10 Aplikasi Content Creator Terbaik 

aplikasi content creator

Sekarang ini, menjadi content creator bukan hanya sekedar hobi atau iseng saja.  Profesi ini kini banyak diburu oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin mulai menjadi content creator, pastikan kalian sudah menyiapkan aplikasi content creator yang akan mendukung produktivitas kalian saat membuat konten.

Siapa Saja yang Bisa Disebut Content Creator?

Content creator secara bahasa adalah orang yang memiliki profesi membuat konten. Dalam hal ini konteksnya membuat konten untuk diunggah atau di share di media sosial. Yang terbilang content creator diantaranya adalah influencer Instagram, Youtuber, TikToker, hingga seorang blogger. Mereka membuat konten sesuai dengan passion dan keahlian mereka.

Dalam dunia content creator, karya yang mereka buat tak jauh dari produk tulisan, gambar, foto, hingga video. Oleh karena itu diperlukan tools khusus yang bisa membantu dalam membuat konten-konten tersebut. 

Di Play Store, App Store, ataupun katalog aplikasi lainnya, tersedia berbagai aplikasi content creator yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan kalian. Namun terlalu banyak pilihan aplikasi content creator mungkin justru akan membuat kalian bingung. Slice akan memberikan 10 aplikasi content creator yang dijamin berkualitas dan bisa membantu kalian dalam membuat konten. Simak selengkapnya di bawah ini;

Rekomendasi 10 Aplikasi Content Creator

1. Lightroom Editor Foto & Video

Untuk mengedit foto, kalian bisa menggunakan Lightroom. Meski bisa juga digunakan untuk mengedit video, Lightroom lebih populer sebagai aplikasi edit foto. 

Lightroom merupakan aplikasi besutan Adobe yang praktis untuk digunakan mengedit foto agar terlihat lebih estetik dan enak dilihat. Lightroom menawarkan berbagai fitur seperti penghapusan obyek, perbaikan background, filter foto, hingga berbagai preset untuk memperbaiki tampilan foto atau video.

Fiturnya yang dapat membaca file foto mentah membuat Lightroom cukup banyak disukai fotografer. Hal ini tentunya lebih mempermudah kalian ketika mengedit foto dari kamera digital. Fitur edit foto yang tersedia di Lightroom pun sangat lengkap. Interface Lightroom juga user-friendly, baik untuk pemula sekalipun. Salah satu keunggulan utama Lightroom adalah, bisa menyimpan preset pribadi. Selain itu banyak preset-preset estetik lain yang bisa kalian dapatkan di internet.

BACA JUGA: Cara Menjadi Content Creator yang Sukses: 5 Kebiasaan Penting

interface aplikasi content creator lightroom

2. Canva

Canva merupakan aplikasi wajib bagi content creator. Canva memiliki segudang fitur terkait desain. Tak hanya untuk foto, Canva juga bisa dipakai untuk mengedit atau membuat video.

Canva memiliki ratusan ribu template yang dapat memudahkan dan memberi inspirasi desain. Fitur-fitur pengeditan foto juga terbilang komplit dan profesional. Canva memiliki sangat banyak pilihan fonts atau huruf yang bisa membuat desain kalian lebih menarik dan unik.

Canva menawarkan 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Buat kalian yang merupakan content creator pemula, tak perlu khawatir, Canva gratis pun sudah memiliki fitur-fitur mumpuni untuk mempermudah saat membuat konten.

aplikasi content creator canva

3. Procreate

Untuk content creator yang suka menggambar ilustrasi menggunakan iPad, maka aplikasi content creator Procreate ini akan sangat cocok untuk kalian. Procreate adalah aplikasi kreatif yang memungkinkan penggunanya menggambar ilustrasi dengan lebih mudah.

Procreate menawarkan berbagai model brush yang bisa memudahkan para ilustrator untuk membuat visual yang mereka inginkan. User interface Procreate pun bisa dibilang friendly sehingga pemula tak akan kesulitan saat menggunakannya.

Dengan menggunakan Procreate kalian bisa membuat konten-konten viral seperti Draw my Life. Hal itu karena Procreate memungkinkan penggunanya untuk merekam proses pembuatan ilustrasi menjadi sebuah video timelapse.

Sedikit kekurangannya mungkin Procreate tidak tersedia secara gratis, sehingga kalian harus membayar apabila ingin menggunakannya. Meski demikian, modal selalu diperlukan untuk sebuah kemajuan bukan?

interface aplikasi content creator procreate

4. PicMonkey

PicMonkey merupakan aplikasi yang cocok untuk mengedit foto menjadi konten-konten yang lebih berbicara. PicMonkey memiliki berbagai fitur seperti kolase foto, tema-tema unik, teks kreatif, efek-efek kekinian, hingga membuat animasi dari foto.

