Slice Invoice: Buat Influencer Invoice Secara Instan

bikin influencer invoice instan

Sumber gambar: Freepik

Sebagai seorang influencer, kalian harus menggunakan image kalian untuk mempengaruhi gaya hidup audiens kalian — dan tentunya kalian bisa memonetisasi privilege tersebut dengan mendapatkan brand deals. Ketika berhadapan dengan brand deals, influencer diharuskan untuk membuat invoice (faktur) untuk menagih bayaran atas jasa brand deals yang telah dijalani. Baik kalian yang merupakan seorang influencer baru atau yang sudah berpengalaman, menggunakan template invoice yang bagus akan menambah poin profesionalisme yang besar di mata klien / brand yang berkolaborasi dengan kalian.

Tapi mendesain template influencer invoice bisa jadi bagian yang menyulitkan bagi sebagian besar orang. Namun kalian tak perlu khawatir, karena pada fitur influencer invoice di Slice kalian bisa generate invoice dengan instan untuk keperluan influencer marketing atau endorsement yang diuntukkan para konten kreator secara GRATIS. Dengan fitur influencer invoice dari Slice, kalian dapat memberi kesan yang lebih baik pada brand dan tentunya mempermudah untuk mendapatkan pundi-pundi uang tanpa biaya tambahan. Asyik kan?

Klik Disini Buat Bikin Influencer Invoice Secara Instan

Pentingnya Influencer Invoice

Sebagian dari kalian yang masih pemula mungkin bertanya-tanya, apa sih sebenarnya kegunaan invoice tersendiri untuk bertransaksi dengan brand tertentu?

Sumber gambar: Freepik

Menggunakan influencer invoice membuat segalanya terkesan lebih resmi. Hal ini tak hanya diperlukan untuk tujuan perpajakan, tetapi juga membantu memberikan ketenangan pikiran bagi kedua belah pihak bahwa layanan akan diberikan dan pembayaran akan diselesaikan. Kalau semuanya sudah tertulis resmi di atas kertas, maka orang berpikir dua kali untuk menentang atau mengingkari apa yang telah disepakati.

Apa yang Harus Disertakan dalam Invoice Influencer?

Sebelum menggunakan fitur influencer invoice gratis dari Slice, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu aja saja yang bisa membuat influencer invoice tampak profesional. Dengan cara ini, kamu akan dapat memahami sepenuhnya mengenai detail invoice dan bahkan mungkin bisa membuat template sendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut struktur influencer invoice yang ideal.

Baca juga: Apakah Affiliate Marketing Menjanjikan untuk Konten Kreator?

Informasi Pribadi

Hal pertama yang perlu dicantumkan dalam influencer invoice tentu saja adalah informasi pribadi, termasuk:

  • Nama lengkap kalian

  • Alamat

  • Alamat email

  • Nomor telepon

Info Klien

Influencer invoice harus selalu mencantumkan informasi penting klien yang meliputi hal-hal seperti berikut:

  • Nama bisnis yang sah

  • Alamat

  • Nama PIC

  • Info kontak PIC

Info Pembayaran

Untuk memastikan informasi pembayaran yang jelas bagi kedua belah pihak dan proses pembayaran bisa dilakukan dengan lancar, kalian pasti ingin menyertakan detail yang tak kalah penting seperti:

  • Nama pemilik rekening bank.

  • Nomor rekening bank.

  • Nomor invoice – Ini akan memudahkan kalian melacak pembayaran dan transaksi sepanjang karier kalian sebagai seorang influencer.

  • Tanggal pembayaran.

  • Jumlah yang harus dibayar

  • Keterangan pembayaran – Penting untuk diingat bahwa pembayaran tidak selalu dilakukan sekaligus oleh brand. Terkadang kerja sama atau partnership dalam influencer marketing hanya bertahan selama beberapa bulan. Dalam kasus ini, kalian tentunya ingin memastikan semua persyaratan pembayaran didokumentasikan dengan baik untuk kenyamanan kedua belah pihak. Biasanya pada kesepakatan awal akan ada beberapa opsi skema pembayaran, entah untuk jangka waktu selama 30 hari, 60 hari, atau 90 hari. Perlu diingat bahwa kunci keberhasilan sebuah kolaborasi juga didukung oleh kemauan kalian dalam mengorganisir segalanya, tak terkecuali urusan invoice.

Deskripsi Campaign

Salah satu bagian terpenting dari template influencer invoice adalah menyertakan deskripsi campaign. Lagi pula, fokus utama dalam transaksi ini adalah “campaign” atau jasa yang influencer tawarkan. Kalau kalian bekerja dengan brand dalam Instagram influencer campaign, nama campaign pada invoice kalian bisa dibuat sesederhana “Instagram influencer campaign dengan X.” Selain itu, kalian juga bisa memasukkan informasi lain seperti berikut:

  • Rincian scope of work - contoh: 1 story beserta link + 1 hard selling reels.

  • Kuantitas - berapa banyak konten yang kalian setujui untuk dibuat.

  • Harga untuk tiap konten.

Buat Influencer Invoice Instan dengan Slice Invoice

Nah, setelah mengetahui komponen-komponen apa saja yang penting untuk dicantumkan dalam sebuah invoice bagi para influencer, sebenarnya kalian tak perlu pusing-pusing memikirkannya. Pasalnya, di Slice sudah tersedia fitur influencer invoice yang benar-benar bisa memudahkan pekerjaan kalian dalam membuat invoice. Bahkan fitur bermanfaat itu juga disediakan secara cuma-cuma.

Bergabung dengan Slice bisa menjadi solusi yang mempermudah pekerjaan atau karier jangka panjang kalian sebagai seorang influencer, entah influencer pemula maupun yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Terlebih, Slice juga memberi peluang bisnis bagi para influencer untuk memanfaatkan followers mereka.

Klik Disini Buat Bikin Influencer Invoice Secara Instan

Tampilan Influencer Invoice by Slice

Kesimpulan

Sebagai seorang influencer yang dilibatkan dalam influencer marketing, memiliki invoice tersendiri adalah hal yang penting. Dengan adanya invoice yang resmi akan membuat kalian terkesan lebih profesional dan bertanggung jawab. Keberadaan influencer invoice pun dapat meningkatkan citra dan kredibilitas kalian di mata brand.

Menariknya lagi, sekarang kalian sudah tak perlu bersusah payah saat hendak mencari template untuk membuat invoice dalam influencer marketing. Pasalnya, Slice sudah dilengkapi dengan fitur influencer invoice, yakni fitur untuk generate invoice influencer marketing atau endorse bagi para konten kreator secara gratis.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Cara Mempromosikan Event dengan Influencer Marketing

Next
Next

Cara Memaksimalkan Postingan untuk Jualan di Instagram