Contoh Kontrak Endorsement (Template Gratis)

ilustrasi kontrak endorsement

Sumber gambar: Freepik

Bagi sebuah brand, menjalin kerja sama dengan influencer merupakan cara yang sangat baik untuk memperoleh awareness dari audiens baru yang relevan, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Untuk memastikan kolaborasi dengan influencer berjalan dengan baik, penting untuk memiliki perjanjian kontrak endorsement yang jelas, sehingga terhindar dari kesalah pahaman. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang tata pembuatan kontrak endorsement yang baik beserta contoh kontrak endorsement yang bisa kalian jadikan referensi.

Klik Disini Buat Bikin Kontrak Endorsement Secara Instan



Apa Itu Kontrak Endorsement?

Kontrak endorsement adalah perjanjian yang dibuat oleh brand yang menguraikan ekspektasi terhadap influencer dari awal hingga akhir campaign dalam influencer marketing. Kontrak kerja sama ini memuat berbagai poin penting yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak agar campaign berjalan dengan maksimal.

Mengapa Kontrak Endorsement Penting?

Kontrak endorsement dapat menjadi bagian penting untuk menjaga campaign influencer marketing berjalan lancar. Dengan adanya kontrak endorsement, brand dan influencer akan memiliki pemikiran yang sama dalam hal tujuan, cakupan, pelaksanaan, dan struktur pembayaran campaign. Memiliki kontrak endorsement secara tertulis dapat meminimalkan hal-hal tak terduga dan membuat kedua belah pihak menyepakati seluruh aktivitas campaign.

Kapan Kalian Memerlukan Kontrak Endorsement?

Sebagai sebuah brand yang ingin endorse influencer atau melakukan influencer marketing, sebenarnya kalian tidak selalu memerlukan kontrak endorsement. Kalau kalian bermitra dengan influencer nano dan mikro, kontrak yang sifatnya terlalu kaku justru bisa menjadi pembunuh konversi. Lantas, kapan kontrak endorsement diperlukan?

  • Apabila kolaborasi hanya melibatkan pemberian produk secara cuma - cuma, maka kamu tidak memerlukan kontrak. Kalian cukup mengirimkan produk pada influencer dan meminta semacam konfirmasi bahwa mereka telah menerimanya. Kecuali jika kalian mengirimkan mereka produk yang sangat berharga, seperti kendaraan atau perhiasan mewah. Karena produk semacam itu bernilai besar, maka sebaiknya kalian membuat kontrak resmi terkait ketentuan kolaborasi.

  • Apabila kalian bekerja sama dengan influencer nano dan mikro, mungkin kalian tidak memerlukan kontrak. Terkadang kolaborasi ini disepakati hanya dengan memberikan produk gratis. Meski melibatkan uang, biayanya pun cenderung minim. Jadi, kalian bisa mempertegas detailnya dengan cara yang tidak terlalu formal, misalnya lewat email. Meski demikian, kalau kalian merasa lebih nyaman membuat kontrak untuk kesepakatan yang melibatkan pembayaran, lakukanlah.

  • Apabila kalian bekerja dengan makro dan mega influencer, maka kontrak diperlukan. Jika menggunakan jasa influencer papan atas, maka kolaborasi kalian berskala lebih besar, yang mencakup biaya yang lebih tinggi, manajemen, dan pendekatan yang lebih resmi. Sebagai sebuah brand, kalian membutuhkan kontrak di sini. Uang yang kalian bayarkan pada influencer kelas ini akan sangat besar, jadi sebaiknya berikan sebuah ketentuan jika terjadi kesalahan.

BACA JUGA: Cara Endorse Selebgram Beserta Contoh Kalimat yang Bisa Kamu Pakai

Poin yang Harus Disertakan dalam Kontrak Endorsement

Selain ketentuan standar kontrak untuk penyediaan layanan (pikirkan kerahasiaan, perlindungan data, dan sebagainya), kalian juga perlu menguraikan persyaratan terkait konten yang dibuat oleh influencer untuk campaign. Point-poin tersebut setidaknya menjelaskan tentang:

  • Jumlah dan jenis publikasi.

