Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers - Rahasia 2024

Sumber gambar: Freepik

Bagi kalian para konten kreator yang sedang mencari cara baru untuk berinteraksi dengan viewers, kalian mungkin bisa mencoba melakukan live di TikTok. TikTok adalah platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat yang menawarkan banyak hal kepada konten kreator dan brand, terutama dalam menggaet audiens. Salah satunya adalah dengan fitur Live-nya.

Dengan Live di TikTok, kalian bisa terhubung dengan audiens secara real time dan menunjukkan sisi asli diri kalian yang belum pernah audiens lihat sebelumnya. Nah agar lebih paham, mari kita simak lebih lanjut mengenai fitur Live, cara mengaksesnya, serta cara live di TikTok tanpa 1000 follower.



Apa Itu Live di TikTok?

TikTok Lives adalah video langsung yang disiarkan di bagian TikTok LIVE pada aplikasi. Fitur live stream ini memberikan kesempatan konten kreator TikTok untuk berinteraksi dengan followers mereka secara langsung dan instan.

Gunakan TikTok Lives dengan benar, dan kamu dapat merespons pengguna yang menonton livemu dengan banyak cara yang menyenangkan dan kreatif. Misalnya, kamu bisa menjawab pertanyaan atau komentar, menjual produk, mempromosikan bisnis, menerima gifts (hadiah), dan masih banyak lagi.

Bayangkan TikTok Live sebagai video live streaming yang setara dengan video Facebook Live dan video Instagram Live. Hanya beberapa konten kreator yang memenuhi syarat yang dapat menggunakan fitur TikTok LIVE, namun kalian bisa merasakan banyak manfaat besar kalau memenuhi syarat. TikTok Live bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghasilkan uang atau mempromosikan produk.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Instagram Live Untuk Memancing Customer

Keuntungan Live di TikTok

Ada beberapa alasan mengapa kalian mungkin perlu melakukan live streaming di TikTok. Beberapa keuntungan yang ditawarkan antara lain:

  • Cara yang efektif untuk terhubung dengan audiens kalian: Live streaming adalah cara yang sempurna untuk menjawab pertanyaan dan berinteraksi dengan audiens secara langsung, sehingga bisa membantu membangun kepercayaan dan memperdalam hubungan.

  • Mudah terekspos: TikTok memiliki fitur seperti Weekly Rankings, di mana mereka memberi peringkat pada host live berdasarkan engagement dan mempromosikannya di TikTok. Ini dapat membantu kalian ditemukan oleh orang baru dan berkembang lebih cepat.

  • Menghasilkan uang di TikTok atau berdonasi: Jika kalian berusia 18+, viewers kalian dapat mengirimkan virtual gift selama live streaming, yang nantinya bisa kalian tukarkan dengan uang tunai. Simpan atau sumbangkan ke badan amal pilihan kalian.

Berapa Banyak Follower yang Dibutuhkan untuk Live di TikTok?

Untuk mengakses fitur Live di aplikasi TikTok, kalian harus memiliki minimal 1000 followers. Untuk mengakses beberapa fitur TikTok, seperti menambahkan tautan (link) ke bio profil, kalian dapat menemukan solusi lain seperti beralih ke akun Bisnis. Namun, dengan fitur Live, batasan minimum followers berlaku untuk akun Kreator dan Bisnis.

Cara Live di TikTok

Langkah 1: Buka For You page dan klik “+” di bagian bawah.

cara live di TikTok

Langkah 2: Di bagian bawah, scroll dari “Camera”, “Story”, “Template” ke “Live”.

Langkah 3: Kalau kalian sudah siap untuk melakukan live, tekan tombol live berwarna merah besar “GO LIVE.”

Langkah 4: Sedangkan untuk mengakhiri video live, kalian tinggal tap tombol “X” di sudut kiri atas streaming kalian.

Selama live, kalian akan memperoleh akses ke berbagai fitur video live seperti filter kamera, efek, opsi untuk membalik (flip) kamera, dan menambahkan filter ke komentar. Gunakan kamera TikTok untuk menambahkan efek supaya video live kalian lebih menarik secara visual.

