10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

wanita menghasilkan uang dari internet

Sumber gambar: Freepik

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, baik untuk sampingan ataupun pekerjaan full-time. Namun, memulainya akan lebih mudah bila kalian mendapat bimbingan dari orang-orang yang telah melakukannya. Banyak konten kreator menghasilkan uang secara online dengan menawarkan jasa penulisan, video editing, affiliate marketing, dan banyak lagi. Dalam postingan kali ini, kami akan berbagi ide dan tips tentang cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula.

Kalian bisa memilih salah satu dari 10 cara yang sudah terbukti dapat menghasilkan uang dari internet ini dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang sudah kalian miliki.

Ada banyak cara bagi konten kreator untuk menghasilkan uang dari internet. Baik sebagai pekerjaan penuh waktu atau pekerjaan sampingan, salah satu dari opsi ini bisa kalian terapkan.

Kami juga akan menjawab beberapa pertanyaan paling sering ditanyakan seperti:

  • Berapa banyak uang yang kalian perlukan untuk memulainya?

  • Keahlian apa yang kalian perlukan?

  • Berapa banyak waktu yang kalian perlukan?

  • Berapa banyak uang yang dapat kalian hasilkan?

  • Apakah worth it?

  • Alat atau platform apa yang bisa membantu pemula memperoleh penghasilan secara online?



1. Freelance Writing

Salah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal sepeser pun adalah dengan menulis.

Cara Memulai Freelance Writing

Ada banyak cara untuk memulai freelance writing. Bisa dengan menjangkau media publikasi, dan situs web secara langsung atau membangun portofolio untuk dibagikan kepada calon klien. Semakin proaktif, semakin besar pula peluang kalian untuk sukses di bidang ini.

Tips untuk freelance writers:

  • Bangun situs portofolio yang menampilkan karya - karya tulis kalian.

  • Identifikasi niche dari website/blog calon klien. Pastikan sesuai dengan niche kalian.

  • Ketika pitching, berilah insight unik kepada klien untuk meyakinkan mereka bahwa kalian adalah kandidat yang terbaik.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 0 Menulis, riset, time management Rendah - Pitching dan konsisten mendapat project adalah tantangan tersulit 2 bulan atau lebih

2. Freelance Design

Cara lain untuk memperluas sumber pendapatan dan bekerja dari rumah adalah dengan freelance design. Misalnya saja kalian bisa menjadi freelance graphic designer, atau ilustrator.

graphic designer menghasilkan uang dari internet

Cara Memulai Freelance Design

Alurnya kurang lebih sama dengan bisnis freelance lainnya. Bangun portofolio, dapatkan testimonial, promosikan jasa kalian ke platform yang tepat, dan buat janji dengan calon klien.

Desain yang dibuat dengan matang akan selalu dibutuhkan, jadi jangan takut untuk berkreasi dalam pekerjaan ini. Terkadang, design khusus lah yang dibutuhkan oleh klien. Misalnya, jika kalian hanya ingin mendesain infografis, jangan takut untuk memasarkan diri kalian untuk niche khusus ini.

Tambahkan layanan digital lain untuk dijual, seperti kursus desain untuk calon desainer juga dapat memperluas sumber pendapatan kalian.

Tips untuk freelance designers:

  • Minta referral dari klien. Referral membantu kalian untuk mendapatan klien baru tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

  • Selalu up to date dengan tren, software, dan teknik desain terbaru.

  • Fokus dengan niche dan promosikan jasa kalian.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 200rb - Rp 600rb Graphic design, ilustrasi, atau web design Sedang – kalian harus punya skill desain 1 bulan, tapi bisa lebih jika masih mempelajarinya

3. Jual Jasa Video Editing

Designer dan penulis bukan hanya bidang kreatif yang bisa menghasilkan uang tambahan secara online. Banyak brand maupun individu yang membutuhkan videografer untuk membuat storyboard, film, dan editing.

Cara Memulai Jasa Video Editing

kalian bisa menghasilkan uang dengan mengedit video tanpa memerlukan banyak peralatan atau modal awal. Kalian memerlukan skill yang tinggi dengan software video editing seperti Capcut, Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro. Untuk memulainya, kalian bisa membuat situs web portofolio, dan menggunakan media sosial untuk menampilkan karya terbaik kalian.

