5 Tools AI untuk Content Creator 2024

ai tools content creator

Sumber gambar: Freepik

Di tahun 2024, pekerjaan di industri kreatif semakin di lirik para job hunter, yang salah satunya adalah menjadi content creator. Content creator menciptakan konten dalam berbagai bentuk, tidak hanya berupa foto dan video, namun juga blog, podcast, ilustrasi, animasi, musik, dan lain sebagainya. Selain karena bisa mengekspresikan kreativitas, banyak orang tergiur dengan besarnya potensi pendapatan yang bisa dihasilkan.

Di sisi lain, hadirnya Artificial Intelligence (AI) semakin memudahkan content creator untuk berkarya dan memaksimalkan potensi mereka dengan mengambil berbagai kesempatan yang ada. Berikut adalah beberapa tools AI yang bisa kalian manfaatkan untuk mengembangkan konten kalian sebagai content creator.



Apa itu Tools AI?

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan pengembangan sistem yang mampu beroperasi secara mandiri, bisa mengikuti perkembangan zaman, belajar dari pengalaman, dan melakukan hal - hal yang membutuhkan kecerdasan manusia. AI dibuat berdasarkan rentetan format kode atau coding sehingga mampu bertindak layaknya manusia. Sebenarnya, kita sudah sering menjumpai AI dalam kehidupan sehari-hari, sadar atau tidak sadar.

Contohnya saja adalah ketika kamu berinteraksi dengan Google Assistant, Siri, atau Alexa. Lalu, munculnya rekomendasi produk yang sedang kamu cari. Hal-hal tersebut dapat terjadi karena konsep AI, yaitu data mining yang mengumpulkan data kebiasaan pengguna dan AI akan merekomendasikan produk yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pengguna.

Dengan demikian, tools AI adalah perangkat yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk membantu berbagai kegiatan dan tugas manusia. Melalui teknologi yang ada, AI masih terus akan mengalami perkembangan yang baik ke depan. Tools AI mencakup berbagai macam aplikasi, yaitu: 

  1. Pengolahan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP) untuk memahami bahasa manusia secara alami. 

  2. Computer vision untuk memahami gambar dan video. 

  3. Analisis data untuk mengolah dan menganalisis data dalam skala besar. 

  4. Machine learning yang menyediakan kerangka kerja dan algoritma.

  5. Automasi proses yang meng otomatis kan tugas berulang.

  6. Pengenalan suara yang memahami dan memproses ucapan manusia

  7. Chatbot dan asisten virtual untuk berkomunikasi secara otomatis dengan penggunanya.

Meskipun belum sempurna, namun AI sudah sering dianggap sebagai ancaman bagi masyarakat. Hal ini disebabkan oleh ketakutan terhadap potensi hilangnya pekerjaan yang membutuhkan manusia. Namun, seiring dengan adanya edukasi, banyak masyarakat mulai sadar bahwa sebenarnya AI dapat dimanfaatkan sebagai alat yang mendukung produktivitas manusia.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Mengatasi Burnout sebagai Cara Menjadi Content Creator yang Sukses: 5 Kebiasaan Penting

Manfaat Tools AI bagi Content Creator

Tools AI yang tengah beredar saat ini menyajikan berbagai kemudahan untuk para content creator. Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan tools AI.

1. Efisiensi Waktu dan Biaya

Dengan AI, kalian jadi bisa menghemat waktu dan biaya ketika sedang berada di tahap pra produksi, produksi, ataupun pasca produksi. tools AI dapat memproses suatu hal lebih cepat. Contohnya adalah membantu menemukan kesalahan yang ada pada konten.

2. Referensi Ide Konten

Kamu juga bisa memanfaatkan ini sebagai alat diskusi ketika sedang melakukan brainstorming. Hal ini bermanfaat untuk mendapatkan ide-ide dari perspektif lain dan dapat dijadikan sebagai referensi pembuatan konten.

3. Menyajikan Konten yang Lebih Berkualitas

Sebagai Content creator, kalian pasti ingin konten kalian bisa dinikmati oleh audiens kalian. AI juga dapat membantu kalian dalam hal menyajikan konten yang berkualitas, contohnya saja meningkatkan kualitas suara dengan menurunkan noise.

4. Menyajikan Konten yang Relevan untuk Pengguna

Terkait dengan personalisasi konten, tools AI  dapat memberi kalian rekomendasi ide konten yang relevan sesuai dengan preferensi dan perilaku kalian ataupun audiens kalian. Dengan ini kalian bisa meningkatkan pengalaman maupun engagement dengan audiens kalian.

5 Tools AI yang Tidak Boleh Dilewatkan Content Creator

Tampilan visual dari suatu konten menjadi daya tarik tersendiri untuk penonton. Synthesia merupakan salah satu tools AI yang dapat membuat video dengan menggabungkan teks dengan visual manusia yang realistis.

Kelebihan Synthesia adalah efisiensi waktu dengan menghasilkan video lengkap dengan

animasi visual dan narasi suara dengan cepat, serta efisiensi biaya karena tidak perlu membayar jasa narator atau penerjemah. Platform satu ini juga mendukung pembuatan video dengan kurang lebih 120 bahasa. Meskipun begitu, karena menggunakan suara AI, output yang dihasilkan berupa mimik dan suara mungkin kurang ekspresif dibandingkan manusia asli.

