguna Instagram lainnya.

4. Interaksi Pengguna 

Tidak hanya pada postingan feed saja, tetapi interaksi pengguna juga dapat memengaruhi algoritma Instagram untuk reels loh! Interaksi yang dimaksud, seperti memberikan like, komentar, membagikan, dan menyimpan video reels dari akun pengguna lainnya.

Cara Kerja Algoritma Instagram 2023 Untuk Explore

Memahami algoritma instagram explore

Sumber gambar: Unsplash

Hayo, siapa diantara kalian yang suka melihat postingan-postingan dari pengguna lain melalui explore? Kira-kira kamu pernah tidak merasa penasaran dengan bagaimana caranya Instagram menyesuaikan postingan-postingan yang muncul di explore kamu sesuai dengan hal yang kamu sukai? Nah, caranya, yaitu dengan adanya algoritma Instagram untuk explore ini. Terdapat dua hal yang penting untuk diketahui dalam algoritma Instagram untuk explore, yaitu:

1. Interaksi Pengguna

Selain mempengaruhi postingan feed dan reels yang muncul di akun Instagram semua pengguna, interaksi pengguna, seperti memberikan like, komentar, membagikan, dan menyimpan konten dari berbagai akun yang kamu sukai ternyata dapat memengaruhi postingan-postingan yang muncul di explore kamu juga loh!

Maka dari itu, kamu tidak usah heran lagi mengapa postingan-postingan yang muncul di explore kamu selalu sesuai dengan apa yang kamu suka, hal ini dikarenakan interaksi yang kamu lakukan tersebut

2. Hubungan antar Pengguna Instagram

Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua postingan yang muncul di explore kamu tersebut terkadang sesuai dengan apa yang kamu sukai. Pastinya kamu pernah mengalami dimana ada jenis postingan tertentu yang sebelumnya belum pernah kamu like atau kunjungi sebelumnya. 

Nah, hal tersebut mungkin saja terjadi dikarenakan hubungan antar pengguna Instagram lainnya dapat memengaruhi algoritma Instagram untuk explore kamu loh! Instagram juga akan memunculkan beberapa postingan random yang berasal dari interaksi kamu terhadap followers kamu atau bahkan berasal dari aktivitas followers kamu yang menyukai postingan tersebut dan sebagainya.

Kesimpulan

Setiap pebisnis yang memulai usahanya di Instagram sangat direkomendasikan untuk memahami algoritma Instagram terbaru di Tahun 2023 ini. Dikarenakan dengan memahami algoritma Instagram tersebut, kamu setidaknya dapat mengetahui bagaimana cara agar postingan yang kamu unggah nantinya dapat memiliki engagement yang tinggi sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan personal branding dari brand yang kamu miliki.

Walaupun setiap fitur di Instagram, seperti feed, reels, dan explore memiliki beberapa algoritma Instagram yang berbeda-beda, tetapi secara garis besar algoritma Instagram tersebut dipengaruhi oleh relationship atau hubungan dari pengguna, interest atau ketertarikan dari pengguna, dan timeliness atau waktu konten tersebut di unggah oleh pengguna.

So, jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan Instagram sebagai media marketing campaign kamu, untuk dapat meningkatkan engagement dari akun Instagram kamu, maka terapkanlah strategi memenangkan algoritma Instagram terbaru 2023 ini ya!

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Tips Analisis Kompetitor di Media Sosial Terbaik

Next
Next

Which Type of Business Models Work Well with Influencer Marketing?