Cara Memilih TikTok Agency Terbaik untuk Brand Kalian

agency tiktok

Sumber gambar: Freepik

Ketika TikTok menjadi media sosial pemasaran utama kalian, menemukan agensi influencer TikTok yang tepat tentunya menjadi komponen yang penting dari strategi marketing kalian. Dengan keberhasilan influencer marketing pada titik tertinggi sepanjang masa, TikTok rupanya menjadi platform yang efektif untuk menghasilkan engagement dan meningkatkan penayangan sekaligus meningkatkan jangkauan pemasaran secara online. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara memilih TikTok agency terbaik untuk mengembangkan brand kalian.

Seperti kalian tahu, dari perusahaan startup hingga perusahaan dan brand berskala besar kini mulai menggunakan TikTok untuk menciptakan minat sekaligus menarik perhatian konsumen. Sementara itu, pasar influencer global telah meningkat lebih dari 2 kali lipat antara 2019-2021 dan tumbuh dari 6,5 miliar menjadi 13,8 miliar dolar AS hanya dalam kurun waktu 3 tahun.

Itu artinya, kebutuhan influencer TikTok akan terus meningkat. Lantaran brand dan perusahaan ingin memaksimalkan potensi TikTok, banyak yang akan memilih untuk mencari agency TikTok influencer terkemuka yang dapat menjadi aspek vital dalam menunjang keberhasilan influencer marketing campaign mereka.



Apa Itu TikTok Agency?

Sumber gambar: Freepik

TikTok influencer agency adalah perusahaan jasa yang memfasilitasi dan menciptakan campaign (kampanye) pemasaran influencer dengan brand dan influencer media sosial. Jenis agency ini unggul dalam membuat konsep, menyesuaikan, dan mengoptimalkan campaign untuk pemasar dan brand.

Mereka memiliki keahlian dalam memandu brand menuju praktik dan strategi terbaik untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Di antara layanan yang ditawarkan agency TikTok influencer antara lain pembuatan campaign, konsultasi, penyusunan strategi, influencer marketing, produksi dan optimasi konten, hingga community management seperti membalas pesan dan marketing.

Agency influencer marketing seperti Slice bekerja dengan influencer TikTok dan brand yang menjadikan kegiatan influencer marketing campaign di TikTok lebih efisien. Lantaran campaign ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, agency influencer marketing dapat menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan engagement online maupun offline.

BACA JUGA: Tips Analisis Kompetitor di Media Sosial Terbaik

Agency influencer marketing menjaga hubungan yang kuat dengan influencer dan brand untuk membuat dan kemudian melaksanakan campaign untuk hasil yang optimal bagi kedua belah pihak. Ini bisa meningkatkan niat baik serta memperkuat hubungan kerja.

@gadgetin Mouse nyaman buat bertahun2 ke depan dari @logitech langsung simat di https://bit.ly/M650_GadgetIn atau langsung ke profil aja #SignatureM650 #SimplyBetter #ad #sponsored ♬ Canon in D Keroncong Version - Keroncongin 🎶

Kenapa Sebaiknya Berkolaborasi dengan Influencer dalam TikTok Marketing?

tiktok marketing

Sumber gambar: Freepik

Dilansir dari Statista, Indonesia berada di posisi ke-2 sebagai negara dengan pengguna TikTok terbanyak di dunia. Indonesia mencatat rekor 112,97 juta pengguna atau selisih 3,52 poin dari jumlah pengguna di Amerika Serikat. Bayangkan, dengan jumlah pengguna sebanyak itu, berapa banyak potensi omzet yang bisa kalian hasilkan jika memasarkan suatu produk atau jasa melalui TikTok?

Lantas, apa pentingnya berkolaborasi dengan influencer dalam TikTok marketing? Bisa dibilang, ini adalah salah satu cara “cepat” bagi brand kalian untuk tumbuh besar melalui TikTok marketing. Pasalnya, tidak dapat disangkal bahwa influencer TikTok memiliki kekuatan besar dalam memasarkan pesan komersial dan membagikan proposisi nilai mereka pada para followers-nya. Ini adalah pengaruh yang sangat efektif yang bisa kamu manfaatkan untuk brand kalian.

