Contoh Instagram Ad: Studi Kasus Berbagai Brand di Indonesia

Di Indonesia, Instagram adalah media sosial terpopuler keempat setelah Youtube, Facebook, dan TikTok.

Dikutip dari DataReportal, di awal tahun 2023 pengguna Instagram di Indonesia mencapai 89 juta atau 32,2% dari total populasi.

Berdasarkan statistik yang dibuat SocialInsider, pengguna Instagram Indonesia di dominasi oleh kaum remaja akhir umur 18-24 tahun (36,4% dari total penduduk), diikuti oleh kaum dewasa awal berusia 25-34 (31,2% dari total penduduk). Sedangkan dalam hal jenis kelamin, perempuan sedikit lebih mendominasi platform ini ketimbang laki - laki (52,45%).

Sumber: SocialInsider

Instagram memiliki begitu banyak pengguna di Indonesia.

Tidak heran jika banyak brand juga menyasar Instagram sebagai media pemasarannya. Akan sulit menemukan hari, dimana kamu bisa menggunakan Instagram tanpa sekalipun menemukan Instagram ads di feed atau stories kalian.

Lalu, Instagram ads seperti apa sih yang tepat untuk menyasar masyarakat Indonesia?

Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa contoh ads yang efektif dari berbagai brand dalam merangkul audiens baru di Indonesia



Contoh Instagram Ads ① Kopi Kenangan (Brand Kopi)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, minum kopi telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat di Indonesia, dan berbagai brand kopi maupun kedai kopi bermunculan.

Kopi Kenangan yang berdiri di tahun 2017 adalah salah satu brand kopi yang sukses di Indonesia.

Yang membuat masyarakat terpincut dengan brand kopi yang satu ini adalah pilihan menu yang cocok dengan selera pencinta kopi, serta penamaannya yang unik.

Misalnya, kopi susu gula aren yang dinamakan Kopi Kenangan Mantan. Menu yang satu ini merupakan salah satu menu best-selling di franchise ini.

Video tips alokasi budget yang terbatas untuk hasil yang maksimal sedang menjadi tren di Indonesia. Kopi Kenangan tidak mau melewatkan ombak tren tersebut, dengan membuat konten bertemakan “Menghabiskan weekend di Jakarta dengan budget Rp 50ribu saja”

Tentunya mereka juga memperkenalkan kopi mereka di konten tersebut.

Tentunya konten seperti ini akan lebih menghibur untuk audiens, karena mereka melihat orang yang benar - benar minum dan menikmati menu yang disajikan brand, bukan hanya produknya saja.

BACA JUGA : TikTok Marketing: 5 Fakta untuk Membuat Campaign yang Sukses

Contoh Instagram Ads ② Rollover Reaction (Kosmetik)

Brand yang satu ini menjual berbagai macam produk kosmetik, dimana ini akan membuat konsumen bingung untuk memilih produk mana yang paling tepat untuk mereka. Maka dari itu konten yang bersifat “memberi rekomendasi”, untuk membantu konsumen memilih produk yang tepat, diperlukan pada brand ini. Oleh karena itu, banyak brand serupa yang menggunakan influencer marketing untuk mempromosikan produk mereka.

Namun, Rollover Reaction brand makeup lokal Indonesia mengambil pendekatan yang sedikit berbeda. Tidak hanya mengandalkan influencer, tapi terkadang konten - konten rekomendasi ini juga dibawahakn oleh staf mereka sendiri.

Direkomendasikan oleh staf Rollover Reaction

Direkomendasikan oleh influencer

Konten seperti ini membantu konsumen menemukan produk yang tepat untuk mereka. Selain itu, staf Rollover Reaction sendiri memiliki product knowledge yang lebih banyak, dimana ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat.

Contoh Instagram Ads ③ Tokopedia (E-Commerce)

User Generated Content (UGC) atau konten yang sifatnya mengulas produk dinilai lebih efektif dibandingkan bentuk konten promosi lainnya. Hal ini tidak lain dikarenakan, tidak hanya memberikan value proposition dari produk, tapi konten jenis ini juga memperkenalkan cara menggunakan dan cara kerja produk tersebut.

Tokopedia, situs e-commerce terbesar di Indonesia, menggunakan strategi ini untuk mempromosikan produk yang mereka jual di situsnya.

Video ini menampilkan kegunaan salah satu barang unik yang dijual di platform ini, yaitu alat kupas kuaci. Menariknya lagi, Tokopedia menggunakan seorang influencer yang dekat dengan generasi Z, menyesuaikan dengan target audiens dari barang itu sendiri, di dalam konten tersebut.

Jika kalian ingin melakukan pendekatan yang serupa, kalian sebaiknya memanfaatkan influencer marketing platform dari Slice, yang dirancang untuk membantu brand menemukan influencer yang sesuai dengan kebutuhan campaign dan konten kalian.

Contoh Instagram Ads ④ Spilla Jewelry

Brand tidak boleh mempromosikan produknya secara langsung. Itulah yang dilakukan Spilla Jewelry, sebuah brand perhiasan kustom.

Untuk memilih cincin kawin, pelanggan perlu mengetahui beberapa informasi mengenai cincin yang mereka pilih. Maka dari itu, brand ini kerap membuat postingan yang bersifat informatif, untuk memberikan informasi kepada konsumen seputar bahan cincin tersebut, dan alasan mengapa mereka memilih bahan tersebut.

Postingan berbagai pertanyaan seperti “Sepasang gini harganya brpa ka” atau “Kalau untuk cincin silver apakah bisa di repair?”

Postingan seperti ini akan mengundang rasa penasaran audiens untuk mencari tahu lebih detail. Ada pula konten yang bersifat informasional ini akan dapat meningkatkan engagement.

Kesimpulan

Setiap perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda - beda dalam mempromosikan produk mereka di Instagram. Beberapa dari mereka hanya sekedar memotret produknya lalu mempostingnya di story mereka, ada pula yang menggunakan video reel, dan membuatnya tampak menyenangkan.

Namun, dengan memadukan dengan tren terkini di Indonesia seperti beberapa contoh yang telah kami sediakan di atas, kalian mungkin akan mendatangkan lebih banyak audiens baru ke profil kalian.

Contoh yang disajikan di sini hanya beberapa contoh kecil dari Instagram ads, masih banyak pendekatan lain yang bisa kalian lakukan untuk memikat masyarakat Indonesia. 

Ada pula konten kalian akan mendapatkan lebih banyak peminat jika menyertakan influencer di dalamnya. Dengan Slice, kalian bisa menemukan influencer yang kalian paling butuhkan untuk campaign kalian!

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

5 Tools AI untuk Content Creator 2024

Next
Next

Creator Media Kit by Slice: Rate Card Endorsement yang Dinamis untuk Konten Kreator