13 Tren Beauty Influencer yang Patut Dipantau di tahun 2024

beauty influencer Indonesia

Sumber gambar: Freepik

Tahun 2023 akan segera berlalu, begitu pula dengan tren kecantikan. Ada banyak momen besar di dunia kecantikan yang terjadi sepanjang tahun 2023, mulai dari acara penghargaan, acara TV terkenal, hingga peluncuran brand baru. Beauty influencer akan selalu mencari tren kecantikan terbaru, tak terkecuali untuk tren tahun depan. Nah, berikut ini kami telah merangkum tren kecantikan yang muncul dari kalangan artis sampai beauty influencer.

Lip Stains

Sejak brand kosmetik Fenty Beauty dari Rihanna meluncurkan Poutsicle Hydrating Lip Stain, banyak produk lip stain dari brand lain mendapatkan daya tarik di media sosial. Beberapa produk lip stains yang paling sering disebutkan beauty influener adalah Fenty, e.l.f., Wonderskin, dan r.e.m. beauty.

Perbandingan konten yang membahas lip stain di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 43% lebih banyak konten

  • 130% lebih banyak engagement

  • 211% lebih banyak views

Gaya Soft-Goth

TV show populer di Netflix dengan karakter utama Wednesday telah menginspirasi banyak beauty influencer untuk membuat konten make up dengan gaya soft-goth maupun gothic.

Tren ini pun masih terus berlangsung di tahun 2023. Hingga pada bulan Oktober kemarin, tampilan riasan dark & gloomy mewarnai panggung runaway, tepatnya saat perayaan Halloween. 

Perbandingan konten yang membahas riasan soft-goth, maupun gothic di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 28% lebih banyak konten

  • 305% lebih banyak engagement

  • 1,150% lebih banyak views

BACA JUGA: Apakah Affiliate Marketing Menjanjikan untuk Konten Kreator?

Tren Kecantikan Rambut: Rosemary Oil

Banyak beauty influencer yang menggunakan minyak esensial untuk meningkatkan hidrasi rambut dan membuat rambut mereka tumbuh lebih panjang dan tebal. 

Perbandingan konten yang membahas rosemary oil di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 96% lebih banyak konten

  • 62% lebih banyak engagement

  • 104% lebih banyak views

Skincare dengan Ice Roller

Ice roller sering kali disorot dalam rutinitas perawatan kulit pagi dan sore hari bagi para beauty influencer bersamaan dengan video GRWM (Get Ready with Me). Lonjakan besar pada video skincare routine tersebut kemungkinan besar akan membuat ice roller terus menjadi salah satu tren kecantikan yang booming hingga tahun depan.

Perbandingan konten yang membahas ice roller di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 41% lebih banyak konten

  • 238% lebih banyak engagement

  • 228% lebih banyak views

Skin Cycling

Tren kecantikan perawatan kulit lainnya adalah “skin cycling” yang diciptakan oleh dokter kulit yang populer di TikTok, Dr. Whitney Bowe. Skin cycling mengacu pada program yang dirancang untuk menyeimbangkan pengelupasan (exfoliation) kulit dan pemulihan guna membantu melindungi skin barrier. 

Perbandingan konten yang membahas skin scycling di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 6.286%  lebih banyak konten

  • 16.075% lebih banyak engagement

Vampire Skin

Tren kecantikan vampire skin ditandai dengan glitter dan shimmer di seluruh wajah. Cat Quinn, direktur eksekutif tren global MAC Cosmetics, baru-baru ini mengatakan kepada Who What Wear pada tahun 2023 bahwa dia memperkirakan akan terjadi peningkatan 'backlighting' – pengaplikasian shimmer dan glow ke seluruh wajah dan menghaluskan titik-titik tertentu pada wajah, dimana ini merupakan kebalikan dari highlighter.

Perbandingan konten yang membahas vampire skin di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 500%  lebih banyak konten

  • 10.914% lebih banyak engagement

Barbiecore

Didorong oleh kemeriahan film Barbie, konten bertema Barbie dari para beauty influencer mengalami peningkatan jumlah konten sebesar 56%, serta peningkatan engagement sebesar 128%, dan video views sebesar 172%. Selain itu, banyak pula brand yang merilis koleksi bernuansa Barbie, misalnya saja seperti brand tersohor NYX, Glow Recipe, dan OPI yang menerima mention terbanyak di media sosial.