BACA JUGA: Cara Edit Video di CapCut: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika kalian berkecimpung di dunia videografi, kalian pasti sudah mengetahui cara terbaik untuk mempromosikan karya kalian. Namun, kami menganjurkan untuk terus memperluas cakupan kalian ketika mencari klien. Brand dan media publikasi bukan satu-satunya klien yang membutuhkan jasa kalian.

Kalian juga bisa menawarkan jasa video editing ke:

  • Influencers

  • Marketing agencies

  • Konten kreator

  • Pernikahan dan event

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 200rb - Rp 600rb sebulan untuk
video editing software
video editing, attention to detail, kreativitas, dan komunikasi Tinggi – bisa membutuhkan berbulan - bulan untuk menguasai video editing 1 - 3 bulan, tergantung skill kalian

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu cara terbaik menghasilkan uang secara online untuk pemula karena tidak memerlukan budget sama sekali. Konten kreator bisa memperoleh pendapatan afiliasi dengan bermitra dengan brand atau perusahaan dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang mereka hasilkan. Ada banyak program afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce, teknologi, dan banyak lagi.

BACA JUGA: Apakah Affiliate Marketing Menjanjikan untuk Konten Kreator?

Cara Memulai Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi jangka panjang yang membutuhkan banyak waktu untuk menghasilkan uang dari internet. Cara terbaik untuk sukses dalam bidang ini adalah dengan menemukan niche pasar yang selaras dengan minat dan skill kalian.

Banyak orang menghasilkan ratusan ribu rupiah dalam sebulan dengan penjualan afiliasi, tapi ini berbeda-beda tergantung kreator, mitra, dan platformnya. Jika kalian mengikuti banyak program dan memiliki strategi yang baik, kalian bisa mendapatkan penghasilan pasif hingga jutaan rupiah.

Tips untuk affiliate marketer:

  • Riset program afiliasi yang ingin kalian ikuti. Beberapa program afiliasi membayar kreator dengan voucher diskon atau saldo e-wallet, yang mungkin bukanlah bayaran yang kalian inginkan.

  • Manfaatkan media sosial (Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk berpromosi dan memperluas audiens.

  • Buat konten terbaik untuk membangun kepercayaan diantara audiens kalian.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 0 social media marketing, pengetahuan pada niche-nya Rendah – Ikuti program secara gratis, dan mulai promosikan produk ke audiens kalian ± 3 bulan, tergantung dari niche dan audiens kalian

5. Membuat Konten di YouTube

Ketika berbicara tentang YouTube, ads adalah harapan terbesarmu. Rata - rata penghasilan dari YouTube Ads adalah Rp 12,000 - Rp 20,000 per 1,000 views. Besaran uang yang dihasilkan YouTuber sebenarnya tidak menentu, namun kalian bisa menghasilkan antara Rp 1 juta hingga Rp 10 juta juta untuk setiap 100,000 views.

BACA JUGA: Penjelasan Lengkap Monetisasi YouTube: Berapa Subscriber dan Bagaimana Caranya

YouTuber menghasilkan uang online

Sumber gambar: Freepik

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

YouTuber menghasilkan sebagian besar uang mereka dari AdSense, endorsement, dan affiliate marketing. Kalian juga bisa menjual merchandise atau membuka donasi ke audiens kalian. Tapi ingat, kalian baru bisa menerima pembayaran kalian setelah mengumpulkan setidaknya Rp 1,300,000 di dalam akun AdSense.

Tips untuk YouTuber:

  • Aktifkan Ads: Gabung ke dalam Program Partner YouTube, lalu buat akun AdSense untuk menampilkan iklan di video kalian. Kalian harus memiliki channel yang kredibel dengan minimal 1,000 subscriber dan 4,000 watch time selama 12 bulan terakhir.

  • Buka jasa endorsement: Keuntungan terbesar dari endorsement adalah YouTube tidak akan memotong penghasilan dari endorse karena kreator langsung bernegosiasi dengan brand. Cara ini adalah yang terbaik jika kalian memiliki audiens yang banyak, dan suka berinteraksi dengan konten kalian.

