TikTok Creator Fund: Cara Kerja dan Cara Daftarnya

program tiktok creator fund

Sumber gambar: Freepik

TikTok menjadi salah satu platform yang menawarkan fitur begitu lengkap untuk para konten kreator di berbagai belahan dunia. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah TikTok Creator Fund. TikTok Creator Fund sendiri adalah cara untuk mendukung dan memberi penghargaan pada para konten kreator atau konten dan kreativitas mereka.

Meski sudah 3 tahun lebih TikTok Creator Fund dirilis, pengguna TikTok masih belum yakin apakah program tersebut menguntungkan mereka, apakah layak untuk bergabung, atau apakah ada cara yang lebih baik untuk memonetisasi konten-konten mereka. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut seputar hal-hal tersebut, sehingga kalian bisa memutuskan apakah TikTok Creator Fund tepat untuk kalian atau tidak.

Apa Itu TikTok Creator Fund?

TikTok meluncurkan Creator Fund senilai $70 juta pada Juli 2020 sebagai cara untuk mendukung dan memberikan kompensasi pada kreator yang memenuhi kriteria tertentu atas waktu dan upaya yang mereka habiskan untuk membuat video TikTok.

TikTok memperkenalkan Creator Fund sebagai cara alternatif untuk menghasilkan uang dan memberi insentif pada content creator di aplikasi dibandingkan menggunakan program bagi hasil iklan. Pihak TikTok juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan dananya menjadi $1 miliar di AS, dengan harapan dapat melipatgandakan jumlah tersebut di seluruh dunia.

Bagaimana Cara Daftar TikTok Creator Fund?

Sangat mudah untuk mengajukan permohonan Creator Fund melalui aplikasi TikTok. Namun, hanya pengguna TikTok tertentu yang berhak untuk bergabung. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi sebelum mendaftar TikTok Creator Fund:

  • Harus berusia 18 tahun ke atas.

  • Berbasis di AS, Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, atau Italia.

  • Kalian harus memiliki 10.000+ followers.

  • Harus memiliki 100.000+ video views dalam 30 hari terakhir.

  • Mematuhi pedoman komunitas platform dan persyaratan layanan.

Jika memenuhi syarat, kalian dapat mendaftar ke Creator Fund dan bergabung dengan ekonomi kreator dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke aplikasi TikTok, lalu klik Profile.

2. Pilih ikon garis tiga di pojok kanan atas.

3. Klik Creator Tools.

menu tiktok creator fund

4. Pilih Creator Fund.

5. Membaca dan mengakui perjanjian tersebut.

6. Klik Apply.

diterima tiktok creator fund

Nah, kalau kamu ditolak dari pengajuan TikTok Creator Fund tersebut, tak perlu khawatir sebab kamu bisa mendaftar kembali. Untuk kamu yang ditolak karena kesalahan dan masih memenuhi semua persyaratan kelayakan serta mematuhi pedoman komunitas TikTok, kamu dapat mengajukan permohonan kembali setelah 30 hari.

Bagaimana Cara Kerja TikTok Creator Fund?

Sejauh ini masih belum jelas bagaimana skema dana dari TikTok Creator Fund dibagi dan bagaimana sistem pembayarannya bekerja. Pasalnya, ini bersifat dinamis setiap harinya tergantung dari bagaimana kinerja konten kreator dan puluhan juta video yang dipublikasikan. Dana yang kamu dapatkan ditentukan oleh seberapa besar kamu sebagai seorang kreator, memberikan pengaruh di platform TikTok.

Besaran Dana yang Dibayarkan TikTok Creator Fund

Tidak ada data spesifik dari TikTok mengenai berapa persisnya jumlah yang akan diterima setiap kreator yang telah mendaftar Creator Fund. Namun, para konten kreator telah berbagi pengalaman mereka dengan TikTok Creator Fund. Laporan dan pengalaman mereka berbeda-beda. Misalnya, @LoochyTV dibayar $330,33 (sekitar Rp5 jutaan) untuk lebih dari 10 juta views. Ini berarti TikTok membayar sekitar 0,000033 sen per view, yang tampaknya sangat rendah.

penghasilan tiktok creator fund LoochyTV

Kreator lain tampaknya senang mendapatkan uang dari Creator Fund. @TGDefinition menerima £40,78 (sekitar Rp800 ribuan) dengan menggunakan kembali konten yang sudah ada dan cukup senang dengan kemudahan menghasilkan uang melalui dana tersebut.

penghasilan tiktok creatorfund TGDefinition

Namun, dibandingkan dengan pembayaran AdSense YouTube atau jumlah yang dibayarkan brand untuk sponsorship, jumlah yang ditawarkan oleh TikTok Creator Fund terbilang sangat rendah. Bahkan konten kreator yang sangat populer seperti MrBeast, dengan lebih dari 1 miliar views, hanya menghasilkan $14.910,92 (sekitar Rp233 jutaan).

penghasilan tiktok creator fund MrBeast

Lantas, apakah ada jumlah minimum atau maksimum yang dibayarkan oleh TikTok Creator Fund? Rupanya TikTok mengklaim bahwa tidak ada pembayaran minimum atau maksimum yang dapat diperoleh setiap individu dari Creator Fund.