1. Chat GPT

Tools AI yang sering menjadi omongan banyak orang belakangan ini karena sangat memudahkan dalam pengerjaan tugas, terutama dalam hal penulisan. Dengan menggunakan teknologi pemodelan bahasa generatif, Chat GPT dapat menghasilkan teks yang mirip dengan tulisan manusia berdasarkan input dan konteks yang diberikan. Cukup dengan menuliskan perintah secara lengkap, maka kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap dari situ.

Tools AI ini cocok untuk content creator yang sedang burnout memikirkan konsep ataupun skrip untuk konten. Chat GPT bisa kalian manfaatkan sebagai alat diskusi dari segala pertanyaan yang ada di benakmu. Meski begitu, terkadang Chat GPT memberikan informasi yang kurang akurat, karena tidak adanya referensi yang bisa mereka pakai untuk menjawab pertanyaan kalian.

2. Adobe Podcast

Adobe Podcast adalah platform perekaman dan pengeditan audio berbasis AI yang dapat digunakan oleh content creator untuk membuat podcast. Dalam alat ini, kamu dapat membuat, mengedit, dan mengoptimalkan kontenmu.

Melalui penggunaan Adobe Podcast, content creator bisa mengoptimalkan kualitas audio pada podcast mereka agar terdengar lebih profesional secara gratis. Meski begitu, banyak orang yang mengeluhkan AI yang satu ini karena terbatasnya fitur untuk mengedit audio secara lebih detail.

3. Tome AI

Tome AI merupakan alat yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan presentasi yang menarik dengan bantuan AI dengan cepat dan mudah. Caranya cukup mudah, hanya dengan memberikan tema materi yang ingin kamu buat, kemudian AI ini akan memberikan file berupa presentasi yang di dalamnya berisi materi yang kamu minta dengan lengkap.

Tools AI ini akan sangat berguna bagi content creator yang sedang mempersiapkan presentasi untuk pitching dengan brand agar tampak lebih profesional, terutama dalam hal desain deck. Namun adapula kekurangan dari AI yang satu ini adalah terbatasnya atau kurangnya fleksibilitas kalian dalam mengkustomisasi tampilan presentasi sesuai dengan keinginan kalian.

4. VEED.IO

VEED.IO bisa menjadi pilihan yang menarik bagi content creator yang meproduksi konten dalam bentuk video ataupun sedang mencari tools edit video. Selain itu, kamu bisa menambahkan subtitle secara otomatis, efek khusus, menggabungkan klip, dan melakukan pengolahan lainnya.

Alasan VEED.IO digemari oleh banyak orang adalah karena kemudahan penggunaannya, bahkan kamu tidak perlu memiliki pengalaman mengedit video sebelumnya. Namun meski begitu, VEED.IO masih terbatas dalam hal kustomisasi dan perlu membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

5. Jasper AI

Jasper AI dapat dimanfaatkan sebagai asisten kalian untuk membuat script konten ataupun copywriting, seperti artikel blog, caption media sosial, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, AI yang satu ini cocok untuk content creator yang sering kesulitan dalam penulisan kreatif dalam berbagai bahasa.

Jasper AI menawarkan konten berkualitas dalam lebih dari 25 bahasa, yang juga disesuaikan dengan kaidah Search Engine Optimization (SEO). Meskipun begitu, tools yang satu ini masih berpeluang membuat kesalahan dalam menyusun kontennya.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Tools AI bagi Content Creator

Kamu telah mengetahui berbagai macam nama alat AI sebagai penunjang-mu. Sekarang, mengetahui tentang cara memaksimalkan penggunaan tools AI merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

Sebelum terjun dalam mencoba tools AI, sebaiknya cari tahu tentang segala fitur - fiturnya agar kalian dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tujuan dari konten yang akan kalian buat. Lalu, jangan malas untuk membaca panduan yang tersedia pada masing-masing tools AI. Guna menghasilkan konten yang lebih kreatif dan unik, kamu bisa menyatukan satu tools dengan tools lainnya. Setelah menggunakan tools AI, lakukanlah evaluasi terhadap output yang dihasilkan.

Content Creator juga perlu terus mengikuti perkembangan teknologi AI agar tidak ketinggalan mengenai fitur-fitur baru yang mungkin akan muncul ke depannya. Ingat bahwa pemanfaatan tools AI ini akan lebih maksimal ketika kamu juga menggabungkannya dengan kreativitas kalian sendiri demi memaksimalkan output yang lebih menarik. Oleh karena itu, tetap tetap gunakan ide-ide kreatif dan sentuhan personal dari perspektif kalian sebagai manusia.

Kesimpulan

Di tengah kompetisi dalam industri hiburan, content creator semakin didorong untuk memproduksi konten yang kreatif, out of the box, dan menarik pengguna. Hadirnya tools AI seringkali membantu para pembuat konten dalam berbagai hal secara lebih cepat. Oleh karena itu, pemanfaatan alat ini tidak boleh diabaikan.

Content creator dapat mendapatkan manfaat dari banyak tools AI, seperti Synthesia, Chat GPT, Adobe Podcast, Tome AI, VEED,IO, Jasper AI, dan sebagainya. Setiap alat yang

dipaparkan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentukan alat mana yang cocok untuk kamu dengan mencobanya sendiri. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan sebagai penghasil konten. Investasikan waktumu sekarang untuk mencobanya sendiri, kemudian tentukan alat yang paling berharga bagimu dan gunakan secara bijak. Selamat mencoba!

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

7 Strategi Membangun Relasi dengan Influencer untuk Kegiatan Marketing

Next
Next

Contoh Instagram Ad: Studi Kasus Berbagai Brand di Indonesia