Tahukah kamu bahwa rata-rata tingkat keterlibatan (engagement rate) influencer TikTok di AS saja adalah 18%. Apabila kalian berkolaborasi dengan seorang influencer, kalian bisa memiliki kesempatan untuk meningkatkan brand awareness dan membangun kredibilitas secara efektif.

Influencer TikTok tahu bagaimana cara menyampaikan pesan kalian pada audiens yang berdedikasi karena mereka sangat memahami followers mereka. Mereka tahu apa yang harus diposting dan kapan harus memposting untuk mendapat perhatian penuh dari para followersnya.

Berkolaborasi dengan influencer TikTok juga merupakan metode pemasaran yang hemat biaya sambil membantu brand kalian memperoleh trafik yang kalian butuhkan. Influencer bisa membantu kalian mendapatkan traffic organik ke halaman media sosial dan situs web kalian, sekaligus meningkatkan peringkat SEO kalian. Di samping itu, influencer membantu kalian menghasilkan potensi prospek berkualitas tinggi sekaligus membangun koneksi bisnis.

Yang tak kalah penting, karena pengguna TikTok mempercayai influencer, maka berkolaborasi dengan influencer yang tepat untuk campaign kalian otomatis akan membantu kalian dalam mencapai tujuan dalam influencer marketing.

Tips Memilih TikTok Agency

memilih tiktok agency

Sumber gambar: Freepik

Ketika hendak mencari TikTok agency yang berkualitas, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum mempekerjakannya. Jika salah dalam memilih TikTok agency, tentunya akan berakibat fatal pada bisnis kalian. Bukan hanya rugi waktu dan biaya, agensi influencer TikTok yang kurang kompeten juga berpotensi membuat reputasi brand kalian jadi buruk.

Nah, agar kalian tidak salah langkah dalam memilih TikTok agency, berikut beberapa tips yang perlu kalian perhatikan.

Cek Portofolio Agency TikTok

Tiap agency TikTok mungkin bisa mempromosikan jasa mereka dengan kata-kata yang semanis madu. Namun, pada akhirnya kualitas hasil kerja mereka akan terpampang nyata melalui rekam jejak portofolionya.

Setiap agency biasanya akan menyertakan portofolio mereka di media sosial maupun website. Mereka juga akan menyertakan nama-nama brand atau perusahaan mana saja yang telah menggunakan jasanya. Pelajari semua sampel yang pernah agency kerjakan dan beri penilaian secara menyeluruh terkait aspek seperti:

  • Kreativitas.

  • Originalitas.

  • Inovasi.

  • Konsistensi.

  • Jumlah klien.

  • Jenis industri.

Biaya Bekerja Sama dengan Influencer

Banyak agency influencer TikTok yang memiliki daftar influencer terpercaya yang telah bermitra dengan mereka untuk campaign klien-kliennya. Namun, penting bagi kalian untuk mengetahui harga atau biaya yang mereka tetapkan untuk influencer dalam daftar mereka. 

Setelah mengetahui biaya yang dipasang oleh pihak TikTok agency, kalian bisa melakukan perhitungan untuk menyesuaikan biaya influencer marketing dengan budget yang kalian miliki. Ini penting untuk menilai apakah penetapan harga dari pihak agency TikTok tersebut masuk akal atau tidak.

Apabila anggaran kalian terbatas, sebaiknya cari agency yang biasanya bekerja dengan klien sesuai anggaran dan ukuran bisnis kalian. Cari agency yang memang memiliki spesialisasi dalam jenis industri yang kalian geluti. Kalian harus memilih agensi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran influencer marketing campaign.

Apakah Jasa yang Mereka sediakan Khusus TikTok?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa agency influencer TikTok, cari tahu tentang proses kerja mereka dan periksa apakah jasa mereka spesifik untuk TikTok saja atau tidak, serta apa saja cakupan jasa yang mereka tawarkan. Kalian juga bisa bertanya pada diri sendiri terkait:

  • Apakah agency tersebut bekerja dengan influencer yang mendapatkan ketenaran di TikTok atau dari platform lain?