Perhitungan TikTok Creator Fund

Struktur pembayaran Creator Fund cukup sulit dipahami atau, sebagaimana TikTok menyebutnya, dinamis. Faktor utama yang tampaknya memengaruhi jumlah kalian dibayar untuk setiap video adalah jumlah views video asli. Namun, TikTok juga menyatakan bahwa faktor-faktor berikut dipertimbangkan saat menghitung pendapatan kalian:

Apa Kelebihan & Kekurangan TikTok Creator Fund?

Kalau kalian termasuk kreator yang memenuhi syarat, tak ada salahnya untuk mendaftar TikTok Creator Fund. Namun, jika kalian masih tidak yakin apakah program ini tepat atau tidak, simak sejumlah kelebihan dan kekurangan dari TikTok Creator Fund berikut!

Kelebihan TikTok Creator Fund

  • Mendapat bayaran untuk konten yang sudah kalian buat.

  • Tidak memengaruhi views atau engagement kalian.

  • Memperoleh inspirasi untuk terus berkreasi.

  • Kalian dibebaskan untuk tidak lagi melanjutkan TikTok Creator Fund.

  • Tidak ada kewajiban.

  • Relatif baru, sehingga pembayaran bisa meningkat atau bahkan berpeluang mendapat akses ke fitur baru seperti Creativity Program.

Kekurangan TikTok Creator Fund

  • Pembayaran rendah.

  • Tidak ada cara resmi untuk menghitung berapa banyak uang yang akan kalian peroleh dari Creator Fund.

  • Ada banyak cara untuk monetisasi TikTok selain dari Creator Fund. Misalnya bergabung dengan Creator Marketplace, AdSense, dan brand sponsorship.

Apa Itu TikTok Creativity Program?

Berdasarkan informasi dari Tech Crunch, Creator Fund telah ditutup pada tanggal 16 Desember 2023 di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman. Penutupan ini didasarkan pada pemindahan fokus ke program yang lebih baru, yaitu Creativity Program.

Creativity Program dikembangkan berdasar semua feedback yang masuk dari Creator Fund. Awalnya program ini hanya bersifat undangan, namun sekarang, jika kalian terdaftar di Creator Fund dan berbasis di AS, kalian dapat meminta untuk bergabung. Namun, tempat masih terbatas dan tidak ada jaminan penerimaan, meskipun kalian memenuhi kriteria.

Meski masih dalam tahap Beta, TikTok Creativity Program kabarnya akan terus memperluas cakupan wilayahnya, termasuk Indonesia.

Apa Perbedaan TikTok Creativity Program & Creator Fund?

Walaupun TikTok Creativity Program dikembangkan berdasarkan Creator Fund, program ini memiliki beberapa perbedaan:

  • Durasi video. Untuk mendapat uang dari TikTok Creativity Program, kalian perlu membuat video berdurasi lebih dari 60 detik.

  • TikTok Creativity Program baru tersedia di AS, Prancis, dan Brasil.

  • Dashboard yang diperbarui, sehingga memberi para kreator insight yang jauh lebih baik terkait penghasilan mereka dibanding Creator Fund.

  • Mendapat estimasi pendapatan dari views kalian saat ini.

  • Metrik kinerja video untuk menunjukkan pada kalian video mana yang memenuhi syarat untuk program ini, berapa banyak views yang memenuhi syarat, dan berapa banyak yang kalian dapat per 1.000 views di tiap video.

Mana yang Lebih Baik antara TikTok Creativity Program & Creator Fund?

Sejauh ini banyak kreator yang puas dengan hasil dari Creativity Program dibandingkan Creator Fund. Ada pengguna yang melaporkan mereka hanya memperoleh $80-$120 (sekitar Rp1,2 jutaan – Rp1,8 jutaan) untuk video yang sama di Creator Fund, namun memperoleh $2.971,60 (Rp46,5 jutaan) dengan TikTok Creativity Program baru.

penghasilan tiktok creativity program

Sejauh ini feedback untuk TikTok Creativity Program cukup positif dari mereka yang menggunakannya. Dashboardnya pun sudah jauh lebih komprehensif dan mereka yang terdaftar juga melaporkan penghasilan yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Jika kalian ingin memperoleh uang dari konten-konten yang telah diunggah ke TikTok, kalian bisa mencoba daftar TikTok Creator Fund apabila memenuhi syarat. Keuntungannya tentu lebih besar dibanding dampak negatifnya. Pendanaan ini cara yang bagus untuk mendapat sedikit uang tambahan dari konten-konten kalian. Selain itu, kalian berkesempatan mencoba peluncuran fitur baru seperti TikTok Creativity Program yang juga tak kalah menguntungkan.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

Next
Next

Cara Cepat Monetisasi Instagram Beserta Langkahnya 2024