Berapa Engagement Rate yang Bagus di Instagram?

Tak bisa dipungkiri, Instagram kini menjelma sebagai trendsetter yang bonafide. Instagram menjadi platform sempurna untuk menarik hati audiens atau pengguna lainnya. Platform ini penuh dengan alat dan fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan engagement rate yang tinggi. Algoritma unik Instagram mempermudah pembangunan komunitas, sehingga menjadikannya tambang emas bagi para kreator, influencer, dan juga pemilik bisnis.

Untuk mengembangkan akun Instagram, maka kalian harus memposting konten secara konsisten. Namun, berapa engagement rate yang baik di Instagram? Bagaimana cara menghitung engagement rate Instagram? Apa yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan engagement rate? Simak penjelasan lengkap seputar engagement rate Instagram berikut ini!



Bagaimana Cara Mengukur Engagement Rate di Instagram?

Engagement rate Instagram diukur berdasarkan berapa kali pengguna berinteraksi dengan video kalian. Di Instagram, interaksi ini mencakup likes, comment, share, dan saves. Engagement rate kalian menandakan relevansi dan popularitas video kalian di antara followers atau viewers dalam jangka waktu tertentu.

Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

Slice mendefinisikan engagement sebagai interaksi yang dapat diukur pada postingan media sosial organik maupun berbayar. Metrik engagement di Instagram mencakup like, comment, share, dan saves.

rumus engagement rate IG

Engagement rate Instagram dihitung berdasarkan jumlah semua interaksi dibagi dengan jumlah follower. Berikut rumus untuk menghitung tingkat keterlibatan Instagram brand kalian:

Engagement rate Instagram = [jumlah engagement] / [jumlah followers]

Meskipun ada beberapa cara berbeda untuk menghitung engagement rate, kami menemukan bahwa membaginya dengan jumlah followers memberikan gambaran yang lebih akurat tentang engagement rate brand kalian dengan brand serupa di industri kalian — berapa pun ukuran audiensnya.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Instagram Insight 2024

Berapa Rata-rata Engagement Rate di Instagram?

Laporan terbaru mengungkapkan bahwa rata-rata engagement rate per follower untuk brands di Instagram adalah 0.47%. Rata - rata engagement rate ini mencakup semua industri termasuk food & beverages, hotel, hingga industri nonprofit.

Berapa Engagement Rate Baik di Instagram?

Untuk brand dengan kinerja terbaik, engagement rate mereka di Instagram bahkan lebih tinggi. Laporan RivalIQ menemukan bahwa rata-rata engagement rate Instagram untuk brand yang berada di 25% teratas adalah 1,05%. brand - brand ini juga memposting dengan frekuensi yang sama, yaitu sekitar 4,7 kali per minggu.

Jadi, meskipun 0,47% adalah rata - rata engagement rate bagi brands, namun engagement rate baru dapat dikatakan baik jika mencapai 1,05% atau lebih tinggi.

Berapa Rata - Rata Engagement Rate di Setiap Industri?

Industri pendidikan tinggi dan tim olahraga menetapkan benchmark rata-rata engagement rate yang baik di semua industri.

  • Pendidikan tinggi memiliki rata-rata engagement rate 2,58%.

  • Segmen tim olahraga memiliki rata-rata engagement rate 1,48%.

  • Influencer memiliki rata-rata engagement rate 0,809%.

  • Nonprofits memiliki rata-rata engagement rate lintas industri terendah, yaitu sebesar 0,627%.

Mengapa Engagement Rate Instagram yang Baik Itu Penting?

Mengetahui benchmark akun dan industri kalian tentunya akan memberi gambaran tentang posisi kalian dalam menghadapi persaingan. Memiliki target engagement rate diperlukan untuk mengukur keberhasilan di platform ini. Berikut beberapa manfaat dalam mencapai engagement rate yang baik di Instagram.

  • Engagement rate yang setara dengan benchmark saat ini menandakan bahwa video kalian berkinerja baik di antara audiens target kalian. Ini juga berarti konten kalian menonjol dibandingkan konten serupa dari akun lain.

