Cara Penggunaan Hashtag Instagram untuk Bisnis Agar Banyak Like

hashtag instagram untuk bisnis

Sumber gambar: Freepik

Bagi kalian yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mencari cara untuk menarik lebih banyak pelanggan, promosi melalui media sosial Instagram bisa jadi opsi yang menarik. Instagram merupakan media yang tepat untuk mempromosikan produk, menjangkau audiens yang lebih luas, hingga meningkatkan engagement dengan pelanggan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram (IG) mulailah dengan menggunakan tagar atau hashtag Instagram yang relevan dan sedang trending agar banyak like.



Sekilas Tentang Instagram

icon instagram

Sumber gambar: Freepik

Instagram adalah layanan jejaring sosial yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika, Meta Platforms, untuk berbagi foto dan video. Aplikasi yang pertama kali dirilis tahun 2010 silam tersebut memungkinkan penggunanya untuk mengunggah gambar maupun video yang bisa diedit dengan filter, tagar (hashtag), dan penandaan geografis alias geotagging.

Unggahan di Instagram dapat dibagikan secara publik atau dengan followers yang telah disetujui sebelumnya. Pengguna Instagram bisa menelusuri konten pengguna lain berdasarkan hashtag dan lokasi,  konten yang sedang tren saat ini, menyukai foto, dan juga mengikuti pengguna lain untuk menambahkan konten mereka ke feed pribadi.

BACA JUGA: 225 Hashtag TikTok terviral dan 8 Praktik Terbaik Penggunaan Hashtag di TikTok

Apa Itu Hashtag?

ilustrasi hashtag instagram

Sumber gambar: Freepik

Nah, jika membahas soal Instagram, rasanya fitur hashtag menjadi hal yang tak bisa dilepaskan dari sosmed kecintaan Gen Z dan Generasi Millennial ini. Hashtag merupakan sebuah label untuk konten yang biasanya disimbolkan dengan tagar (#).

Fitur hashtag ini pertama kali dicetuskan oleh seorang marketing specialist Twitter, Chris Messina. Messina menyarankan penggunaan hashtag sebagai penanda tweets yang memiliki topik yang sama dan berhubungan. Hingga saat ini, hashtag masih digunakan untuk mengikat berbagai percakapan publik dengan topik terkait menjadi satu kumpulan.

Hashtag sangat memudahkan pengguna dalam mencari sebuah topik. Kalian hanya perlu mengklik atau mencari dengan hashtag yang berkaitan. Dengan hashtag, kita semua bisa mengakses berbagai konten dengan cepat. Hashtag memungkinkan pengguna untuk menyaring dan menemukan konten yang relevan dengan mudah. Penggunaan hashtag lebih sering ditemukan pada media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Lantas, apa pentingnya penggunaan hashtag untuk sebuah bisnis? Tagar atau hashtag mempermudah pelanggan potensial untuk menemukan produk kalian. Kalian dapat menarik orang yang tepat dan mendapatkan keterlibatan (engagement) maksimal pada postingan kalian.

Sayangnya, banyak pemilik bisnis atau brand yang membuat kesalahan dengan menggunakan hashtag yang tidak relevan atau generik, sehingga mengakibatkan engagement rate rendah dan hanya menarik sedikit jumlah pengikut baru. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk melakukan riset dan menggunakan hashtag yang khusus sesuai dengan niche dan audiens yang menjadi target kalian.

Manfaat Hashtag untuk Promosi Bisnis

Tahukah kalian, menurut data statistik dari Compare Camp, postingan Instagram dengan setidaknya satu hashtag yang relevan dapat memperoleh interaksi hingga 29% lebih banyak, sedangkan postingan dengan 11 hashtag atau lebih dapat memperoleh keterlibatan hingga 79,5% lebih banyak. Nah, kalau begitu, strategi pemanfaatan hashtag Instagram agar banyak like tidak perlu dipertanyakan lagi.

A. Meningkatkan Engagement Media Sosial

Saat kalian membuat suatu postingan dan menyisipkan hashtag yang relevan, maka secara tidak langsung kalian telah berpartisipasi dalam pembahasan atau percakapan terkait hashtag tersebut di media sosial.

Dengan demikian, postingan kalian akan secara otomatis muncul bersama sederet postingan lain yang memiliki hashtag sama. Dari situlah peluang brand kalian akan lebih dikenal banyak orang sekaligus membantu kalian memperoleh lebih banyak like, share, komen, atau bahkan followers baru.

B. Meramaikan Campaign

Manfaat lain yang tak kalah menarik dari hashtag adalah untuk meramaikan sebuah campaign (kampanye). Seperti yang kalian tahu, banyak brand besar yang rutin mengadakan campaign dan membuat hashtag khusus di Instagram.

Nah, para pengguna sosmed yang ikut campaign tersebut biasanya akan membuat berbagai postingan dengan hashtag yang telah disiapkan. Dengan adanya hashtag, kalian bisa menarik lebih banyak pengguna untuk mengikuti campaign, sehingga campaign produk atau jasa kalian akan berjalan sukses.

C. Membantu Target Audiens Menemukan Brand

Penggunaan hashtag Instagram yang relevan dan tertarget tentunya bisa mempermudah audiens untuk menemukan brand kalian, serta memperoleh banyak like. Di media sosial seperti Instagram, netizen bisa dengan mudah menemukan produk atau jasa yang mereka cari cukup dengan mengklik hashtag tertentu, bahkan meski mereka belum memfollow akun Instagram tersebut. Namun dengan catatan, akun IG tersebut tidak di-private ya!