  • Sebar link afiliasi: Arahkan audiens kalian ke toko brand, dan dapatkan persentase penjualan yang kalian dapatkan dari link afiliasi. Affiliate marketing adalah cara yang terbaik untuk menghasilkan uang di YouTube jika subscriber kalian masih sedikit.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 0 - Rp 15 juta, jika membeli perlengkapan video seperti kamera dan lighting video creation, editing, komunikasi, dan marketing Tinggi - untuk memperoleh pendapatan yang tinggi di YouTube, kamu perlu membangun audiens yang interaktif terlebih dahulu Tergantung niche, bisa mencapai 10 bulan

6. Mulai Podcast

Seperti membangun blog, podcast bukanlah cara menghasilkan uang dari internet secara instan. Tapi ketika audiens kamu sudah berkembang, kamu bisa memonetisasinya dengan menjual 15 detik sesi podcast kalian untuk berpromosi.

BACA JUGA: Kenapa Perusahaan Kamu Harus Menggunakan Iklan Podcast

Cara Menghasilkan Uang sebagai Podcaster

Untuk menarik sponsor brand besar di podcast kamu, kamu membutuhkan setidaknya 50,000 pendengar setiap bulannya. Kamu bisa melakukan negosiasi dengan brand secara langsung.

Sebagai pemula, kamu bisa mulai monetisasi dari affiliate marketing atau membuka donasi diantara pendengarmu, yang ditujukan untuk mendukung keberlangsungan podcast kamu.

Tips untuk podcaster pemula:

  • Beli perlengkapan podcast untuk memulainya.

  • Tentukan niche. Ingat: semakin spesifik, semakin bagus.

  • Datangkan bintang tamu ke dalam episode podcast-mu dan buat mereka mempromosikannya ke audiens mereka.

  • Mulai dan buat kalender konten untuk pengingat jadwal posting.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Setidaknya Rp 2 juta untuk perlengkapan dasar, dan editing software komunikasi, podcast editing Sedang - perlu beberapa perlengkapan dan skill teknis Tergantung niche, bisa hingga bertahun - tahun
menghasilkan uang dari internet dengan podcast

Sumber gambar: Freepik

7. Buka Toko Online

Sekarang ini berjualan barang sudah ada banyak jalannya. E-Commerce seperti Tokopedia menyediakan lapak untuk siapapun yang ingin berjualan online tanpa perlu repot - repot melakukan pekerjaan berat dalam inventarisir barang.

Alternatif lain, platform CMS seperti Shopify dan Wix memberikan penggunanya kendali penuh atas pembangunan toko online mereka, baik dalam penyesuaian alur pembelian, interface, pengiklanan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 10 Cara Marketing Online Shop Tokopedia Agar Laris Manis

Cara Menghasilkan Profit di Online Store

Membangun bisnis e-commerce membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang matang. Kalian harus memutuskan niche, riset kompetitor, merangkai rencana bisnis, dan memilih platform yang tepat. Niche yang ideal adalah niche dengan permintaan yang tinggi, kompetisi yang rendah, dan produk yang kalian mengerti.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Tergantung platform dan produknya, tapi setidaknya membutuhkan Rp 5 juta Perencanaan bisnis Tinggi - kalian memerlukan barang untuk dijual Setidaknya 2 bulan

8. Menjadi Virtual Assistant

Virtual assitstant (VA) mengerjakan segala pekerjaan yang bisa dilakukan di internet. Beberapa diantaranya adalah membuat jadwal postingan, desain infografik, mengelola email, riset untuk postingan artikel, dan lain sebagainya.

Tidak ada batasan terkait pekerjaan yang dilakukan virtual assistant ataupun bayarannya—dan ini merupakan salah satu kesempatan menghasilkan uang terbaik.

Cara Menjadi Virtual Assistant

Sebagai VA, kalian bisa menawarkan langsung jasa VA ke perusahaan dalam basis kontrak atau bekerja melalui agensi virtual asistant. Membangun hubungan klien yang konsisten bisa memakan waktu berbulan - bulan (atau lebih).

Lamanya waktu yang ingin kamu luangkan untuk pekerjaan ini ada di kendali kalian. Begitu juga skill yang ingin kalian pakai. Rata - rata, VA aktif di Indonesia bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp 13 juta setiap bulannya.

Tips cara menghasilkan pendapatan dari internet sebagai virtual assistant pemula:

  • Ambil kursus VA.

