Cara Menggunakan Instagram Live Untuk Memancing Customer

instagram live

Sumber gambar: Freepik

Sejak dirilis pada tahun 2010, Instagram tumbuh pesat menjadi salah satu media sosial terbesar yang berbasis photo dan video sharing. Hal ini membuat Instagram menjadi tempat yang cocok untuk memperkenalkan atau menawarkan berbagai hal.

Berdasarkan data We Are Social, pada Juli 2023 Instagram mempunyai 2 miliar pengguna aktif di dalam platformnya. Indonesia sendiri menempati peringkat keempat terbesar dengan pengguna aktif yang mencapai 89,15 juta pengguna. Angka tersebut tentunya menjadi alasan yang kuat bagi brand untuk memaksimalkan marketing di Instagram.

Sejak perilisannya, Instagram sudah dikenal sebagai tempat yang potensial untuk memasarkan produk. Brand melalui akun resmi atau menggunakan influencer sudah sering mengunggah foto atau video terkait produk dan layanan mereka.

Namun kini foto dan video saja sudah tak cukup untuk menggaet pasar baru dan mempertahankan yang sudah ada. Harus ada terobosan baru agar marketing bisa kembali merasuk kepada para konsumen. Oleh karena itu para brand harus mampu menguasai teknik marketing menggunakan Instagram live.

Meski sudah dirilis sejak 2010, fitur Instagram live baru ada di semester akhir 2016. Pada waktu itu, fitur tersebut belum banyak digunakan karena termasuk fitur baru yang belum dikenal banyak orang.

Namun, kini dengan semakin cepatnya konektivitas internet, live streaming bisa dilakukan oleh hampir semua orang di manapun mereka berada. Pergeseran kebiasaan ini membuat Instagram live menjadi salah satu metode mumpuni yang layak dicoba untuk menggaet lebih banyak calon konsumen.

Cara Memaksimalkan Instagram Live

Meski terkesan mudah, menggunakan Instagram live untuk keperluan promosi harus dilakukan dengan persiapan yang matang dan teknik - teknik tertentu agar berjalan dengan efektif. Hal ini penting karena Instagram Live harus mampu menarik perhatian, sehingga membuka peluang penjualan produk.

BACA JUGA: Cara untuk Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas tentang cara-cara memaksimalkan Instagram live untuk menggaet lebih banyak pelanggan, simak selengkapnya di bawah ini;

1. Fokus Membangun Hubungan dengan Konsumen

Meski tujuan utamanya adalah konversi, kamu tidak boleh terlalu berfokus pada penjualan produk saat Instagram live. Kalian harus lebih fokus dalam berinteraksi, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan viewers kalian.

Berikan berbagai value menarik kepada viewers agar mereka tertarik untuk berinteraksi dengan kalian. Bangun komunikasi menjadi dua arah dan usahakan hubungan baik terus terjalin bahkan hingga live streaming selesai.

Melalui hubungan baik itu followers akan menganggap kalian atau brand kalian adalah jawaban dari kebutuhan mereka.

2. Tentukan Topik Instagram Live

Mengadakan Instagram live bisa dibilang mirip dengan mengadakan webinar atau membuat kelas online. Kalian harus memiliki topik yang akan dibahas. Meskipun tujuannya berjualan, tentukan topik utama yang akan kalian bahas selama satu sesi Instagram live.

Sebelum live sebaiknya kalian dan tim mendiskusikan topik-topik yang akan dibawakan. Jika perlu, buatlah skema yang mencakup materi apa saja yang bisa dibahas untuk memperkenalkan produk yang kalian jual. Gunakan sudut pandang konsumen, apa saja yang mereka ingin ketahui tentang produk yang kalian  jual? Pertanyaan itu mungkin bisa menjadi satu metode untuk mengumpulkan materi Instagram live yang menarik.

Hindari menyiarkan Instagram live tanpa menyiapkan materi. Jangan sampai sesi Live kalian diisi dengan keheningan karena kehabisan topik pembicaraan. Kalau kalian terlalu sering melakukannya, hal ini akan berdampak buruk pada brand image kalian.