Cara Live di TikTok Tanpa 1.000 Followers

Pengguna tanpa 1000 follower di TikTok tidak memiliki opsi live. Sekarang kabarnya ada cara untuk mendapatkan akses ke fitur Live tanpa minimal 1.000 followers. Namun perlu diingat bahwa ini bukan metode yang disetujui oleh TikTok dan tidak ada jaminan berhasil. Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Buka profil kalian dan klik menu garis tiga di pojok kanan atas.

langkah 1 live di tiktok tanpa 1000 followers

Langkah 2: Pilih Pengaturan dan Privasi.

Langkah 3: Scroll ke bawah ke Support & About dan pilih Report a problem.

langkah 3 live di tiktok tanpa 1000 followers

Langkah 4: Di bagian Topik, buka LIVE lalu pilih “How to start a LIVE”, dan pada bagian “Is your problem resolved?” pilih “No”, kemudian klik “Need more help?”.

langkah 4 live di tiktok tanpa 1000 followers

Langkah 4: Kirimkan feedback yang mengatakan bahwa sebelumnya, kalian bisa mengakses fitur Live tetapi tidak bisa lagi.

langkah 5 live di tiktok tanpa 1000 followers

Beberapa orang melaporkan bahwa trik ini berhasil dan memperoleh akses ke fitur Live tanpa 1000 follower.

Cara Live di TikTok Lewat PC

Melakukan live di TikTok lewat PC sebenarnya cepat dan sederhana. Kalian bisa melakukannya dengan salah satu dari 2 cara berikut:

  • Menggunakan software streaming pihak ketiga.

  • Gunakan TikTok LIVE Studio yang dipatenkan.

Kalau kalian ingin menggunakan software streaming pihak ketiga untuk live TikTok dan sudah memilih software yang tepat, ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi TikTok, lalu pilih tanda plus di bagian bawah layar. Klik LIVE.

  • Pilih judul dan efek filter yang ingin kalian gunakan.

  • Klik Cast to PC.

  • Setelah live streaming TikTok dimulai, kalian akan melihat stream key dan URL server. 

  • Buka software yang ingin digunakan, lalu cari tempat untuk mengedit jendela streaming.

  • Paste stream key TikTok kalian dan URL server ke kolom yang tepat dan simpan perubahan tersebut.

Langkah-langkah tersebut memungkinkan kalian memulai live streaming dari software pilihan kalian. Kemudian akan disiarkan langsung ke channel TikTok kalian. Alternatifnya bagi kalian yang ingin menggunakan software TikTok LIVE Studio:

  • Download software dari situs web TikTok. Install di komputer/laptop kalian.

  • Ketika instalasi selesai, centang kotak di sebelah Run TikTok LIVE Studio dan klik Finish.

  • TikTok LIVE Studio akan terbuka. Masuk dengan kredensial profil TikTok kalian.

  • Kalian harus menyiapkan perangkat lunak, seperti memastikan kamera dan mic kalian berfungsi. Atur setting sesuai kebutuhan.

  • Kemudian kalian dapat memulai live kapanpun kalian siap dengan mengklik ikon Create.

Persyaratan Lain untuk Live di TikTok

Selain memiliki minimal 1000 follower, ada 2 persyaratan lagi yang harus kalian penuhi untuk mengakses semua fitur live yang tersedia di aplikasi TikTok:

  • Harus berusia 16 tahun ke atas untuk dapat aktif di akun kalian.

  • Harus berusia 18 tahun ke atas untuk menerima gift dari penonton selama siaran live. Gifts (hadiah) adalah penawaran virtual yang nantinya bisa diuangkan.

Cara Melakukan Live dengan Orang Lain di TikTok

Fitur lain yang keren di TikTok adalah kalian bisa melakukan live bersama orang lain atau bergabung dengan konten kreator lainnya. Apabila kalian ingin bergabung dalam live teman atau konten kreator lain, prosesnya sangat sederhana:

  1. Buka For You page dan klik tombol LIVE di sudut kiri atas.

  2. Jelajahi live dan pilih live yang ingin kalian ikuti. Kemudian, temukan tombol multi-guest di bagian bawah untuk meminta bergabung dalam live.

Tips untuk Live di TikTok

1. Pilih waktu yang tepat

Ketika melakukan Live di TikTok, kalian sebaiknya perhatikan waktu terbaik untuk memulainya, yaitu ketika sebagian besar audiens sedang online dan siap untuk mengikuti sesi Live kalian.