PicMonkey juga menyediakan fitur - fitur unik yang jarang sekali tersedia di aplikasi lain. Fitur tersebut membuat konten buatan kalian akan terlihat lebih eksklusif dan profesional. PicMonkey ini juga sangat cocok apabila kalian ingin membuat banner yang bertujuan untuk menarik perhatian followers. Karena PicMonkey menyediakan fitur-fitur yang bisa membuat desain kalian lebih catchy. 

interface aplikasi content creator picmonkey

5. PhotoRoom

PhotoRoom merupakan aplikasi edit foto yang bisa dijadikan pendamping aplikasi lain. Apabila kalian membutuhkan fitur menghapus background foto yang gratis, maka kalian bisa menggunakan PhotoRoom.

Tak hanya populer sebagai penghapus background, PhotoRoom terkenal cocok untuk kalian yang suka mengkreasikan foto produk.

PhotoRoom memiliki berbagai template yang memudahkan kalian dalam membuat foto produk yang profesional. Bahkan ada template yang khusus untuk berbagai toko online populer.

interface aplikasi content creator photoroom

6. InShot

InShot merupakan aplikasi content creator yang cocok buat kalian yang ingin mengedit video secara sederhana. Pilihan filter, transisi, dan template yang beragam membuat video yang kalian buat akan menjadi lebih menarik.

InShot akan memudahkan kalian menentukan ukuran video. Sehingga akan lebih fit dengan ketentuan di media sosial yang kalian inginkan. InShot juga menyediakan berbagai macam sound effect sehingga video kalian akan terlihat lebih profesional. Salah satu kelemahan InShot adalah belum mendukung video 4K.

interface aplikasi content creator inshot

7. CapCut

CapCut sangatlah populer di antara para content creator. Aplikasi ini terkenal dengan aneka fitur editing video yang mendekati aplikasi untuk profesional. Meski demikian, CapCut masih tetap sangat nyaman digunakan untuk pemula. Ramahnya interface CapCut membuat aplikasi content creator ini sangat diminati.

Inovasi berbagai filter dan efek transisi yang disediakan CapCut merupakan salah satu keunggulan aplikasi ini. Fitur bantuan menggunakan artificial intelligence (AI) juga merupakan fitur lain dari CapCut.

CapCut memiliki fitur seperti media sosial yang menampilkan video-video hasil kreasi pengguna CapCut. Fitur tersebut menjadi seperti katalog, sehingga kalian bisa menggunakan template-template yang dibuat oleh pengguna CapCut lain. Sehingga konten yang kalian buat tidak akan membosankan.

interface aplikasi content creator capcut

8. iMovie

iMovie merupakan aplikasi editing video yang ekslusif untuk pengguna iPhone. Aplikasi ini dianggap sebagai salah satu aplikasi editing video terbaik untuk iPhone. Apabila gadget kalian iPhone, maka cobalah untuk menggunakan iMovie.

Aplikasi content creator ini menyajikan beragam template yang akan sangat memudahkan untuk membuat berbagai tipe video, mulai dari trailer hingga video bertema keluarga.

iMovie punya keunggulan dalam fitur time-lapse, kalian akan sangat dimudahkan saat akan membuat video time-lapse. Selain itu tentunya terdapat juga berbagai transisi dan efek yang akan membuat video kalian lebih keren.

iMovie cocok untuk kalian baik yang pemula maupun profesional. Aplikasi content creator ini sudah bisa digunakan untuk mengedit video hingga resolusi 4K.

interface aplikasi content cretor iMovie

9. Trello

Saat menjadi content creator, jangan hanya berfokus pada pembuatan konten saja. Kalian harus memiliki sistem kerja yang jelas dan mencatat apa yang dibutuhkan dan harus dilakukan untuk mendukung aktivitas sebagai content creator. Hal tersebut bisa dilakukan menggunakan aplikasi Trello.

Trello akan memudahkan kalian mencatat pekerjaan yang perlu kalian selesaikan pada waktu tertentu. Kalau kalian sudah memiliki tim, maka Trello juga bisa digunakan untuk lembar kerja bersama, sehingga pekerjaan atau tugas tim kalian bisa dipantau perkembangannya.

interface aplikasi content creator trello

10. ChatGPT

Meski secara umum bukan aplikasi yang harus diinstall, ChatGPT adalah fitur penting yang bisa membantu kinerja content creator. Kalian bisa berdiskusi dengan ChatGPT untuk kepentingan pengembangan konten-konten kalian.

Sebagai chatbot berbasis AI, ChatGPT bisa memudahkan dan menghemat waktu kalian dalam menyusun kerangka konten atau menentukan logika berpikir untuk konten-konten kalian.

interface aplikasi content creator ChatGPT

Itulah 10 aplikasi content creator yang bisa membantu kalian dalam membuat konten. Beberapa aplikasi memiliki kesamaan fungsi atau hanya bisa dipakai di gadget tertentu saja. Kalian dibebaskan untuk memilih beberapa aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan kalian dan juga cocok dengan spesifikasi gadget yang kalian gunakan.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Lagu Viral Terbaik untuk Story IG

Next
Next

Bagaimana Caranya Live di TikTok?