Cara Membuat IG Story yang Aesthetic dengan Mudah

Story Instagram adalah fitur yang menyenangkan dan menarik, di mana pengguna memposting serangkaian foto atau video pendek yang muncul di IG selama 24 jam. Fitur ini begitu populer, terlebih karena banyaknya pilihan yang tersedia untuk membuatnya lebih menarik sekaligus aesthetic.

Ada berbagai tips dan cara untuk membuat IG Story yang menarik dan aesthetic. Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi tertentu agar dapat menciptakan efek atau animasi yang menakjubkan di IG Story kalian. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: 5 Tools AI untuk Content Creator 2023

Tips & Trik Membuat IG Story Aestetik

Tips IG Story Aestetik 1

tips ig story aesthetic 1

Trik ini akan membuat seluruh bagian frame dari IG Story kalian dapat diklik dan langsung mengarah menuju postingan yang kalian bagikan. Caranya: 

  • Buka aplikasi Instagram 

  • Buka Profile

  • Klik postingan yang ingin dibagikan 

  • Klik icon pesawat kertas 

  • Pilih tambahkan kiriman ke Story

  • Klik postingan untuk menampilkan caption-nya lalu screenshot. 

  • Buka screenshot tersebut dan potong (crop) postingan tersebut untuk menghapus backgroundnya. Tekan selesai untuk menyimpannya ke camera roll.

tips ig story aesthetic 1 step 7
  • Kembali ke IG Story, dan perbesar foto semaksimal mungkin hingga memenuhi seluruh frame

tips ig story aesthetic 1 step 8
  • Lalu klik icon smile (di pojok kanan atas), scroll ke bawah sampai menemukan icon gambar camera roll. 

tips IG story aesthetic step 9
  • Kalian bisa memilih background yang keren untuk Story dan perbesar sampai memenuhi layar (menutupi postingannya). 

tips ig story aesthetic 1 step 10
  • Klik icon Smiley lagi, dan kalian akan kembali ke camera roll. Kali ini kalian akan memilih foto postingan yang telah dicrop. 

tips ig story aesthetic 1 step 11
  • Selesai, dan kalian bisa mempostingnya ke IG Story.

Tips IG Story Aestetik 2

tips ig story aesthetic 2
  • Pertama, buka Instagram dan tahan ikon profil kamu

  • Klik Add to your story

  • Pilih foto yang akan dijadikan background

  • Lalu klik 3 titik di pojok kanan atas dan klik garis berlekuk-lekuk di sebelah gambar bagian atas layar kalian. 

tips ig story aesthetic 2 step 4
  • Di sini kalian akan melihat beberapa marker dan pilih yang ketiga (highlighter), lalu di bagian bawah ada beberapa pilihan warna dan pilih favorit kalian. Atau, jika kalian mau, kalian bisa memilih eyedropper tool dan memilih warna dari foto kalian. 

tips ig story aesthetic 2 step 5
  • Setelah dipilih, tahan jari kalian di tengah layar untuk mendapatkan efek transparent overlay

tips ig story aesthetic 2 step 6
  • Klik done dan klik Smiley, lalu scroll ke bawah dan pilih camera roll. Kemudian, pilih foto yang ingin kamu tambahkan di Storymu. Kalian juga bisa tap foto tersebut untuk membuatnya berubah bentuk.

tips ig story aesthetic step 7

Menariknya lagi, kalian juga bisa menambahkan border secara manual dengan cara: 

  • klik tiga titik di sudut. 

  • Klik Draw 

  • pilih Glow Marker

tips ig story aesthetic 2 step 10
  • sesuaikan ketebalannya

  • lalu gambar secara manual frame yang kalian inginkan

tips ig story aesthetic 2 step 12
  • Setelah puas, klik Done

Untuk menambahkan teks, cukup klik icon Aa, ketikkan teks, lalu kalian bisa memilih font dan warna yang dikehendaki. Lalu, posting ke Story kalian.

tips ig story easthetic 2 step 13

Aplikasi untuk Membuat IG Story Aestetik

InShot

InShot merupakan aplikasi editor video dan foto terbaik untuk membuat IG Story. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur desain yang mudah digunakan untuk membantu kamu membuat Story Instagram yang aesthetic. Aplikasi ini cocok digunakan untuk pemula maupun profesional.

StoryArt

storyart ig story aesthetic

StoryArt merupakan salah satu aplikasi editing IG Story dengan rating tertinggi di Play Store (4,7 bintang) dan Apple Store (4,8 bintang). Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena menyediakan berbagai macam template preset yang dapat langsung kamu gunakan untuk membuat IG Story. Selain 200+ template gratis, StoryArt juga menyediakan banyak pilihan untuk menambahkan efek desain. Kalian bisa menambahkan teks dengan berbagai font, filter, tema, dan efek desain lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh untuk perangkat Android dan iOS.

