Cara Membuat Kalender Konten yang Efektif untuk Sosmed (+ Template Gratis)

ilustrasi kalender konten

Baca juga: Freepik

Content marketing merupakan hal yang penting dalam mendukung strategi pemasaran kalian serta kemampuan brand kalian untuk menarik target audiens dan meningkatkan konversi. Berdasarkan survey dari Semrush, 55% brand yang disurvei mengungkapkan adanya peningkatan ranking mereka seiring dengan meningkatnya produksi konten. Oleh sebab itu, tim kalian juga harus secara konsisten mendorong konten yang relevan dan berkualitas tinggi untuk bersaing dan menjangkau audiens.

Pemasaran konten atau content marketing bukanlah hal yang sederhana. Ada begitu banyak aspek untuk mencapai strategi yang efektif. Intinya adalah dengan merencanakan, mengembangkan, dan mengunggah konten kalian lewat berbagai saluran. Nah, kalender konten sendiri merupakan salah satu alat terbaik untuk mengatur semuanya. Lantas, apa itu kalender konten? Mengapa kalian harus menggunakannya?



Apa Itu Kalender Konten?

Kalender konten (content calendar) adalah kalender yang dirancang khusus untuk pemasaran konten. Kalender konten menjadi pusat dari semua upaya pemasaran tim kalian. Ini adalah salah satu alat terpenting yang memungkinkan kalian mengatur segala upaya secara visual dan menyusun komunikasi yang jelas terkait jadwal campaign dan rencana editorial kalian.

BACA JUGA: KPI Social Media yang Perlu Kamu Pantau

Kalender konten menyediakan repository transparan tentang apa yang harus dilakukan, apa yang telah dilakukan, dan status setiap proyek konten. Ini juga dengan jelas mendefinisikan siapa yang bertanggung jawab atas aktivitas yang terkait dengan setiap aset.

Apabila kamu memiliki bisnis dengan operasi konten besar atau tim terdistribusi, mengoordinasikan upaya lintas peran kreatif – mulai dari penulis dan editor hingga ahli strategi dan desainer – adalah hal yang rumit. Oleh sebab itu kalian butuh alat yang disebut kalender konten.

Menggunakan spreadsheet untuk mengatur rencana konten kalian tidak berkelanjutan atau dapat diskalakan. Kalian memerlukan alat kalender dinamis untuk mengisi peran strategi konten dan kerangka kerja rencana konten kalian.

Kalender yang berfungsi untuk produksi konten memungkinkan tampilan holistik tentang di mana konten kalian berada dan kemana tujuannya. Ini mengubah prinsip strategis menjadi rencana yang dapat ditindaklanjuti.

Pentingnya Kalender Konten

Ada banyak keuntungan dari memakai kalender yang dirancang untuk content marketing. Pemakaian kalender konten ini dapat merevolusi cara kalian merencanakan, membuat, dan mempromosikan konten. Menggunakannya juga bisa meningkatkan operasi dan kualitas konten kalian secara signifikan, yang mengarah pada peningkatan prospek dan juga penjualan. Berikut ini beberapa poin pentingnya memakai kalender konten.

Menjaga Tim Tetap Terorganisir

mengorganisir team

Sumber gambar: Freepik

Bagaimana cara kalian dalam mencari atau mengatur ide untuk konten saat ini? Apakah tim kalian masih mencoret rencana konten di buku catatan atau dokumen digital yang harus diunggah dan diedarkan untuk dibagikan dengan tim? Atau apakah kalian masih melakukan meeting terus menerus yang berkaitan dengan status proyek, teks, atau komunikasi email (yang sering terkubur dan dilupakan)?

Sederet proses yang tidak efisien itu membuat pekerjaan kalian jadi tidak teratur. Saat ini keberadaan kalender berbasis cloud memberikan tampilan strategi konten yang lebih holistik. Ini membantu kalian menemukan kekurangan konten, fokus dalam perbaikannya, dan memberi semua orang akses terhadap update secara real-time, sehingga membuat tim kalian cenderung tidak melewatkan deadline konten.

