Cara Meningkatkan Followers Instagram Secara Natural

Sumber gambar: Envato

Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara meningkatkan jumlah followers untuk akun Instagram kalian.

Jika kalian mengubah cara berpikir, mengubah perspektif, dan mencoba untuk mencari sudut pandang lain, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan followers.

Di kesempatan ini, kami akan menjelaskan secara tuntas cara menambah followers secara natural tanpa menggunakan tools berbayar, serta cara membuat konten yang berkualitas.



Cara Meningkatkan Followers Instagram Paling Efektif

Jangan Gunakan Tools Berbayar

Kami tidak menyarankan menggunakan tool berbayar untuk meningkatkan followers Instagram.

Alasannya sederhana saja! Karena Instagram melarangnya.

Maka dari itu kita sebaiknya meningkatkannya dengan kemampuan  kita sendiri!

Lalu bagaimana caranya?

Untuk meningkatkan followers, kalian perlu meningkatkan kualitas konten kalian dan memanfaatkan hashtags dengan baik. Kalian juga bisa menambah followers dengan aktif mengirimkan komentar dan DM pada postingan - postingan dan target audiens kalian.

Singkatnya, untuk meningkatkan followers Instagram secara natural, kalian wajib untuk memahami essensinya terlebih dahulu!

Pelajari Algoritma Instagram

Kalian mungkin sering mendengar jika Instagram memiliki satu algoritma yang mengatur keseluruhan permainan Instagram, tetapi sebenarnya Instagram tidak hanya terdiri 1 algoritma saja. Faktanya, Instagram memilki berbagai algoritma, pengklasifikasi, dan proses, yang berbeda - beda untuk masing - masing tipe postingan. 

Tujuan utama dari algoritma Instagram adalah untuk membuat penggunanya bertahan lebih lama di aplikasi dengan mengirimkan konten yang relevan dengan ketertarikan mereka.

Dalam upaya meningkatkan followers Instagram secara natural, mempelajari algoritma Instagram terbaru akan memberikan kalian keuntungan yang besar.

Dengan mempelajari algoritma Instagram terbaru, kalian jadi bisa memahami apa yang sebenarnya diprioritaskan oleh Instagram dalam sebuah konten untuk direkomendasikan ke pengguna lain di luar followers kalian. Dengan begitu, kalian jadi dapat menjangkau lebih banyak pengguna dan membangun basis followers yang relevan dengan konten kalian.

Posting Konten Berkualitas

Kalian juga harus tahu cara membuat konten yang berkualitas untuk menumbuhkan followers. Kalian bisa memancing lebih banyak followers dengan memberikan informasi ataupun tips dan trik di bidang keahlian kalian atau dengan memposting foto dan video yang menarik.

Gunakan Hashtags

Untuk meningkatkan jumlah followers Instagram, kalian juga harus tahu cara menggunakan hashtags yang benar. Gunakan hashtags yang tepat agar konten kalian menjangkau lebih banyak target audiens.

Mengirim Komentar dan Direct Message

Untuk meningkatkan jumlah followers, kalian juga harus tahu cara berkomentar dan Direct Message (DM) target audiens kalian. Dengan berkomentar pada postingan followers kalian, kalian bisa mempererat hubungan kalian dengan mereka serta mengingatkan keberadaan akun kalian. Ketika hubungan kalian dengan followers semakin dekat, followers pun akan menganggap kalian sebagai teman mereka, dengan begitu mereka pun akan senang untuk membantu mengembangkan akun kalian. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan followers mengirimkan DM kepada target audiens kalian.

Posting di Jam Yang Tepat

Memposting di jam posting Instagram yang tepat itu penting dalam menumbuhkan followers. Dengan memposting ketika followers - followers kalian sedang aktif di Instagram, kalian bisa menampilkan konten kalian yang masih fresh ke lebih banyak orang.