Unfold

fold ig story aesthetic

Aplikasi IG Story editor ini menawarkan sejumlah fitur gratis dan beberapa fitur premium. Unfold menyediakan template minimalis dan elegan untuk membuat IG Story yang aestetik. Ini mendukung cerita foto dan video dan memiliki banyak pilihan desain untuk masing-masingnya. Unfold tidak mengharuskan pengguna untuk menyiapkan akun. Kalian cukup mengunduh aplikasi dan mulai berkreasi membuat IG Story beresolusi tinggi.

Canva

ig story aesthetic canva

Canva adalah editor foto populer yang dapat kalian gunakan untuk membuat foto cantik dengan overlay teks dan efek lainnya untuk IG Story. Aplikasi desain grafis ini memiliki salah satu koleksi template tertinggi yang dapat kalian gunakan untuk membuat IG Story yang menarik. Aplikasi ini juga memiliki banyak koleksi gambar stok yang dapat kalian gunakan sebagai background untuk IG Story. Selain fitur tersebut, Canva juga menawarkan berbagai fitur pengeditan foto termasuk font, teks, filter, dll. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat dan membagikan gambar ke berbagai platform.

Adobe Express

adobe express ig story aesthetic

Aplikasi Adobe Express Post and Video sangat bagus untuk membuat IG Story. Keluarga aplikasi Adobe Express memungkinkan pengguna menambahkan klip video atau menggabungkan gambar untuk membuat cerita video. Itu juga dapat digunakan untuk menambahkan efek pada gambar. Ada beberapa suara, font, animasi, dan efek desain lainnya yang dapat kalian tambahkan. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian desain apapun. Kamu dapat menambahkan efek dari koleksi besar yang tersedia di aplikasi. Aplikasi ini mendukung platform Android, iOS, dan desktop.

PhotoGrid

photogrid aplikasi ig story aesthetic

PhotoGrid adalah aplikasi sederhana dan mudah digunakan untuk membuat kolase gambar atau video untuk IG Story aestetik. PhotoGrid memiliki beberapa template khusus IG Story yang bisa kalian pilih. Ini memiliki banyak filter, stiker, font, dan efek foto yang dapat kalian gunakan untuk membuat gambar yang disesuaikan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan foto. PhotoGrid juga dapat digunakan untuk membuat meme untuk Instagram Stories. Selain itu, ini menyediakan opsi untuk menambahkan GIF ke meme tersebut. PhotoGrid tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Typorama

aplikasi ig story aesthetic typorama

Jika kamu mencari aplikasi yang memungkinkan kamu dengan cepat menambahkan teks yang menyenangkan dan menarik perhatian pada gambar Instagram Story, tidak perlu mencari lagi selain Typorama. Ini memungkinkan kamu membuat desain tipografi yang indah dengan mudah. Selain itu, Typorama juga menyediakan beberapa fitur pengeditan foto. Sayangnya, aplikasi ini saat ini hanya tersedia untuk perangkat iOS.

Microsoft Hyperlapse

aplikasi ig story aesthetic hyperlapse pro

Ini adalah aplikasi yang memungkinkan kalian membuat video time-lapse dengan mudah dan cepat yang dapat kalian bagikan di IG Story. Kalian dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat time-lapse atau mengubah kecepatan video yang ada. Batas waktu perekaman untuk video time-lapse adalah 20 menit.

CutStory

aplikasi ig story aesthetic cutstory

Salah satu tantangan utama yang dihadapi saat memposting video Story adalah Instagram Story harus lebih pendek dari 15 detik. Aplikasi iOS ini menjadi solusi atas permasalahan tersebut, yakni memungkinkan kamu membuat rangkaian video berdurasi 15 detik untuk IG Story dengan memotong video panjang. CutStory juga mendukung semua format video.

8mm

Aplikasi IG Story Aesthetic

8mm adalah aplikasi kamera vintage yang memungkinkan kalian merekam video dengan gaya kamera retro 8mm. Ini adalah aplikasi yang bagus untuk membuat Story video Instagram dengan sentuhan retro. Aplikasi ini juga memberi kalian opsi untuk menambahkan efek ke video yang ada dari galeri kalian. Saat ini, aplikasi 8mm hanya tersedia untuk perangkat iOS.

Kesimpulan

Mengedit IG Story jadi lebih aesthetic dengan memanfaatkan hacks atau aplikasi yang populer bisa menjadi cara terbaik untuk membuat Instagram Story kalian lebih menonjol dan menarik perhatian audiens. Entah Anda adalah seorang influencer atau brand tertentu, membuat IG Story aestetik bisa membantu kalian mengirimkan pesan dengan cara yang lebih menarik.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Berikut Ini Penghasilan Influencer Instagram di Tahun 2023

Next
Next

Cara Menggunakan Instagram Live Untuk Memancing Customer