Brainstorm Lebih Baik

Ketika konten kalian dibedakan berdasarkan topik dan setiap anggota tim mempunyai tanggung jawab masing - masing untuk apa yang mereka kerjakan, sering kali hal ini membuat mereka mendapatkan ide-ide baru. Penyusunan kalender konten untuk menjadwalkan rutinitas brainstorming sangat penting dilakukan guna menyampaikan ide - ide konten tersebut.

Aktivitas brainstorming dapat ditandai dalam kalender konten kalian. Kalian dapat membuat ruang “ide” yang memungkinkan siapa saja yang terlibat dalam proses konten untuk memasukkan ide ke sebuah repository. Tim bisa mendiskusikan ide-ide tersebut kemudian menyempurnakannya jadi proyek.

Mempertahankan Konsistensi

Konsistensi sangat penting dalam content marketing. Supaya audiens tetap terlibat, kalian perlu menyampaikan konten edukasi yang membantu mereka belajar dan juga konten yang menghibur mereka.

Apabila postingan kalian tidak teratur dan tidak tersalurkan pada momen yang tepat, maka audiens kalian kemungkinan besar tidak akan bertambah. Dengan kalender konten berbasis cloud kalian akan bertanggung jawab atas jadwal posting konten yang telah kalian tetapkan.

Mempertahankan Minat Audiens

Kalender konten memungkinkan kalian untuk melihat topik apa yang telah kalian bahas, sehingga mencegah kalian kerja dua kali. Selain itu, kalender konten juga membantu kalian untuk tetap berpegang pada tema yang telah dipilih. Kalian tidak perlu lagi memilih topik secara acak, sehingga dapat mempermudah kalian untuk membuat audiens tetap terlibat.

Tetap Tepat Waktu

Dengan kalender yang tertata dan disederhanakan, kalian dapat merencanakan konten musiman, seperti sebuah acara, hari libur, atau waktu tertentu dalam setahun yang penting bagi audiens dan bisnis kalian. Artinya, kalian tidak akan melewatkan peluang untuk memanfaatkan momen tersebut untuk engage dengan audiens kalian. Kalian dapat memastikan bahwa kalian memiliki konten yang sedang trending di dunia, sekaligus membangun kredibilitas kalian.

Menyederhanakan Proses Kolaborasi Lintas Tim

Perusahaan yang baik harus memiliki keselarasan di seluruh tim, tetapi kolaborasi konten dapat menjadi rumit bagi tim yang terlalu besar. Kalender konten membuatnya lebih mudah. Kalian dapat menggunakan sumber daya yang membantu semua orang tetap berada di halaman yang sama dengan menggunakan kalender yang dapat diakses semua orang. Penjualan, pemasaran, manajer produk, dan pemangku kepentingan lainnya memiliki visibilitas yang jelas ke dalam upaya konten untuk meningkatkan budaya perusahaan dan hubungan antar tim.

Merencanakan Pemasaran Media Sosial dengan Lebih Baik

Konten dan pemasaran media sosial adalah dua bagian dari strategi content marketing kalian. Sebagian besar social media marketers memposting konten ke akun mereka sekitar 3-4 kali seminggu. Kalender konten memungkinkan tim media sosialmu untuk menjadwalkan apa yang akan dipublikasikan dan di mana, sehingga memungkinkan posting yang lebih konsisten.

Melacak Performa Lebih Efisien

Mengukur efektivitas upaya pemasaran konten kalian sangat penting. Kalian perlu memahami konten apa yang berperforma baik dan alasannya, sehingga kalian dapat meniru strategi yang menghasilkan kinerja tersebut.

Memiliki kalender konten sangat penting untuk kesuksesan pemasaran konten brand kalian. Ini bukan lagi alat opsional tetapi aspek dasar dari strategi konten kalian. Sekarang, kalian hanya perlu menemukan kalender konten yang tepat untuk bisnis kalian. 

Untuk membuat kalender konten sebenarnya tidak terlalu rumit. Kalender konten berisi jadwal tertulis mengenai kapan dan di mana kalian berencana untuk menerbitkan konten yang akan datang. Ini bisa menjadi hal yang sederhana ataupun rumit tergantung dari apa yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa menyertakan opsi - opsi berikut pada kalender konten kalian:

  • Brief konten

  • Pembaruan status.

  • Platform dan format.

  • Mitra.

  • Konten yang siap di posting / review.