  • Gabung sebuah grup khusus yang didedikasikan untuk virtual assistant. Facebook adalah salah satu platform terbaik untuk memulainya.

  • Riset harga dari jasa dan layanan kalian.

  • Buat situs VA kalian atau jangkau grup dan forum online untuk menemukan peluang online.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 0 Sebagian besar VA memiliki skill administratif, manajemen waktu, organisasi, dan marketing yang tinggi. Rendah - keahlian yang beragam adalah keharusan Beberapa minggu hingga satu bulan

9. Menjadi Blogger

Ketika mempelajari cara menghasilkan uang dari internet untuk pemula, blogging adalah salah satu pilihan terpopuler, juga termudah. Blogger mendapatkan uang secara online melalui ads, kemitraan, penjualan produk buatan sendiri, dan komisi afiliasi.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Semakin banyak orang yang mengikuti dan berinteraksi dengan postingan blog kalian, semakin besar pula peluang untuk menghasilkan uang dari internet. Fokus pada pertumbuhan traffic melalui SEO dan manfaatkan media sosial untuk meningkatkan audiens sebelum mencoba monetisasi blog kalian.

Meskipun ads adalah cara termudah untuk menghasilkan uang dari blog, namun cara tersebut tidak akan memberikanmu keuntungan yang tinggi. Cara yang lebih baik untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan bermitra dengan brand untuk membuat konten bersponsor. Blogger dapat mengenakan biaya mulai dari beberapa ratus ribu hingga beberapa juta per postingan bersponsor.

Namun, cara yang lebih menbguntungkan lagi untuk blogger adalah dengan menjual produk. Meskipun membuat konten berkualitas dan membangun audiens merupakan fokus utama konten kreator dalam menghasilkan uang, namun membuat dan menjual produk—seperti kursus, training, atau e-book—ke audiens juga bisa menjadi alternatif lain untuk menghasilkan uang.

Tips untuk blogger pemula:

  • Pikirkan baik - baik nama domain dan niche dari blog kalian.

  • Buat backlog untuk konten sebelum mempublikasikannya.

  • Publikasikan blog

  • Buat konten kalender

  • Promosikan blog kalian di media sosial dan bangun mailing list dengan menawarkan newsletter.

Banyak orang yang berasumsi bahwa blogger menghasilkan uang. Namun, pandangan yang lebih tepat sebenarnya adalah: influencer menghasilkan uang. Menjalankan blog adalah salah satu cara untuk menjadi influencer dan mendapatkan audiens.

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Rp 500 ribu - Rp 2 juta Menulis, SEO, dan marketing. Rendah untuk memulai blogging, tinggi untuk menghadirkan traffic yang cukup untuk menghasilkan uang. 6 bulan

10. Buka Jasa Fotografi

Fotografer tidak hanya menghasilkan uang dari memotret, mereka juga bisa menghasilkan uang secara online. Banyak fotografer menemukan pekerjaan mengedit foto, membuat storyboard untuk konten media sosial, retouching desain, hingga menjual foto.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet sebagai Fotografer

Untuk pemula, terus asah keahlian fotografi kalian melalui latihan dan eksperimen. Tawarkan sesi berbiaya rendah atau bahkan gratis kepada teman dan anggota keluarga untuk membangun skill dan portofolio kalian. Kemudian, pasarkan jasa eksklusif kalian di situs web pribadi ataupun media sosial.

fotografer menghasilkan uang dari internet

Sumber gambar: Freepik

Budget Skill yang dibutuhkan Tingkat kesulitan Berapa lama untuk
menghasilkan Rp 1 juta
Perlengkapan foto, termasuk kamera dan lighting
bisa menghabiskan Rp 5jt - Rp 15jt untuk pemula
fotografi dan editing Sedang - mengasah kemampuan dan membangun portofolio fotografi membutuhkan waktu 1 - 3 bulan, tergantung skill

Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula: Tak Ada Skema, Cuma Kerja!

Baik seorang yang ahli menyulam, seorang yang eco-friendly, atau coffee lover, semua orang bisa menghasilkan uang dari internet dengan keahliannya masing - masing.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

25 Selebgram Semarang Terbaik untuk Endorse

Next
Next

TikTok Creator Fund: Cara Kerja dan Cara Daftarnya