Cara untuk Meningkatkan Reach Instagram Secara Efektif

ilustrasi cara meningkatkan reach instagram

Bagi sebuah brand, meningkatkan reach Instagram adalah hal yang penting. Semakin besar jangkauan (reach) Instagram kalian, maka semakin banyak perhatian yang bisa kalian dapatkan pada konten visual brand kalian. Tetapi, dalam menghadapi algoritma Instagram yang selalu berubah, brand perlu menjelajahi lebih dari sekadar tips dan praktik terbaik untuk meningkatkan reach Instagram.

Seperti kita semua tahu, Instagram bergerak sangat cepat. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan dan banjir konten yang terus-menerus, sekarang saatnya untuk kalian memikirkan kembali langkah yang dapat memperkuat visibilitas konten apapun. Disinilah mengapa kalian perlu memperhatikan angka reach kalian.

Apa Itu Reach Instagram?

Reach Instagram adalah jumlah orang yang melihat postingan Instagram kalian. Kalian dapat melacak jangkauan Instagram untuk satu postingan, untuk profil Instagram kalian, atau untuk kampanye media sosial pada fitur inisight. Selain jumlah pengunjung, kalian juga bisa mendapatkan insight tentang demografi orang yang melihat postingan atau profil kalian.

Reach yang kalian miliki bisa berasal dari postingan organik ataupun ads. Organik adalah saat algoritma Instagram menampilkan postingan kalian ke audiens serupa. Reach dari ads adalah ketika kalian membayar iklan Instagram untuk mensponsori konten kalian – ini memiliki label “sponsored” atau label CTA lain yang melekat padanya.

Cara meningkatkan reach Instagram adalah dengan memahami cara kerja algoritma Instagram. Reach Instagram yang diperoleh secara organik dapat membuka jalan untuk melakukan komunikasi dengan konsumen atau pelanggan yang dimiliki. Dengan demikian, dapat menaikkan penjualan secara drastis dengan budget yang minimal.

Instagram sendiri menggunakan algoritma yang dapat membantu untuk menaikkan konten kalian ke pengguna Instagram tertentu. Sebagai informasi, postingan Instagram yang ditampilkan di Instagram Explore sendiri mempunyai beberapa kriteria, yaitu:

  • Aktivitas, konten yang kamu sukai serta interaksi yang dilakukan.

  • Hubungan, interaksi dengan akun Instagram yang mengunggah konten tersebut.

  • Informasi terkait akun Instagram.

  • Popularitas akun Instagram dan konten yang diunggah.

Algoritma Instagram sendiri masih terus disempurnakan untuk membantu pengguna dalam melihat konten yang diinginkan. Apabila semakin sering kalian melakukan interaksi dengan konten atau akun yang berkaitan, maka kalian akan menemukan konten yang serupa di Instagram.

BACA JUGA: Cara Menambah Followers IG! Penjelasan Lengkap dari Sudut Pandang Profesional

Algoritma Instagram juga masih menguntungkan bagi akun Instagram Profesional yang selalu mengunggah konten yang serupa dan memakai berbagai fitur Instagram dengan maksimal. Untuk memanfaatkannya, kalian harus tahu bagaimana mengoptimasi algoritma Instagram sebagai cara meningkatkan reach Instagram yang organik di akun Instagram kalian.

Cara Meningkatkan Reach Instagram

Menggunakan Berbagai Format Instagram

Berbagai format instagram

Sumber gambar: Freepik

Pengguna Instagram terus bertambah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, Instagram terus melakukan inovasi dengan menyuguhkan berbagai fitur baru yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Fitur-fitur itu pula yang bisa dipakai oleh konten kreator untuk menciptakan berbagai macam konten yang variatif. Berikut ini beberapa jenis format konten Instagram yang dapat kalian manfaatkan sebagai cara meningkatkan reach Instagram.

Konten Foto

Instagram awalnya dikenal sebagai sosmed yang mengandalkan konten-konten berupa foto. Manfaatkan konten foto sebagai fitur utama untuk meningkatkan reach Instagram. Fitur andalan Instagram ini memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah satu atau beberapa foto sekaligus yang dapat dilihat oleh followers kalian atau pengguna Instagram lainnya. Kalian juga dapat memajang berbagai konten foto, mulai dari display produk atau konten edukasi dan hiburan sebagai bagian dari interaksi dengan konsumen.