Sekitar 40 persen marketers mengatakan bahwa content marketing adalah bagian yang sangat penting dari keseluruhan strategi pemasaran mereka. Dan pemasaran konten yang efektif bermuara pada perencanaan yang baik. Berikut tips dan cara membuat kalender konten.

Cara Membuat Kalender Konten

Tentukan Tujuan

Sasaran kalian biasanya berkisar pada apa yang ingin kalian capai dengan pemasaran konten secara umum.

Buat Template Kalender Konten

Kalian bisa menggunakan aplikasi / software, mengunduh template yang sudah jadi, atau membuatnya sendiri. Desain sederhana dengan spreadsheet juga bisa membentuk kalender konten. Pastikan untuk memasukkan beberapa informasi yang akan membantu, seperti:

  • Topik konten.

  • Jenis konten.

  • Tanggal dan waktu penerbitan.

  • Channel (media sosial dan lainnya) tempat konten akan dipublikasikan dan/atau dibagikan.

  • Point person untuk konten.

  • Link ke konten yang dipublikasikan.

  • Konfirmasi bahwa konten sebenarnya telah diterbitkan sesuai jadwal.

  • Setiap catatan yang relevan.

Jadwal untuk Kalender Setahun ke Depan

kalender konten tahunan

Sumber gambar: Freepik

Untuk memulai proses perencanaan, ada baiknya merencanakan satu tahun sebelumnya dan mencatat semua peristiwa penting yang dapat dimanfaatkan untuk momen promosi. Ini dapat mencakup:

  • Liburan.

  • Rilis produk.

  • Anniversary.

  • Seminar.

  • Promosi musiman.

Pilih Frekuensi Postingan

Frekuensi posting konten baru serta reposting konten yang sudah ada harus diseimbangkan berdasarkan preferensi audiens dan momen / waktu yang tepat. Jangan berlebihan dalam memposting. Konten yang sukses lebih dipengaruhi pada kualitas daripada kuantitas.

Pertimbangkan Alur Kerja Konten

Jika tim kalian terdiri dari beberapa orang, maka kalian harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti:

  • Siapa yang perlu menyetujui konten dan/atau postingan.

  • Bagaimana proses persetujuan dilakukan.

  • Bagaimana proses untuk brainstorming konten baru.

  • Bagaimana menetapkan role dan job desc masing - masing role.

  • Merampingkan alur kerja yang berfungsi untuk tim kalian akan menguntungkan efektivitas kalender konten kalian secara keseluruhan.

Konten Evergreen Sama Pentingnya dengan Konten Trending

Saat mengembangkan kalender konten, orang akan cenderung mengisinya dengan ide konten yang baru yang sedang trending. Namun, jangan remehkan konten evergreen yang sudah ada. Walau tampak basi, namun konten evergreen akan selalu relevan, dan menarik calon pelanggan baru.

Konsisten Memperbarui dan Meninjau Kalender Konten

Perbarui kalender konten secara berkala. Jadwalkan setidaknya sesi brainstorming setiap bulan di mana kalian membuat perencanaan konten bulan depan dengan lebih detail dan membuat sketsa ide dari insight performa konten - konten bulan sebelumnya yang bisa kalian tinjau kembali.

Pantau Kinerja Konten

Sisi positif dari content marketing adalah semuanya dapat diukur. Ambil keuntungan dari hal tersebut. Pastikan untuk melacak bagaimana kinerja konten kalian di seluruh platform. Apa yang berhasil, dan apa yang tidak? Ambil insights itu dan terapkan pada perencanaan kedepannya pada kalender konten kalian. Melalui insight inilah kalian dapat terus meningkatkan strategi konten.

Kesimpulan

Kalender konten adalah sebuah alat yang efektif untuk menunjang content marketing. Dengan kalender konten yang terjadwal dan tersusun secara rapi akan memungkinkan kalian untuk meningkatkan produksi konten, sekaligus memperkuat branding image kalian.

Slice adalah platform customer relationship management (CRM) yang dirancang untuk menghubungkan konten kreator dengan brand, dan agensi untuk kegiatan influencer marketing atau endorsement.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Cara Monetisasi TikTok di Tahun 2023

Next
Next

Panduan Lengkap SOW Influencer Marketing