  • Engagement rate yang tinggi memberi isyarat kepada algoritma Instagram jika konten kalian sangat relevan. Ini berarti video kalian akan direkomendasikan ke lebih banyak pengguna Instagram lainnya.

  • Dengan peningkatan visibilitas ke pengguna lain, memiliki engagement rate yang baik juga mendorong peningkatan profile visit, follower, dan penjualan.

  • Melacak engagement rate adalah cara yang tepat untuk mengukur pertumbuhan kalian.

  • Memantau dan menganalisis engagement rate membantu kalian lebih memahami preferensi konten audiens kalian. Engagement rate mengindikasikan jenis konten apa yang disukai mereka dan video mana yang kurang menarik.

  • Mempertahankan engagement rate yang baik akan menciptakan efek snowball, yaitu meningkatkan lebih banyak views, likes, comment, dan share.

  • Engagement rate yang baik akan membantu kalian mendapat kemitraan yang menguntungkan brand lain.

Cara Mencapai Engagement Rate Instagram yang Baik

  • Gunakan fitur “Reply with reels”. Membalas komentar di video kalian dengan segera adalah suatu keharusan agar percakapan seputar konten kalian tetap berjalan dan mempertahankan relevansi konten. Membalas komen audiens dengan video tentunya lebih menarik serta membuat brand kalian lebih autentik dan relevan.

  • Manfaatkan sticker question maupun polling di Instagram Story. Fitur sticker di Instagram Story memungkinkan kalian mengirimkan pertanyaan langsung ke followers. Dengan pertanyaan yang tepat, kalian dapat mengetahui apa yang disukai atau diinginkan followers kalian di platform. Pertanyaan yang menarik secara efektif mendorong pengguna untuk menjawab dan berinteraksi dengan brand kalian.

  • Tangkap minat viewers di 3 detik pertama video kalian. Semakin lama kalian mendapatkan minat viewers, semakin tinggi peluang kalian untuk mendapatkan likes, comment, dan share untuk video tersebut. Tiga detik pertama sangat penting. Ini adalah saat viewers memutuskan apakah video kalian layak untuk ditonton atau tidak.

  • Pantau tren Instagram yang sedang berkembang, baik itu tantangan (challenge) yang sedang tren, musik, berita, atau filter. Tren membantu kalian tetap relevan di pasar konten digital yang bergerak cepat. Tren juga memungkinkan calon follower baru menemukan kalian.

Bangun Hype Seputar Brand Kalian dan Dapatkan Engagement Tinggi Secara Konsisten

Kalian dapat secara efektif membangun sensasi terhadap brand kalian dan mendapatkan engagement yang tinggi secara konsisten. Ketertarikan yang tulus terhadap konten kalian akan menghasilkan engagement yang tinggi. Jadi, pastikan kalian membuat konten yang tepat untuk audiens kalian. 

Mengetahui cara kerja algoritma Instagram, mengikuti tren, serta menggunakan audio dan hashtag yang tepat akan membantu meningkatkan visibilitas kalian di platform. Memahami apa yang diinginkan audiens target akan membuat konten kalian direkomendasikan ke pengguna lain. Dengan kemampuan penargetan audiens yang dipertajam, kalian dapat memastikan bahwa kalian terhubung dengan audiens setiap kali kalian mempublikasikan konten.

BACA JUGA: Target Audience: Apa Itu, Cara Menentukannya, dan Template

Kesimpulan

Untuk mengembangkan keberadaan akun Instagram kalian, maka kalian harus mempromosikan engagement yang konsisten dan aktif. Engagement rate Instagram diukur berdasarkan berapa pengguna yang berinteraksi dengan video kalian di banding jumlah followers. Di Instagram, interaksi ini mencakup likes, comment, share, dan saves. Engagement rate yang bagus di Instagram tergantung dari bermacam aspek, salah satunya jumlah industri kalian.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

[Edisi 2024] Tren Pengguna Media sosial dan Digital Marketing Indonesia

Next
Next

Panduan Micro Influencer Marketing: Manfaat dan Langkah-Langkahnya