3. Gunakan Properti untuk Meningkatkan Kredibilitas

Gunakan set up yang unik dan properti yang lengkap agar Instagram Live terlihat lebih proper. Hindari memulai Instagram Live di ruangan kosong dengan latar belakang polos. Sebagai contoh, apabila kalian pengusaha toko alat elektronik, buat ruangan live kalian seperti sedang di toko. Atau jika memungkinkan live streaming saja di toko.

Tampilkan berbagai produk yang kalian jual, buat barang-barang yang sedang trending lebih mudah dilihat sehingga mengundang rasa penasaran penonton untuk terus berada di Instagram Live kalian.

jual baju di instagram live

4. Umumkan Jadwal Live Streaming 

Hindari melakukan Live Streaming secara spontan, atau tanpa pemberitahuan. Sebaiknya terlebih dahulu umumkan rencana Instagram Live kalian. Manfaatkan fitur Instagram yang bisa mengingatkan followers tentang upcoming event dari kalian.

Jangan hanya mengumumkan jadwal Live Streaming di Instagram saja. Manfaatkan semua media sosial yang kalian gunakan. Kalau bisa umumkan juga di website resmi bisnis kalian.

5. Gunakan Insight Instagram 

Manfaatkan data dari insight Instagram profesional. Sekarang Instagram sudah memberikan data terkait followers yang kita punya. Dari data tersebut bisa diketahui mayoritas followers berasal dari mana, jenis kelamin apa, rentang usia berapa, hingga paling aktif di hari dan jam berapa.

Data tersebut bisa digunakan untuk menentukan target market hingga menentukan hari dan waktu yang tepat untuk memulai Instagram Live.

6. Manfaatkan Fitur - Fitur Instagram Live

Saat sudah memulai sesi Instagram Live manfaatkan fitur yang beragam. Hal ini bertujuan untuk membantu kalian agar lebih mudah berkomunikasi dengan penonton.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah penggunaan fitur ask a question. Icon atau stiker ini memudahkan penonton untuk menanyakan apapun yang mereka ingin ketahui. Langkah ini juga mendukung usaha kita untuk membangun hubungan baik dengan target market kita.

7. Kolaborasi dengan Influencer

Instagram live akan lebih dinanti followers apabila menghadirkan sosok yang disukai atau dipandang banyak orang. Oleh karena itu manfaatkan fitur kolaborasi yang disediakan Instagram.

Kalian bisa mengundang influencer yang sudah lama dikenal sebagai pengguna produk atau jasa yang kalian tawarkan. Buat obrolan ringan terkait pengalaman pribadi sang influencer selama memakai produk kalian.

Gunakan kode-kode promo untuk memancing followers sang influencer melakukan pembelian dengan rentang waktu terbatas.

8. Kolaborasi dengan Pakar

Selain influencer, orang yang cukup banyak menarik perhatian adalah seorang pakar. Kalian bisa mengundang pakar yang mampu memberikan penjelasan ilmiah terkait produk yang kalian tawarkan. Hal ini sangat bagus untuk menambah integritas produk kalian.

Sebagai contoh apabila kalian berjualan produk kosmetik. Pakar yang kalian undang bisa menjelaskan bahan-bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut. Jelaskan deretan manfaatnya. Kalau memungkinkan bahas proses produksinya.

9. Kolaborasi dengan Konsumen

Mengajak konsumen untuk berkolaborasi saat Instagram live juga merupakan langkah positif untuk membangun hubungan baik. Gestur ini akan dilihat oleh konsumen kalian sebagai itikad baik brand kalian dalam menghargai pelanggan.

Ajak mereka tampil di live streaming, wawancara mereka terkait pengalaman saat menggunakan produk kalian. Konsumen akan secara otomatis membantu kalian berjualan tanpa kalian harus repot-repot menawarkan produk.