  • Apakah mereka mendasarkan proses pencocokan influencer pada analytic di TikTok?

  • Apakah agency berspesialisasi dalam membuat kampanye pemasaran khusus untuk TikTok?

Agency yang kalian pilih harus memiliki ketangkasan dalam mengomunikasikan bagaimana proses mereka berakar pada prinsip dan praktik terbaik TikTok.

Siapa Saja Klien Mereka?

Lakukan riset tentang jenis kampanye yang pernah dilakukan oleh agency TikTok. Sudahkah mereka berhasil menerapkan strategi influencer marketing populer untuk niche bisnis kalian? Dari industri mana saja klien yang pernah bekerja dengan mereka? Audiens target mana yang paling banyak terlibat dengan campaign? Campaign niche mana yang telah sukses mereka lakukan?

Agency TikTok akan memiliki basis klien yang dominan, entah itu brand mewah, brand fashion, brand olahraga, kebugaran, musik, dan masih banyak lagi. Pastikan kalian memilih agency TikTok yang memahami niche dan kebutuhan spesifik kalian.

Reputasi Agency TikTok

Meski mungkin terlihat sepele, penting untuk mempertimbangkan reputasi agency yang akan kalian pekerjakan untuk influencer marketing di TikTok. Aspek seperti skala dan ukuran agency hingga usia agency juga perlu kalian perhatikan. Hal ini demi meminimalisir risiko terlibat dengan agency yang kurang berpengalaman di bidangnya.

Influencer Marketing Platform yang Mereka Gunakan

Influencer marketing platform menawarkan teknologi siap pakai yang memungkinkan agensi mengidentifikasi, mengelola, dan mengukur kampanye mereka secara mandiri.

Ini adalah tools penting bagi agency yang menawarkan jasa influencer marketing. Dengan tools ini agency jadi bisa mengontrol hubungan mereka dengan konten kreator mereka dan benar-benar mengetahui efek yang dihasilkan dari influencer campaign yang dijalani.

Influencer marketing platform menyediakan beragam data dan fitur yang merupakan kunci dari pengoptimalan influencer campaign yang strategis.

  • Katalog KOL: yang bisa di filter berdasarkan jenis audiens, patform, engagement rate, berdasarkan lokasi, profesi, dll.

  • CRM (Customer Relationship Manager) untuk mengirimkan report, mengelola hubungan dengan KOL, dll.

  • Interface lengkap yang disajikan dalam bentuk dasbor dengan semua KPI dan metrik untuk mengukur kinerja campaign setiap harinya.

Tujuan utama dari influencer marketing platform adalah untuk memungkinkan agency bekerja dengan efisien dan profesional untuk mengelola seluruh aktivitas influencer campaign di satu tempat. Influencer marketing platform ini bagaikan pesawat terdepan dan canggih dengan semua fitur yang kalian butuhkan untuk membuat penerbangan semulus mungkin. Agensi berperan sebagai pilot pesawat ini yang memiliki semua kendali yang diperlukan untuk menerbangkannya dan membawa penumpang ke tujuan.

Slice telah mengembangkan influencer marketing platform berbasis data yang membantu para agensi melampaui tujuan mereka di setiap tahap kampanye dengan memungkinkan mereka untuk:

  • Mencari kreator yang tepat dalam roster mereka berdasarkan niche, jumlah followers, platform, dan umur

  • Mengelola konten, dan hubungan dengan para konten kreator

  • Mendapatkan performance report dari campaign yang dijalankan dengan cepat

  • Mengirim payment ke banyak creator dengan cepat

slice homepage view

Kesimpulan

Untuk mendukung keberhasilan influencer marketing yang efektif dan efisien di TikTok, jasa agency TikTok sangat dibutuhkan. Ada sejumlah tips yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih agency TikTok untuk diajak bekerja sama, mulai dari portofolio, biaya jasa, hingga reputasi agency itu sendiri. Pastikan memilih agency influencer marketing yang terpercaya seperti Slice untuk menunjang keberhasilan campaign kalian di TikTok.




Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Strategi Influencer Marketing Vans

Next
Next

SEO TikTok: Cara Memaksimalkan Jumlah FYP