  • Batas waktu publikasi konten.

  • Platform / media sosial.

  • Berapa lama postingan tersebut bertahan di profil influencer.

  • Event apa saja yang harus dihadiri oleh influencer. (Jika berkaitan dengan event)

  • Hashtag spesifik yang harus digunakan oleh influencer.

  • Persyaratan pengungkapan yang perlu dicantumkan dalam konten (pedoman peraturan yang mungkin berlaku).

Sejumlah poin tersebut biasanya bergantung pada jumlah followers dari sang influencer dan tingkat keterlibatannya (engagement rate). Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memiliki template kontrak endorsement yang mudah dibentuk.

Seperti biasa, brand harus melakukan uji tuntas ketika memeriksa calon mitra influencer sebelum menghubungi mereka. Ini dapat meminimalkan berbagai kerumitan yang mungkin muncul ketika menetapkan persyaratan kontrak endorsement. Nah, untuk memudahkan pekerjaan kalian, berikut kami sertakan template contoh kontrak endorsement gratis yang bisa kalian gunakan.

Template Contoh Kontrak Endorsement

Kami telah membuat template gratis ini untuk kalian unduh dan gunakan sebagai dasar kontrak endorsement kalian.

Tidak ada campaign yang benar-benar sama. Jadi, penting bagi kalian untuk merevisi contoh kontrak endorsement ini dengan pakar yang dapat memahami undang-undang dan peraturan yang berlaku saat ini di Indonesia. Berikut gambaran mengenai apa saja yang termasuk dalam template kontrak endorsement:

  • Para pihak yang terlibat dalam kontrak endorsement.

  • Deskripsi layanan.

  • Kompensasi.

  • Kewajiban terkait promosi.

  • Kerahasiaan.

  • Kekayaan intelektual dan perlindungan data.

Persingkat Alur Penanda Tanganan Kontrak dalam Jumlah yang Banyak

Dalam beberapa kasus, seperti perusahaan besar yang membuat campaign dengan ratusan influencer sekaligus, persoalan administrasi kontrak bisa memakan waktu yang sangat banyak. Mengumpulkan tanda tangan kontrak dari ratusan influencer sangatlah menyusahkan. Terlebih lagi, kontrak satu influencer dengan yang lainnya belum tentu sama, karena masing - masing influencer memiliki ketentuan SOW dan termin pembayaran yang berbeda. Dengan begitu mau tidak mau kalian harus mempersoifikasi kontrak untuk setiap influencer.

Tentunya pekerjaan ini tidak akan efisien jika dilakukan secara manual. Maka dari itu, Slice membuat fitur Electronic Contract dalam platformnya yang diuntukkan marketer dan KOL Specialist dalam menjawab persoalan ini. Dengan fitur Contract & E-Signature di Slice, kalian bisa membuat kontrak beberapa influencer marketing yang dapat kalian sesuaikan dengan ketentuan SOW dan termin pembayaran yang berbeda untuk tiap influencer dengan cepat. Kalian juga bisa menandatangani banyak kontrak sekaligus dalam sekali saja.

Kontrak Elektronik Endorsement

Kesimpulan

Mengadakan campaign influencer marketing dengan konten kreator profesional biasanya membutuhkan kontrak endorsement. Kontrak endorsement memuat poin-poin yang jelas tentang ketentuan kerja sama, tujuan campaign, hingga mekanisme pembayaran terhadap content creator. Untuk memudahkan segala proses administrasi dalam influencer marketing, kalian bisa memanfaatkan fitur Contracts & e-Signature dari Slice Enterprise yang memungkinkan brand untuk membuat kontrak kerja sama dengan influencer/influencer marketing secara efisien.

Jesse Bouman

Co-Founder and CEO, Slice Group.

Previous
Previous

Cara Menghitung Pajak YouTuber

Next
Next

15+ Momfluencer Indonesia Paling Hits