10. Jadwalkan Instagram Live Rutin

Setelah materi dan metode-metode optimasi Instagram live sudah kalian kuasai. Mulailah untuk melakukan live streaming secara rutin. Layaknya menanti serial televisi yang tayang setiap pekan, Instagram live kalian nantinya juga akan ditunggu oleh followers yang penasaran dengan value menarik apa yang akan kalian tawarkan saat live nanti.

11. Share ke IG Feed

Gunakan video live streaming sebagai konten untuk feed Instagram kalian. Setelah selesai live streaming, kalian masih bisa memanfaatkan video tersebut untuk konten di feed. 

Promosikan lagi konten tersebut setelah beberapa waktu. Ajak followers yang belum menonton untuk mengikuti pembahasan agar mereka tidak ketinggalan informasi terbaru.

Model Instagram Live yang Bisa Kalian Adaptasi

Setelah kalian memahami cara optimasi Instagram Live, di bawah ini Slice coba sajikan beberapa model konkret dari Instagram live yang bisa kalian adaptasi untuk menjadi topik rutin live streaming.

1. Tutorial Berseri

Secara alamiah, manusia suka dengan ilmu atau tips-tips baru. Oleh karena itu, menyelenggarakan tutorial berseri adalah salah satu tema yang sangat disukai. Cari tema tutorial yang kira-kira paling dicari oleh konsumen kalian. Buatlah tutorial secara berseri agar membentuk habit penonton untuk terus kembali setiap kalian melakukan Instagram live.

Kalau bingung ingin mengangkat tema tutorial apa lagi, gunakan fitur ask a question kemudian buat polling. Biarkan followers yang menentukan tema.

2. Wawancara Tematik

Wawancara tematik juga konsep yang cukup jamak dilakukan dan sangat menarik perhatian. Kalian bisa berkolaborasi dengan influencer atau pakar pada tema yang diangkat. Gunakan mayoritas waktu live streaming untuk membahas tema yang diangkat. Selipkan saja sedikit-sedikit momen untuk berjualan. Semakin terlihat tulus, penonton akan semakin berempati dan memberikan dukungannya kepada kalian.

3. Detail Produk

Instagram Live juga cocok untuk momen-momen pengenalan produk. Kalian bisa membahas secara mendetail tentang produk baru kalian. Jelaskan ukuran, bentuk, dimensi, hingga bahan dan manfaat yang didapat dari penggunaan produk tersebut.

Kalian juga bisa mengadakan demo tentang cara penggunaan dan respons setelah menggunakannya. 

menjelaskan detail produk di Instagram Live

4. Live Challenge

Tantangan atau challenge unik kerap menarik perhatian penonton, oleh karena itu tema ini layak diadaptasi dalam bentuk Instagram Live. Kalian bisa mengundang konsumen atau influencer untuk melakukan beberapa tantangan unik selama live streaming. 

live challenge di Instagram Live

5. FAQ

Salah satu pelayanan terbaik dari sebuah produk adalah mampu menjawab rasa ingin tahu dari konsumen. Oleh karena itu buatlah Instagram live yang berfokus pada pertanyaan-pertanyaan umum yang kerap ditanyakan konsumen.

Hal ini akan mengundang followers-followers yang belum yakin untuk melakukan pembelian dan meyakinkan mereka.

Itulah beberapa metode untuk mengoptimasi Instagram Live, lengkap dengan contoh jenis Instagram Live yang bisa kalian praktikkan sendiri. Intinya, saat melakukan Instagram live kalian harus membangun koneksi positif dengan audiens. 

Jadikan brand kalian sebagai problem solver dan teman bagi para audiens kalian. Hal ini akan membuat mereka selalu mengingat brand kalian ketika mencari fungsi produk yang brand kalian tawarkan. Di momen inilah pelanggan yang kalian butuhkan akan datang dengan sendirinya.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Cara Membuat IG Story yang Aesthetic dengan Mudah

Next
Next

5 Tips Jitu Untuk Membuat Referral Marketing yang Efektif