Body Spray

Di sektor wewangian, semprotan tubuh alias body sprays dan body mists kembali populer. Tetapi, produk yang bermunculan di media sosial bukanlah produk dari brand yang kalian bayangkan seperti AXE dan Old Spice. Melainkan, produk wewangian bunga dan musim panas dari merek seperti Sol De Janeiro, Bath & Body Works, dan Victoria's Secret yang paling banyak disebutkan oleh beauty influencer.

Perbandingan konten yang membahas body spray di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 221%%  lebih banyak konten

  • 240% lebih banyak engagement

Parfum Rambut

Parfum rambut (hair perfume) melonjak popularitasnya tahun ini. Kemungkinan alasannya adalah karena harga parfum rambut yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan parfum EDP dan EDT. Selain itu, parfum rambut banyak yang sengaja diformulasikan untuk menambah kelembapan dan kilau pada rambut sekaligus menambahkan aroma yang lembut.

Perbandingan konten yang membahas parfum rambut di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 8%  lebih banyak konten

  • 48% lebih banyak engagement

  • 190% lebih banyak jumlah views

Tinted Sunscreen

Kembalinya tren riasan “minimalis” selama beberapa tahun terakhir, membuat banyak orang mulai melirik tinted sunscreen. Beberapa pilihan tinted sunscreen paling populer di kalangan beauty influencer diantaranya adalah tinted screen dari Supergoop’, Kosas, La Roche-Posay, dan CeraVe.

Perbandingan konten yang membahas tinted sunscreen di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 8%  lebih banyak konten

  • 39% lebih banyak jumlah views

Bold Lips

Riasan bold lips atau bibir tebal menjadi tren saat musim panas dengan warna merah koral dan oranye yang intens lebih sering dipilih dibanding tone warna peachy pink yang kita lihat tahun sebelumnya. Beberapa produk lipstik yang paling banyak disebutkan berasal dari Fenty, YSL, dan Maybelline.

Perbandingan konten yang membahas bold lips di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 70%  lebih banyak konten

  • 624% lebih banyak engagement

  • 2,317% lebih banyak jumlah views

Get Unready With Me (GURWM)

Video “Get Unready With Me” (GURWM) adalah konten yang memperlihatkan rutinitas skin care sebelum tidur. Bagi sebagian beauty creator, hal ini semudah menghapus riasan dan mencuci muka. Sedangkan sebagian lainnya melakukan rutinitas serum, krim, dan masker wajah.

Perbandingan konten yang membahas GRWM di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 293%  lebih banyak konten

  • 276% lebih banyak engagement

  • 409% lebih banyak jumlah views

Dry Shampoo

Semakin banyak orang yang mulai mengaplikasikan sampo kering (dry shampoo), karena efeknya yang bisa dengan cepat menyegarkan sekaligus menutrisi rambut di sela-sela sesi keramas. Brand dry shampoo yang muncul di beberapa postingan teratas adalah Amika, Living Proof, dan Fekkai.

Perbandingan konten yang membahas Dry Shampoo di seluruh media sosial pada tahun 2022 vs 2023:

  • 13%  lebih banyak konten

  • 116% lebih banyak engagement

  • 109% lebih banyak jumlah views

Kesimpulan

Ada banyak tren kecantikan yang menyemarakkan konten-konten beauty influencer sepanjang tahun ini. Beberapa tren kecantikan tersebut kemungkinan juga akan berlanjut hingga tahun 2024 mendatang. Beberapa tren yang patut dipantau antara lain berupa lip stains, skin cycling, body spray, parfum rambut, tinted sunscreen, bold lips, video Get Unready With Me (GURWM), dry shampoo, hingga teknik makeup underpainting. Kalau kalian sudah mencoba tren beauty influencer yang mana?




Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Cara Memaksimalkan Postingan untuk Jualan di Instagram

Next
Next

Cara Memanfaatkan Plugin ChatGPT untuk Kegiatan Marketing