Konten Story

Ketika membuka akun Instagram tentunya konten story jadi fitur yang dilihat pertama kali serta bisa mencuri perhatian para pengguna Instagram. Berbeda dari konten lainnya yang bertahan dalam jangka waktu lama, konten story hanya dapat dilihat dalam waktu 24 jam dan menghilang begitu saja.

Melalui Instagram story, kalian dapat mengunggah berbagai jenis konten, mulai dari foto atau video pendek. Untuk membuat konten makin menarik, kalian pun bisa membubuhkan stiker, polling, tag lokasi, membagikan link ke website lain, dan sebagainya. Konten story dapat dijadikan alternatif pusat informasi bagi konsumen jika kalian menyimpannya di highlight Instagram profile, sehingga bisa disimpan secara permanen dan dilihat berulang kali.

Konten Video

Bukan hanya foto, Instagram juga menyuguhkan konten video dalam durasi tertentu. Instagram sendiri mempunyai 3 platform untuk konten video untuk meningkatkan reach Instagram, yaitu Instagram reels, Instagram story, dan live streaming.

Instagram reels berisi konten video pendek dengan format vertikal serta penambahan lagu yang membuat konten kalian jadi lebih menarik. Kemudian, dengan fitur live streaming, kreator dapat berinteraksi secara langsung dengan para followers sehingga meningkatkan engagement. 

Dengan mengunggah konten dalam format yang berbeda-beda tentunya dapat membuat followers kalian lebih betah untuk mengikuti konten-konten yang kalian suguhkan. Selain itu, bukan tidak mungkin jika followers kalian membagikan konten kalian, sehingga akan meningkatkan reach Instagram.

Maksimalkan Caption Instagram

optimasi caption sebagai cara meningkatkan reach instagram

Sumber gambar: Freepik

Penambahan caption yang baik pada setiap konten Instagram, entah itu foto, story, hingga reels, tentunya bisa membantu para pengguna Instagram untuk lebih memahami isi konten kalian. Dengan demikian, mereka bisa lebih mudah untuk melakukan kegiatan yang kalian minta, membeli produk, atau mengikuti campaInstagramn yang sedang berlangsung.

Penggunaan caption pun dapat mendorong pengguna Instagram berinteraksi di setiap konten kalian, sehingga meningkatkan engagement konten. Semakin tinggi jumlah engagement yang diperoleh, maka reach Instagram kalian pun semakin luas dan berpotensi menjangkau lebih banyak pengguna Instagram.

Gunakan Instagram Branded Content Tags

branded content tags untuk meningkatkan reach instagram

Sumber gambar: Freepik

Pemilik akun Instagram dengan jumlah followers yang banyak berpotensi menjadi influencer. Influencer yang punya konten menarik serta konsumen loyal pun dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari promosi produk supaya akun Instagram kalian bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

Dengan banyaknya influencers di platform ini, maka Instagram pun menghadirkan fitur kolaborasi untuk influencer, yaitu Instagram branded content tags. Ketika melakukan kolaborasi atau promosi dengan influencer, pastinya kalian ingin nama akun Instagram kalian juga dipajang supaya membantu meningkatkan jumlah followers.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan tag di konten Instagram ads dan konten sponsor. Pengaturan ini dilakukan untuk kolaborasi brand dan sponsor. Lewat fitur ini, kalian akan memperoleh keuntungan dari reach berbayar yang dilakukan.

Cara menggunakan layanan itu cukup mudah. Kalian cukup membiarkan sebuah produk melakukan tag Instagram dan pastikan kalian membuka menu pengaturan untuk mengaktifkan layanan Instagram content tags. Setelah itu, kreator dapat melakukan tag secara manual atau memasukkan nama akun Instagram yang bisa melakukan product tags, sehingga Instagram akan menambahkan kalian secara otomatis.

Maksimalkan Instagram Profile

Pengisian profil Instagram dengan identitas yang lengkap bisa memudahkan konsumen menemukan akun kalian ketika sedang mencari topik tertentu di Instagram. Penggunaan Instagram profile juga bisa menjadi pembeda akun kalian dengan akun kompetitor. Pasalnya, ketika pengguna Instagram mengikuti akun Instagram dengan topik dan minat tertentu, biasanya akan muncul rekomendasi akun Instagram lain dengan tema yang sama.