Berikut adalah contekan waktu yang ramai pengguna di TikTok

Namun kalian sebaiknya tidak terlalu terpaku dengan jadwal jam FYP ini, karena sebenarnya waktu FYP yang tepat untuk setiap kreator berbeda - beda, tergantung dari audiens mereka. Jadi sebaiknya cari tahu jam FYP kalian sendiri, melalui analitik akun kalian yang bisa diakses melalui Creator Tools > Analytics > Followers > Follower Activity.

2. Keep It Short!

Berbicara tentang durasi Live di TikTok, 30 menit adalah waktu yang paling ideal. Karena selama 30 menit, seharusnya kalian sudah mendapatkan goal kalian, berinteraksi dengan audiens, menjawab pertanyaan yang ada, dan mengakhiri sesi Live kalian sebelum audiens merasa bosan atau terganggu.

3. Persiapan Matang

Meskipun audiens menonton live stream untuk menemukan konten natural tanpa naskah dan informal, namun kalian tetap harus membuat perencanaan yang matang sebelum memulainya. Ketika kalian ditonton secara langsung oleh ratusan hingga ribuan viewers, kalian mungkin akan merasa gugup. Jika kalian mempersiapkannya dengan matang, kemungkinan besar kalian akan tetap bisa membuat viewers berinteraksi setiap saat.

Jadi, tetapkan goal Live kalian, rencanakan apa yang akan lakukan, dan apa yang harus dikatakan selama Live di TikTok. Jika kalian ingin berbagi rekomendasi buku, artikel, atau sumber daya lainnya, siapkanlah semua link dan judulnya sehingga kalian bisa dengan mudah memberikannya kepada audiens.

4. Pencahayaan yang Baik adalah Kuncinya

Kualitas video yang baik cenderung membuat orang tertarik untuk menonton dan terlibat dalam sesi Live. Tentunya pencahayaan yang baik dapat membantu meningkatkan kualitas video kalian.

Jadi, pastikan kalian melakukan Live di depan jendela yang mendapat pencahayaan alami. Atau pertimbangkan untuk menyalakan lampu syuting atau menggunakan ring light.

5. Kurangi Background Noise dan Movement

Kalian pastinya ingin viewers kalian bisa mendengarkan suara kalian dengan jelas, bukan? Jadi, pastikan untuk memulai Live di tempat tenang yang tidak terlalu bising.

Selain itu, streaming dari satu lokasi lebih baik daripada streaming saat bepergian. Hal ini memastikan viewers kalian tidak mabuk perjalanan, dan akan lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan poin yang kalian katakan ketika kalian tidak terlalu banyak gerak dan fokus pada layar mereka.

6. Interaksi dengan Audiens

Saat Live di TikTok, habiskan waktu kalian untuk berinteraksi dengan audiens. Sapa siapa pun yang baru bergabung, ucapkan terima kasih atas gift, dan jawab pertanyaan apa pun di kolom komentar.

Ini menunjukkan kepada audiens bahwa kalian sangat mengapresiasi kehadiran mereka di sesi Live tersebut. Selain itu, dengan berinteraksi dengan audiens kalian akan dengan mudah menemukan topik baru untuk dibicarakan ketika kalian sudah kehabisan topik pembicaraan.

Ide TikTok Live untuk Konten Kreator

Berencana untuk live tapi kalian belum yakin harus mulai dari mana? Berikut beberapa ide untuk memulai live yang menyenangkan dan interaktif.

  • Live berisi wawancara dengan pakar atau seseorang yang menginspirasi.

  • Live bertema “How To”, yakni menjelaskan sesuatu yang membuat penonton penasaran. Misalnya tutorial memasak dan sebagainya.

  • Behind the scene. Misalnya menunjukkan seperti apa kegiatan “di balik layar” saat kalian menjalankan bisnis.

  • Sesi tanya jawab langsung (Q&A).

Kesimpulan

TikTok Live adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens kalian secara real time, membangun kepercayaan, sekaligus meningkatkan engagement. Untuk melakukan live di TikTok, umumnya kalian perlu memiliki 1.000 followers. Namun, ada juga cara live di TikTok tanpa 1000 followers yang bisa kalian coba.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Panduan Lengkap Instagram Insight 2024

Next
Next

20+ Selebgram Palembang Terbaik untuk Endorse