Cara Mengoptimalkan Hashtag Instagram Agar Banyak Like

  • Menemukan hashtag Instagram yang tepat.

  • Memantau penggunaan hashtag pesaing kalian.

  • Menentukan jumlah hashtag yang tepat untuk digunakan di Instagram.

  • Menggunakan hashtag di Instagram Stories.

  • Membuat dan menggunakan hashtag khusus brand kalian.

  • Membuat dan menggunakan hashtag contest.

  • Jangan lupa menggunakan hashtag umum.

  • Gunakan timely hashtag untuk peristiwa yang sedang atau akan terjadi.

  • Membuat dan menggunakan hashtag yang menghibur.

  • Menggunakan hashtag di bio profil bisnis Instagram kalian.

  • Menggunakan hashtag di kolom komentar.

  • Membuat dan menjalankan campaign berbasis hashtag.

  • Menggunakan laman Explore Instagram.

  • Menganalisis kinerja hashtag.

Instagram mengizinkan hingga 30 hashtag dalam setiap postingan. Tetapi, menggunakan 30 tagar sekaligus dalam postingan kalian bisa menjadi spam. Hal terbaik yang bisa kalian lakukan saat posting sesuatu di Instagram adalah menggunakan campuran hashtag populer dan khusus yang lebih fokus pada kualitas dibanding kuantitas. Setidaknya targetkan untuk menyisipkan sekitar 5-10 hashtag yang relevan per posting.

Sebaiknya hindari memasukkan hashtag yang kurang relevan dengan bisnis atau brand kalian. Sebagai contoh, jika bisnis kalian seputar makanan, hindari memasukkan hashtag seputar fashion, seperti #fashion, #TBT, #Photooftheday, dan semacamnya. Meskipun hashtag-hashtag tersebut memiliki viewers atau engagement yang tinggi, hashtag tersebut tidak relevan dengan brand kalian.

Selain itu, usahakan untuk mengunggah postingan Instagram pada waktu yang tepat. Hal ini bertujuan supaya post kalian bisa dilihat oleh banyak audiens. Biasanya setiap media sosial mempunyai waktu-waktu tertentu yang produktif untuk mengirim postingan. Pastikan kalian melakukan riset terlebih dahulu demi menemukan jadwal posting yang terbaik.

Kalian juga dapat bereksperimen dan berkreasi sebebas mungkin dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram, mulai dari posting foto-foto yang menarik, mengunggah Story, Reels, mengadakan polling, atau bahkan melakukan Live untuk meningkatkan keterlibatan followers. Saat ini promosi melalui Live Instagram bahkan sedang populer untuk berinteraksi secara real-time dengan audiens kalian.

Contoh Penggunaan Hashtag Instagram di Berbagai Industri

Makanan

hashtag instagram makanan

Sumber gambar: Freepik

Jika kalian berbisnis katering, maka dalam sebuah postingan di Instagram kalian bisa menuliskan beberapa hashtag dengan kata kunci yang relevan dengan usaha kalian. Misalnya menggunakan hashtag umum seperti #catering, kemudian sisipkan juga hashtag dengan niche #cateringjakarta #cateringharian #cateringmurahjakarta, dan jangan ketinggalan untuk menyertakan hashtag dengan nama brand atau merek kalian.

Kecantikan

hashtag instagram kecantikan

Sumber gambar: Freepik

Lingkup bisnis kecantikan saat ini pun sangat luas. Apabila kalian baru merintis usaha di bidang salon atau klinik kecantikan misalnya, kalian tentu harus menyertakan hashtag yang topiknya masih seputar kecantikan. Penyertaan nama kota, jenis treatment (perawatan) yang kalian tawarkan, serta detail-detail penting lainnya perlu kalian masukkan ke postingan agar promosi yang kalian lakukan bisa meraup banyak calon pelanggan potensial.

Tourism

hashtag instagram tourism

Sumber gambar: Freepik

Sektor bisnis lain yang juga memerlukan engagement tinggi adalah tourism. Agar bisnis pariwisata yang kalian tawarkan bisa menjangkau banyak orang dari dalam maupun luar negeri, tentunya pemilihan hashtag yang tepat jadi hal yang utama.

Contohnya jika kalian memiliki usaha sebagai tour guide, maka penggunaan hashtag Instagram dengan kombinasi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tak boleh kalian lewatkan. Contohnya, selain hashtag #wisataindonesia, kalian juga bisa bereksperimen dengan hashtag lain seperti #travelindonesia, #wonderfulindonesia, #exploreindonesia, dan masih banyak pilihan hashtag Instagram lainnya agar banyak like.

Kesimpulan

Hashtag Instagram dapat membantu meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan membuat bisnis kalian lebih dikenal di Instagram. Tidak ada yang bisa menyangkal efektivitas penggunaan hashtag Instagram agar banyak like. Terlebih karena hashtag sekarang telah menjadi salah satu alat pemasaran paling efektif untuk brand dan fitur penting Instagram.

Singkatnya, hashtag Instagram adalah alat penting untuk mempromosikan brand kalian di Instagram. Hashtag dapat membantu meningkatkan visibilitas brand, menarik audiens yang lebih tertarget, dan meningkatkan kesadaran merek.

Kalian bisa menganalisis setiap postingan untuk mengetahui mana kira-kira hashtag Instagram yang pas agar banyak like. Dengan demikian, kalian bisa menggunakan hashtag itu lagi pada postingan yang akan datang.



Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

6 Strategi Pemasaran e-Commerce Menggunakan Influencer

Next
Next

Perkembangan Teknologi Informasi Perbankan: Mendorong Transformasi Industri Keuangan