Cross Post Konten Kalian

cross post content untuk meningkatkan reach instagram

Sumber gambar: Freepik

Cara meningkatkan reach Instagram termudah adalah dengan cross-posting konten ke media sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, hingga TikTok. Namun ingat, sebaiknya jangan posting ulang semua konten kalian. Kamu tentu tak ingin kan semua social feed terlihat identik. Sebaiknya sebagian besar konten Instagram kalian harus eksklusif untuk Instagram. 

Kalian bisa mempertimbangkan cross posting secara teratur melalui Pinterest. Mengoptimalkan Pinterest untuk bisnis kalian melalui tag foto dan tautan secara instan membuat konten Instagram dapat dicari untuk jangka panjang.

Sematkan Instagram Feed di Website

Apapun industri kalian, sematkan konten sosial kalian di situs web. Sebagai permulaan, user-generated content (UGC) seperti foto pelanggan terbukti meningkatkan konversi. Feed yang disematkan bukan hanya memberi peluang untuk visual yang menarik di website, tapi juga berfungsi sebagai bukti sosial yang kuat.

Jika belum memiliki website, kalian juga bisa mengompilasi foto Instagram untuk diposting di blog. Langkah ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan reach Instagram kalian. Ini merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan media sosial kalian terhadap para pembaca blog. Ini berlaku untuk pembaca jangka panjang dan lalu lintas pencarian.

Bereksperimen dengan Trending Hashtags

trending hashtags untuk meningkatkan reach instagram

Sumber gambar: Freepik

Memiliki strategi hashtag Instagram yang eksplisit jelas merupakan hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan reach yang lebih luas. Hashtag pada dasarnya membuat postingan kalian dapat dicari. Oleh sebab itu, masuk akal untuk bereksperimen dengan kombinasi hashtag yang berbeda, dibanding mengandalkan hashtag yang sama berulang kali.

Misalnya, pertimbangkan bagaimana berbagai jenis tag dapat menarik bagi pengguna yang berbeda, termasuk:

  • Branded hashtags untuk penggemar yang sudah ada dan memfollow (#joinslice).

  • Hashtag peka waktu yang memanfaatkan popularitas suatu acara (#worldcup2022).

  • Hashtag khusus komunitas dan industri yang pada dasarkan selalu populer (#influencer).

  • Niche hashtags yang memiliki pencarian lebih rendah tetapi memiliki maksud yang lebih spesifik (#influencermarketing).

Hashtag baru bisa langsung memperkenalkan kalian pada follower baru tanpa bersusah payah. Kombinasi hashtag yang sedang tren dan selalu populer mungkin merupakan salah satu cara meningkatkan reach Instagram terbaik. 

Iklankan Postingan dengan Performa Terbaik

Selain Story dan Reels, Instagram terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk platform ads-nya. Dengan kekhawatiran akan hilangnya reach organik seperti Facebook, ada alasan mengapa brand bermain dengan berbagai jenis iklan Instagram seperti Carousel dan Stories untuk menjangkau follower baru.

Cara meningkatkan reach Instagram yang lain adalah menjalankan postingan tertentu sebagai iklan di Instagram ads. Mengingat parameter penargetan yang sangat spesifik dari platform, kalian bisa menjangkau reach yang lebih luas dengan menyesuaikan budget kalian.

Kesimpulan

Ada banyak cara meningkatkan reach Instagram. Misalnya saja menggunakan berbagai format konten Instagram, memaksimalkan caption, menggunakan Instagram Branded Content Tags, memaksimalkan Instagram profile, cross posting konten Instagram kalian, menyematkan feed Instagram di website atau blog, bereksperimen dengan hashtag yang sedang trending, hingga mengiklankan postingan terbaik.

Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan reach Instagram kalian bisa meningkat dan menambah jumlah followers sekaligus membuat akun Instagram atau bisnis kalian jadi lebih berkembang.



Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Webinar Marketing 101: Pengertian, Jenis, dan Tips Terkait

Next
Next

Penjelasan Lengkap Monetisasi YouTube: Berapa Subscriber dan Bagaimana Caranya