Memanfaatkan Fitur Live Streaming dan Stories

Kalian juga bisa meningkatkan followers Instagram dengan memanfaatkan fitur Live Streaming dan Stories. Live Streaming memungkinkan kalian untuk berkomunikasi langsung dengan followers. Sementara di Stories, kalian bisa membuat akun kalian ditemukan orang lain dengan menambahkan hashtags dan sticker postingan stories kalian.

Hindari Mutual Following

Tren follow for follow atau saling ikut mengikuti terhadap sesama pengguna harus dihindari dalam upaya meningkatkan followers Instagram. Jika seseorang tidak tertarik dengan konten kalian, tidak ada gunanya membuat mereka mem-follow akun kalian. Teruslah fokus membuat konten yang menarik dan berkualitas untuk audiens yang tepat.

Meningkatkan followers Instagram tidak serumit itu kok! karena siapa saja bisa melakukannya. Misalnya, kalian bisa memanfaatkan fitur Instagram Insights untuk menganalisis followers kalian, kemudian mengembangkan strategi yang sesuai dengan konten kalian.

Hal yang Perlu Kalian Tahu dalam Meningkatkan Followers

Risiko Mengumpulkan Followers Berkualitas Rendah

Memiliki banyak followers berkualitas rendah dapat merusak kredibilitas akun kalian.

Selain itu, meski kalian mendapatkan banyak followers, jika followers kalian tidak tertarik dengan konten kalian, engagement rate pada akun kalian akan merosot rendah.

Hindari Fake Followers

Dalam upaya meningkatkan jumlah followers, kalian harus terhindar dari praktik membuat fake followers. Membuat akun palsu untuk menambah jumlah followers pada akun sendiri dapat membuatmu akun kalian terkena shadow ban, maka dari itu pastikan kalian tidak mencoba - coba untuk mengakali pertumbuhan jumlah followers dengan cara ini ya!

Kebiasaan yang Perlu Kalian Tanamkan untuk Meningkatkan Jumlah Followers

Sabar dan Tekun adalah Kunci Mendapatkan Followers

Dalam upaya meningkatkan basis followers, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Memposting konten secara teratur adalah salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan followers, namun kalian tidak bisa merasakan hasilnya secara instan. Butuh waktu untuk membuat algoritma Instagram bekerja, dan membuat konten kalian ditampilkan ke lebih banyak pengguna, sehingga kalian perlu kesabaran juga ketekunan dalam upaya ini.

Fokus untuk Selalu Engage dengan Followers

Untuk meningkatkan followers di Instagram, kalian juga perlu engage dengan followers untuk mempererat hubungan. Dengan mempererat hubungan dengan followers, kalian bisa membangun kepercayaan di antara followers yang sudah ada. Dengan begitu kalian akan mendapatkan reputasi yang baik dari followers, dan jika reputasi kalian sudah baik, menarik followers baru pun akan jadi lebih mudah.

Tentukan Tujuan 

Ketika menjalankan Instagram, kalian juga harus memiliki tujuan yang jelas. Dengan mengklarifikasi apa yang ingin kalian dapatkan di Instagram dan basis followers seperti apa yang ingin kalian bangun, kalian bisa membuat strategi yang lebih efektif. Memiliki tujuan yang jelas juga akan membuat kalian semakin termotivasi.

Kesimpulan

Dalam membangun basis followers, kalian tidak boleh mengakalinya dengan fake followers. Kalian harus tekun dan gigih untuk terus meningkatkan kualitas konten kalian, dan mendapatkan followers asli yang benar - benar tertarik dengan konten kalian.


Dengan memiliki banyak followers Instagram, konten kalian akan dapat disaksikan oleh lebih banyak orang. Orang - orang yang tertarik dengan konten kalian pun akan mulai memandang kalian sebagai influencer mereka. Ketika kalian sudah menjadi influencer, brand - brand akan mendatangi kalian untuk endorsement. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan penghasilan dengan followers yang banyak.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

How Agencies Can Better Sell Influencer Marketing

Next
Next

Cara Menjadi Content Creator yang Sukses: 5 Kebiasaan Penting